x

Marc Klok Akui Nekat Naturalisasi, padahal Beda Kebiasaan dengan Orang Indonesia

Kamis, 26 Mei 2022 10:00 WIB
Penulis: Martini | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Marc Anthony Klok mengaku nekat mengikuti naturalisasi, padahal ada kebiasaannya yang berbeda dengan kebanyakan orang di Indonesia.. Foto: REUTERS/Chalinee Thirasupa.

INDOSPORT.COM - Marc Anthony Klok mengaku nekat mengikuti naturalisasi, padahal ada kebiasaannya yang berbeda dengan kebanyakan orang di Indonesia.

Sebagaimana diketahui, Marc Klok telah menjalani naturalisasi dan sah jadi WNI. Maka dari itu, ia berhak membela Timnas Indonesia di berbagai ajang internasional.

Baca Juga

Padahal, Marc Klok mengaku tak pernah terbayang berkarier di Indonesia, bahkan tidak pernah terbayang untuk jadi WNI.

Awalnya, Klok bahkan merasa aneh karena mendapat tawaran bermain di luar Eropa. Ia pun langsung memanggil keluarganya untuk berdiskusi, sebelum bertolak ke Indonesia.

"Jujur ini sedikit gila. Mungkin lima tahun lalu saya tidak berpikir main di Indonesia dan main di Timnas Indonesia," ungkap Marc Klok melalui YouTube PSSI TV.

Baca Juga

"Ada opsi datang untuk main di Indonesia tahun 2017. Setelah diskusi banyak dengan keluarga, saya pikir ini opsi yang gila, keluar Eropa, tapi mereka setuju," lanjut Klok lagi.

"Mereka pikir saya masih muda, ada banyak waktu ke depannya untuk mengambil karier yang lebih baik. Saya pilih Indonesia, dan saya sangat bangga bisa sampai sejauh ini."

PSM Makassar pun menjadi klub pertamanya di sini. Saat itu, Klok berhasil membawa Juku Eja menjuarai turnamen Piala Indonesia 2019.

Baca Juga

Bahkan, baru sebentar bermain di Liga 1, pemain asal Belanda itu pun mantap ingin naturalisasi, melanjutkan garis keturunan dari kakek buyutnya di Sulawesi Selatan.

"Saya pilih negara ini (Indonesia) karena ini rumah saya, dan saya merasa di sini lebih sebagai rumah saya daripada Belanda."


1. Orang Indonesia Kegerahan, Marc Klok Senang

Marc Klok mengaku suka 'panas-panasan' di Indonesia. Foto: REUTERS/Chalinee Thirasupa.

Setelah memulai petualangannya di PSM Makassar tahun 2017 lalu, Marc Anthony Klok mengaku mulai betah di Indonesia, bahkan jatuh cinta pada atmosfer Liga 1. 

Tak ingin terjebak di zona nyaman, Marc Klok pun memulai tantangan baru bersama Persija Jakarta. Sejak saat itu, ia semakin cinta pada euforia sepak bola Tanah Air.

Baca Juga

Marc Klok mantap naturalisasi menjadi WNI. Namun, prosesnya baru rampung saat ia berseragam Persib Bandung di Liga 1 2021.

Kini ia berstatus sebagai pemain lokal, dan mulai menjadi andalan Shin Tae-yong untuk memperkuat Timnas Indonesia di berbagai ajang.

Menurut Marc Klok, walaupun singkat di Indonesia, tapi ketika ia merasa nyaman, maka ia mantap memutuskan naturalisasi.

Baca Juga

"Jawaban yang sangat sederhana, saya senang di sini. Oke saya punya keluarga di Belanda, saya lahir di sana, tapi saya sangat senang di sini, sangat enjoy," ungkapnya.

Bahkan, ketika orang Indonesia seringkali kegerahan karena cuaca di area tropis dan matahari bersinar sepanjang hari, Marc Klok justru menyukai suasana panas tersebut.

Baca Juga

"Cuaca di sini saya suka. Kalau mungkin orang Indonesia tidak suka panas-panas, tapi saya sangat suka," ucap Marc Klok sembari tertawa.

"Fans sepak bola di Indonesia juga sangat spesial. Saya pikir di dunia ini tidak ada lagi atmosfir seperti di sini, sangat ramah, dan cocok dengan lifestyle saya," tuntasnya.


2. Aksi Marc Klok di SEA Games 2021

Selebrasi pemain Timnas Indonesia, Marc Klok bersama teman-teman di laga SEA Games 2021. Foto: PSSI.

Ketika sudah sah menjadi WNI, Marc Klok selalu diandalkan di Timnas Indonesia. Ia juga ambil bagian di Timnas U-23, saat mengikuti SEA Games 2021 di Vietnam.

Walau sempat kalah dari Thailand dan gagal ke babak final, Marc Klok dkk berhasil membawa Merah Putih meraih medali perunggu, dengan menaklukkan Malaysia.

Kepastian itu didapat usai Timnas Indonesia menang adu penalti atas Harimau Malaya dengan agregat 4-3. Salah satu tendangan penalti dilesakkan oleh Marc Klok sendiri.

Shin Tae-yong sempat meminta Klok untuk mengambil penalti ketiga, tapi ia justru mau mengambil penalti kelima. Berhasil, Timnas Indonesia pun keluar sebagai juara ketiga.

Baca selengkapnya: Adu Penalti Lawan Malaysia, Marc Klok Sempat 'Beda Pendapat' dengan Shin Tae-yong

BelandaPersib BandungPersija JakartaPSM MakassarNaturalisasiTimnas IndonesiaPSM MakasarBola InternasionalLiga 1Marc KlokBerita Liga 1Berita Timnas IndonesiaOne Football

Berita Terkini

Berita Terpopuler