x

Daftar 20 Klub Serie A Liga Italia Musim 2022-2023: Ada AC Milan KW hingga Tim Milik Orang Indonesia

Senin, 30 Mei 2022 17:41 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Daftar 20 Klub Serie A Liga Italia Musim 2022-2023: Ada AC Milan KW hingga Tim Milik Orang Indonesia.

INDOSPORT.COM - Berikut daftar 20 klub peserta kompetisi Serie A Liga Italia untuk musim 2022-2023 mendatang, di mana ada AC Milan KW hingga tim milik orang Indonesia.

Seperti diketahui, kompetisi Serie A Liga Italia musim 2021-2022 baru saja selesai. AC Milan sukses keluar sebagai juara setelah menang telak 3-0 atas Sassuolo di laga terakhir.

Baca Juga

Kemenangan itu membuat AC Milan besutan Stefano Pioli finis di posisi puncak Liga Italia dengan torehan 86 poin dari 38 laga. Mereka mampu unggul dua poin dari juara bertahan musim lalu, Inter Milan.

Selain itu, ada tiga tim yang resmi mengalami degradasi ke Serie B yakni Cagliari, Genoa dan Venezia. Ketiga tim ini finis di peringkat tiga paling bawah.

Baca Juga

Kemudian ada tiga klub dari Serie B yang sukses promosi ke Serie A musim depan yakni Lecce, Cremonese, dan AC Monza. Lecce sukses lolos otomatis karena mampu meraih gelar juara di kompetisi kasta kedua.

Sedangkan Cremonese juga lolos otomatis setelah mampu finis di urutan kedua Serie B. Berbeda dengan AC Monza yang harus melewati jalur play-off terlebih dahulu.

Beruntung, tim yang dijuluki AC Milan KW ini sukses meraih kemenangan dramatis atas Pisa. Di leg pertama, AC Monza menang atas Pisa dengan skor 2-1.

Kemudian di pertandingan leg kedua pada (30/05/22) lalu, mereka kembali meraih hasil positif dengan mendulang kemenangan dengan skor 4-3.

Keberhasilan AC Monza lolos ke Serie A Liga Italia membuat klub tersebut mampu mencetak rekor bersejarah. Ini menjadi pertama kalinya bagi mereka mampu promosi ke kompetisi kasta tertinggi Italia.

Baca Juga

Kesuksesan mereka tidak lepas dari peran dua sosok pegiat sepak bola Italia, Silvio Berlusconi dan Adriano Galliani. Berlusconi saat ini menjadi pemilik AC Monza, sementara Galliani mendapatkan posisi di jajaran direksi klub.

Keberadaan dua tokoh itulah yang membuat AC Monza dijuluki AC Milan KW karena Berlusconi dan Galliani pernah menjadi orang penting di Rossoneri.


1. Klub Milik Orang Indonesia Mampu Promosi ke Serie A

Raffi Ahmad ikut sesi foto para investor baru Lecce. Foto: Instagram@uslecce

Selain AC Monza, klub lain yang sedang menjadi perbincangan hangat adalah US Lecce. Selain mampu meraih juara Serie B, klub ini rupanya dimiliki oleh orang Indonesia.

Saham 10% klub tersebut baru saja dibeli oleh CEO Emtek, Alvin Sariaatmadja. Ia belum lama ini ditemani oleh bos RANS Cilegon FC yakni Raffi Ahmad yang ikut terbang ke Italia.

Baca Juga

Unione Sportiva Lecce alias US Lecce merupakan klub sepak bola profesional yang berbasis di Lecce, Apuila dan dibentuk pada 1927 silam.

Klub ini awalnya didirikan sebagai Sporting Club Lecce pada 15 Maret 1908 silam. Awalnya tim ini tidak hanya mengurusi sepak bola, tetapi juga sepeda dan beberapa olahraga lainnya.

Baca Juga

Sebelumnya, Lecce juga sempat mampu promosi ke Serie A pada 2017 lalu. Akan tetapi, mereka kembali turun kasta pada musim 2019-2020.

Baca Juga

Mereka kemudian gagal bangkit ke kasta tertinggi pada musim 2020-2021 setelah kalah dari Venezia di semifinal. Namun akhirnya Lecce sukses kembali mentas di Serie A setelah mampu menjuarai Serie B 2021-2022.


2. Daftar Peserta Serie A Liga Italia Musim 2022-2023 Mendatang

Pemain AC Milan Olivier Giroud melakukan selebrasi dengan trofi dan rekan setimnya setelah menjuarai Liga Italia 2021/2022. Foto: REUTERS/Alberto Lingria

1. AC Milan
2. AS Roma
3. AC Monza
4. Atalanta
5. Bologna
6. Cremonese
7. Empoli
8. Fiorentina
9. Hellas Verona
10. Inter Milan
11. Juventus
12. Lazio
13. Lecce
14. Napoli
15. Salernitana
16. Sampdoria
17. Sassuolo
18. Spezia
19. Torino
20. Udinese.

Baca Juga
Serie A ItaliaAC MilanInter MilanJuventusAS RomaLazioFiorentinaAtalantaLecceLiga Italia

Berita Terkini