x

Selangkah Lagi Gabung Timnas, Pengamat: Sandy Walsh dan Jordi Amat Bisa Apa?

Rabu, 25 Mei 2022 13:15 WIB
Penulis: Martini | Editor: Subhan Wirawan
Selangkah lagi proses naturalisasi rampung dan bisa membela Timnas Indonesia, tapi banyak yang malah meragukan Sandy Walsh dan Jordi Amat.

INDOSPORT.COM - Selangkah lagi proses naturalisasi rampung dan bisa membela Timnas Indonesia, tapi banyak yang malah meragukan Sandy Walsh dan Jordi Amat.

Sebagaimana diketahui, PSSI tengah kejar target untuk menaturalisasi empat pemain keturunan Indonesia yang berkarir di Eropa.

Baca Juga

Namun, dari target empat pemain, baru dua pemain yang hampir menyelesaikan proses naturalisasi, yaitu Sandy Walsh dan Jordi Amat. Sisanya, masih jadi tanda tanya.

Sejatinya, Sandy Walsh dan Jordi Amat sudah cukup untuk membantu pertahanan Timnas Indonesia, dan mereka diharapkan bermain di Kualifikasi Piala Asia 2023 nanti.

Namun, komentator dan pengamat sepak bola, Binder Singh mengingatkan bahwa Sandy Walsh dan Jordi Amat baru kali ini bermain dengan pemain asal Indonesia.

Baca Juga

"Jangan salah paham, ini bukan pemain asing yang lama bermain di Liga Indonesia, kemudian dinaturalisasi," ungkap Binder.

"Tapi ini adalah pemain keturunan yang lama bermain di Eropa dan punya keinginan untuk membela Timnas Indonesia, ini beda total, jangan sampai salah paham," ujarnya.

Ada filosofi main yang berbeda, dan tentu perlu waktu bagi Sandy Walsh dan Jordi Amat untuk beradaptasi. Apalagi, tugas mereka bukan hanya menyesuaikan diri.

Baca Juga

Justru, pemain Timnas Indonesia yang mestinya bisa menyesuaikan diri dengan level Sandy Walsh dan Jordi Amat, agar organisasi permainan bisa lebih baik.

"Walaupun mereka hanya main di Liga Belgia, tapi pada faktanya metode latihan di klub-klub Eropa itu tentu beda total dengan metode latihan klub Liga 1 dan Liga 2."


1. Sandy Walsh dan Jordi Amat jadi Mentor di Timnas

Jordi Amat tiba di Jakarta.

Belajar dari kegagalan Timnas Indonesia naik podium tertinggi di Piala AFF 2020 dan SEA Games 2021, Binder Singh mencatat ada beberapa evaluasi untuk skuat Garuda.

Menurutnya, pemain Timnas Indonesia masih kurang koordinasi, jarak antar lini terlalu jauh, sehingga peluang terbuang.

Padahal, pemain bertahan mestinya juga bisa membantu penyerangan, pemain tengah bisa membantu pertahanan, dan para striker bisa membuka ruang tembak.

Baca Juga

Para pemain yang sudah berpengalaman berlatih dan bertanding di Eropa, tentunya sudah diajarkan materi tersebut. Hal itulah yang kini diharapkan dari Sandy dan Jordi.

"Dua pemain ini sangat diperlukan untuk bisa meningkatkan koordinasi antarlini di Timnas Indonesia," ungkap Binder Singh.

"Karena yang saya pelajari, pemain yang lama bermain di Eropa, juga diajarkan bagaimana bisa mengatur organisasi permainan," lanjut sang komentator.

Baca Juga

Masih menurut Binder, Sandy Walsh dan Jordi Amat adalah dua nama yang tepat untuk membantu Timnas Indonesia, dan keduanya justru berposisi sebagai bek.

"Banyak yang mempertanyakan, kenapa yang dipilih adalah dua pemain bertahan, karena salah satu kelemahan di Timnas Indonesia itu ada di lini pertahanan."

Baca Juga

Sementara bek yang sudah langganan di Timnas Indonesia, harus bekerja keras agar bisa bersaing dengan Sandy hingga Jordi.

"Muncul pertanyaan, Asnawi nanti di mana. Bisa saja nanti Asnawi di-push sedikit ke depan, bermain di sektor sayap," tukasnya.


2. Jadwal Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023

Timnas Indonesia raih gelar runner up di Piala AFF 2020.

8 Juni 2022

Kuwait vs Indonesia
Yordania vs Nepal

11 Juni 2022

Indonesia vs Yordania
Nepal vs Kuwait

14 Juni 2022

Indonesia vs Nepal
Yordan vs Kuwait

NaturalisasiTimnas IndonesiaBola InternasionalSandy WalshBerita Timnas IndonesiaBinder SinghKualifikasi Piala Asia 2023Jordi Amat

Berita Terkini

Berita Terpopuler