x

Catatan Apik Mourinho Pasca Bawa AS Roma Jadi Juara UEFA Conference League: Pelatih Terhebat Eropa?

Kamis, 26 Mei 2022 04:45 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Jose Mourinho memegang trofi UEFA Conference League pasca membawa AS Roma menjadi juara (26/05/22). (Foto: REUTERS/Lisi Niesner)

INDOSPORT.COM – Jose Mourinho menorehkan sederet catatan menarik pasca membawa AS Roma menjuarai UEFA Conference League 20221/22.

Jose Mourinho berhasil menuntaskan puasa gelar AS Roma yang telah berlangsung selama 14 tahun dengan menjuarai UEFA Conference League 2021/22, Kamis (26/05/22).

Baca Juga

Dalam laga final yang berlangsung di Albania itu, AS Roma berhasil merengkuh gelar juara usai mengandaskan perlawan Feyenoord Rotterdam.

AS Roma berhasil mengalahkan Feyenoord dengan skor tipis 1-0 berkat gol Nicolo Zaniolo di menit ke-31 memanfaatkan assist Gianluca Mancini.

Satu gol itu mampu dipertahankan AS Roma hingga pertandingan usai, sehingga Giallorossi berhak menjadi juara edisi perdana UEFA Conference League 2021/22.

Baca Juga

Keberhasilan AS Roma menjuarai ajang ini pun membawa sederet rekor dan catatan mentereng, terutama bagi sang pelatih, Jose Mourinho.

Dikutip dari Opta Paolo, Mourinho mencatatkan beberapa rekor mentereng, salah satunya adalah dirinya menjadi pelatih pertama yang meraih tiga gelar UEFA.

Tercatat, Mourinho menjadi pelatih pertama yang pernah memenangkan Liga Champions, Liga Europa, dan UEFA Conference League.

Baca Juga

Selain itu, keberhasilan AS Roma menjuarai UEFA Conference League juga membawa Mourinho menyamai Giovanni Trapattoni sebagai pelatih yang memenangkan lima gelar bergengsi Eropa.

Tak cukup sampai di situ, Mourinho seakan menggendong Liga Italia di kancah Eropa, usai menjadi pelatih pertama yang membawa klub Italia menjuarai kompetisi Eropa sejak dirinya sendiri pada 2010 bersama Inter Milan.


1. Trofi UEFA Perdana bagi AS Roma

Jose Mourinho dan para penggawa AS Roma merayakan gelar UEFA Conference League (26/05/22). (Foto: REUTERS/Marko Djurica)

Meski baru datang di musim panas 2021, Mourinho membuktikan bahwa AS Roma tak salah memilihnya sebagai pelatih.

Sebab, AS Roma akhirnya bisa meraih titel kembali sejak terakhir kali meraih gelar pada 2008 silam, kala menjuarai Coppa Italia.

Baca Juga

Gelar UEFA Conference League ini juga membuat Mourinho menjadi pelatih pertama AS Roma yang membawa Il Lupi menjuaria trofi bergengsi UEFA.

Tercatat, AS Roma belum pernah menjuarai kompetisi bergengsi Eropa yang dibentuk UEFA, kendati Il Lupi pernah menjadi juara Inter-Cities Fairs Cup pada 1961 silam.

Namun, Inter-Cities Fairs Cup dianggap bukanlah trofi bergengsi, mengingat penyelenggaraannya pertama kali dilakukan sebagai piala pameran antar kota-kota besar di Eropa.

Baca Juga

Keberhasilan ini pun seakan menjadi jawaban Mourinho terhadap para pengkritiknya, yang menyebut dirinya telah habis pasca dipecat oleh Tottenham Hotspur.

Keberhasilan ini pun diyakini akan membuka jalan AS Roma untuk kembali meraih gelar demi gelar di bawah komando Mourinho.


2. Laga Perpisahan Andalan Mourinho di AS Roma?

Jose Mourinho memegang trofi UEFA Conference League pasca membawa AS Roma menjadi juara (26/05/22). (Foto: REUTERS/Lisi Niesner)

 AS Roma akan hadapi Feyenoord di final UEFA Conference League, Kamis (26/05/22) dini hari. Laga itu berpotensi jadi laga perpisahan 4 pemain andalan Jose Mourinho.

Kompetisi liga-liga top Eropa seperti Liga Italia, Liga Inggris, dan Liga Spanyol memang sudah tuntas pada akhir pekan lalu.

Baca selengkapnya: Hadapi Feyenoord di Final UEFA Conference League, Laga Perpisahan 4 Andalan Mourinho di AS Roma?

Jose MourinhoAS RomaFeyenoordBola InternasionalSepak BolaUEFA Conference League

Berita Terkini