x

Grup Neraka di Turnamen Pramusim, Ujian Bali United Sebelum Ikut Piala AFC

Senin, 30 Mei 2022 09:22 WIB
Kontributor: Nofik Lukman Hakim | Editor: Subhan Wirawan
Bali United dapat ujian serius jelang tampil di kompetisi Piala AFC 2022, di mana skuat Laskar Tridatu berada di grup neraka turnamen pramusim Liga 1.

INDOSPORT.COM - Bali United termasuk yang antusias ketika drawing turnamen pramusim dilakukan pada Minggu (29/5/22). Drawing yang dilakukan di Bandung menempatkan Serdadu Tridatu pada grup neraka.

Sebanyak 18 kontestan Liga 1 dibagi dalam empat grup berbeda. Persis Solo berstatus sebagai tuan rumah grup A, kemudian Borneo FC tuan rumah grup B, Persib Bandung tuan rumah grup C dan Arema FC tuan rumah grup D.

Baca Juga

Grup C yang berlangsung di Bandung memberikan kejutan. Empat tim kuat pada Liga 1 2021/2022 berada dalam grup yang sama. Persib akan melawan Bali United, Bhayangkara FC dan Persebaya Surabaya.

Grup ini jelas bakal menjadi fokus perhatian, selain grup A yang dihuni tiga tim bertetangga, Persis Solo, PSIS Semarang dan PSS Sleman.

Sulit memprediksi siapa tim yang akan lolos ke babak 8 besar. Namun, di atas kertas Persebaya paling "kerja keras" karena mayoritas tim inti musim lalu sudah pindah.

Baca Juga

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, menanggapi positif hasil pembagian grup dari turnamen pramusim. Bali United tak sabar untuk bertanding di grup C.

"Grup dengan tim yang kuat. Empat tim bagus. Pasti semua pertandingan akan menarik nantinya," kata Stefano Cugurra Teco, Minggu (29/5/22).

Grup ini menjadi ujian terbaik bagi Bali United sebelum turun pada Piala AFC 2022. Bali United bisa mendapatkan atmosfer kompetisi,  seperti halnya calon lawan di Asia nanti.

Baca Juga

Di grup G Piala AFC yang dihuni Bali United, tiga calon lawan kini bertarung dalam kompetisi, yakni Kedah Darul Aman (Malaysia), Kaya FC Iloilo (Filipina) dan Visakha FC (Kamboja).

Hanya Bali United saja yang tak berkompetisi. Makanya, grup neraka ini bisa menjadi pengganti kompetisi yang belum mulai. Teco belum berbicara banyak terkait rotasi yang akan dilakukan pada turnamen pramusim.

Saat ini, persiapan Bali United terus berjalan. Pekan ini ada satu sesi latihan harus ditunda karena hujan lebat yang mengguyur wilayah Badung dan Denpasar.

Namun sesi latihan kembali berjalan mulai Jumat (27/5), setelah sehari sebelumnya melakukan kegiatan berdoa di Pura Besakih. Sesi latihan terkini tak dihadiri Irfan Jaya dan Nadeo Argawinata yang gabung Timnas Indonesia di Bandung.

"Semoga (Irfan dan Nadeo) tidak cedera dan saat kembali ke klub kondisinya semakin bagus," harap Teco.

Baca Juga

Turnamen pramusim akan digelar pada 11 Juni hingga 17 Juli 2022. Sementara jadwal Piala AFC 2022 dilakukan pada 24-30 Juni 2022. 

"Kita belum dapat jadwal dari kompetisi pramusim ini. Jadi, belum bisa komentar soal rotasi atau tidak nantinya," tutur Teco.


1. Rencana Uji Coba

Suka cita pemain Bali United sambut gelar juara Liga 1. Pemanasan tim langsung berhenti. Foto: Nofik Lukman Hakim/Indosport.com

Sebelum mengarungi turnamen pramusim ini, Bali United punya rencana melakukan uji coba. Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan DKI Jakarta menjadi kandidat kuat lokasi uji coba.

Di dua provinsi tersebut, Bali United bisa dengan mudah mendapatkan lawan uji coba. Di DIY dan sekitarnya, ada PSS Sleman, Persis Solo, PSIS Semarang serta Bhayangkara FC.

Baca Juga

Sementara di DKI Jakarta dan sekitarnya, Bali United bisa bermain melawan Persija Jakarta, Persita Tangerang, Tira Persikabo atau Persik Kediri.

"Soal uji coba, kita masih tunggu konfirmasi dari tim lawan," papar Teco.


2. Peluang Bali United di AFC Cup

Gelandang Bali United, Brwa Nouri dalam sesi latihan di Lapangan Karya Manunggal, Sidakarya, Denpasar. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT.COM

Gelandang Bali United, Brwa Nouri punya keinginan kuat membawa timnya berprestasi di Piala AFC 2022. Pertarungan akan berjalan tak mudah meski fase grup G berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar.

Bali United berada di grup G bersama Kedah Darul Aman (Malaysia), Visakha FC (Kamboja) serta Kaya FC Iloilo (Filipina). Grup ini akan dihelat di Bali pada 24-30 Juni 2022.

Kedah menjadi lawan pertama pada 24 Juni mendatang. Kemudian, Bali United melawan Visakha FC pada 27 Juni dan ditutup partai melawan Kaya FC pada 30 Juni 2022.

Persiapan matang sudah dilakukan Bali United. Skuat besutan Stefano Cugurra Teco berlatih sejak 10 Mei lalu dengan kekuatan lengkap. Mereka pun telah berdoa di Pura Besakih agar diberi kelancaran musim ini.

Dari deretan skuat yang gabung latihan, Brwa Nouri menjadi salah satunya. Gelandang berpaspor Irak ini punya semangat untuk membawa Bali United berprestasi di Asia.

Baca selengkapnya: Pemain yang Pernah Melawan Mesut Ozil Bicara Peluang Bali United di Piala AFC

Piala AFCLiga IndonesiaBali United FCLiga 1Bola IndonesiaBerita Liga 1Liga 1 2022-2023

Berita Terkini