x

3 Jebolan Liga Asing di Timnas Indonesia Era Piala AFF 2020 yang Absen Kontra Bangladesh

Sabtu, 28 Mei 2022 22:08 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Tiga pemain jebolan liga asing di Timnas Indonesia era Piala AFF 2020 lalu yang harus absen membela skuat Garuda dalam laga uji coba kontra Bangladesh.

INDOSPORT.COM – Melihat tiga pemain jebolan kompetisi asing di Timnas Indonesia pada kompetisi Piala AFF 2020 lalu yang harus absen membela skuat Garuda dalam laga uji coba kontra Bangladesh.

Seperti diketahui, bahwa Timnas Indonesia bakal mempersiapkan diri jelang tampil di babak kualifikasi Piala Asia 2023 yang mulai berlangsung pada bulan Juni mendatang.

Baca Juga

Usai gagal menjuarai Piala AFF 2020 dan SEA Games 2021, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong ingin mencari obat dengan lolos ke Piala Asia 2023.

Demi mencapai target tersebut, Timnas Indonesia dijadwalkan bakal melakoni laga uji coba kontra Bangladesh yang akan digelar pada Rabu (01/06/22) mendatang atau tepat sepekan sebelum dimulainya babak kualifikasi Piala Asia 2023.

Melakoni pertandingan level FIFA tersebut, Shin Tae-yong selaku pelatih kepala Tim Garuda telah menetapkan 25 pemain yang akan digunakan kontra Bangladesh.

Baca Juga

Jika melihat dari daftar yang ada, sebagian pemain merupakan muka lama yang sempat rasakan kompetisi Piala AFF 2020 lalu.

Sebut saja kiper Nadeo Argawinata serta barisan pertahan yang bakal dihuni Fachruddin Aryanto, Asnawi Mangkualam, Rizky Ridho, Elkan Baggott, Alfeandra Dewangga, hingga Pratama Arhan.

Selain muka lama, ada juga beberapa pemain debutan seperti duo naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh, serta si anak hilang Stefano Lilipaly yang siap kembali berseragam Timnas Indonesia.

Baca Juga

Menariknya dari 25 nama yang dipanggil, ada tiga bintang jebolan kompetisi asing yang sempat dipanggil Shin Tae-yong pada gelaran Piala AFF 2020 lalu, namun kini menghilang untuk pertandingan kontra Bangladesh nanti.

Lantas siapa sajakah para pemain tersebut? Lebih lengkapnya berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas:


1. Ezra Walian

Pemain naturalisasi Persib, Ezra Walian, ditemui di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Sabtu (22/05/21).

Nama pertama adalah Ezra Walian. Pemain kelahiran Amsterdam tersebut merupakan salah satu striker yang dipanggil Shin Tae-yong saat Timnas Indonesia tampil di Piala AFF 2020.

Sepanjang kariernya, penggawa Persib tersebut pernah memperkuat sejumlah tim Eropa seperti Jong Ajax, Almere City hingga RKC Waalwijk.

Baca Juga

Berbekal pengalaman di kompetisi Eropa tersebut, tak heran jika Ezra Walian memikul harapan cukup tinggi dari pelatih serta para penggemar Timnas Indonesia.

Namun sayang, penampilannya selama gelaran Piala AFF 2020 terbilang kurang maksimal. Tercatat dari enam penampilan sejak babak penyisihan grup, Ezra Walian hanya bisa mencetak dua gol.

Selain faktor cedera, statistik buruknya di Piala AFF 2020 kemarin juga jadi alasan Shin Tae-yong masih belum berikan kesempatan buat Ezra Walian kembali tampil bersama Timnas Indonesia di ajang FIFA Matchday nanti.

Baca Juga

Ryuji Utomo
Berikutnya ada Ryuji Utomo. Mantan pemain Al-Najma (Bahrain), PTT Rayong (Thailand) dan Penang (Malaysia) ini juga merupakan salah satu pilar yang kerap jadi andalan Shin Tae-yong.

Berbekal postur tubuh kekar miliknya plus kemampuan bertahan yang serba bisa, membuat Ryuji Utomo sempat mengisi pos starter di partai pembuka Piala AFF 2020 lalu.

Namun sayang, cedera membuat Ryuji Utomo harus absen lama bahkan hingga kompetisi Piala AFF 2020 berakhir.

Baca Juga

Di pertandingan Liga 1 musim ini, Ryuji Utomo sempat pulih dan memainkan beberapa laga buat Persija di penghujung musim.

Akan tetapi, penampilannya buat Macan Kemayoran masih belum bisa memuaskan Shin Tae-yong dan membuat sang pemain harus absen pada laga uji coba kontra Bangladesh.


2. Victor Igbonefo

Bek Persib Bandung, Victor Igbonefo, saat berlatih di Stadion GBLA, kota Bandung, beberapa waktu lalu.

Terakhir adalah Victor Igbonefo. Bek naturalisasi asal Nigeria ini beberapa kali sukses mencuri perhatian Shin Tae-yong hingga membuat sang pelatih memanggilnya di ajang Piala AFF 2020 kemarin.

Memiliki postur tubuh tinggi dan berotot, ditambah pengalamannya mentas di sejumlah kompetisi ASEAN seperti Navy, Nakhon Ratchasima dan PTT Rayong, membuat Victor Igbonefo jadi salah satu harapan untuk bisa menggempur serangan para pemain lawan terutama Thailand.

Baca Juga

Namun sayang, di Piala AFF 2020 lalu Victor Igbonefo hanya bisa catatkan satu pertandingan yakni saat laga pembuka penyisihan grup kontra Kamboja.

Meski punya kemampuan bertahan cukup baik, namun faktor usia Victor Igbonefo yang sudah menyentuh angka 36 tahun, ditambah hadirnya beberapa pemain naturalisasi Eropa, membuat jebolan Nigerdock Soccer Academy ini harus menepi dari skuat Timnas Indonesia.

Tercatat, hingga gelaran Piala AFF 2020 usai kemarin Victor Igbonefo sudah bermain sebanyak 14 pertandingan buat Timnas Indonesia dengan prestasi terbaiknya adalah membawa skuat Garuda menjadi runner up.

Timnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalTRIVIABerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongBangladeshPiala AFF 2020

Berita Terkini