x

Jadikan UPI Tempat TC Timnas Indonesia, Menpora Ingin Cetak Pemain Seperti Cristiano Ronaldo

Selasa, 31 Mei 2022 14:45 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Prio Hari Kristanto
Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali saat Kongres Biasa PSSI 2022 di The Trans Luxury Hotel, Kota Bandung, Senin (30/05/22). Foto: Arif Rahman/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali memberikan rekomendasi kepada PSSI untuk lokasi pemusatan latihan (training center) Timnas Indonesia. Menurut Menpora, dengan adanya tempat TC, maka PSSi bisa mencetak pemain seperti Cristiano Ronaldo. 

Permasalahan lokasi training center memang menjadi pekerjaan besar PSSI. Selama ini PSSI masih nomaden ketika menggelar pemusatan latihan Timnas Indonesia.

Baca Juga

Hal ini pun diketahui oleh Menpora, Zainudin Amali. Dengan adanya permasalahan ini tentu akan menghambat proses pembentukan Timnas Indonesia.

Kini bila nantinya Timnas Indonesia bisa menggelar training center di UPI, Menpora Zainudin Amali pun memiliki cita-cita. Nantinya Timnas Indonesia bisa dengan mudah berlatih dan bisa menjadikan pemain Timnas Indonesia seperti megabintang dunia, Cristiano Ronaldo.

"Contoh bagaimana Cristiano Ronaldo di saat temannya tidur dia keluar ke lapangan nendang-nendang sendiri makanya dia jadi begitu," buka Zainudin Amali.

Baca Juga

"Maka kita harapkan begitu, bukan hanya berlatih pada saat diawasi pelatih tetapi saat tidak diawasi mereka berkesempatan latihan di training camp," tegas Menpora.

"Kalau kita numpang-numpang kan tidak mungkin, ada jamnya, bergantian pakainya kalau ini tidak full pssi pakai 24 jam kalau perlu," beber Amali.

Menpora pun menegaskan terkait penggunaan fasilitas olahraga di UPI, bisa digunakan sampai kapan pun PSSI mau.

"Semua fasilitas di situ sudah di-oke kan oleh rektor, dipersilakan di situ ada hotel. Nah kita siapkan semuanya sampai berapa lama? Sampai PSSI tidak mau lagi, sudah dapat yang bagus yang baru. Jadi selama PSSI ingin di situ saya menjamin itu bisa dipakai," kata Zainudin Amali.

Sementara itu, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengatakan PSSI langsung bergerak cepat. Begitu mendapat tawaran dari Menpora, PSSI langsung melakukan peninjauan ke lokasi.

"Begitu ramai training center langsung jemput bola dan mengecek ke UPI bersama Waketum. Ternyata memang fasilitas cukup lengkap mungkin ada perbaikan dikit."

Baca Juga

"Nanti siapa saja yang di sana kits lihat kebutuhan timnas akan komunikasi dengan pelatih. Kalau sudah ada TC di situ tiap hari tiap jam bisa berlatih, bertanding. Jadi kita tunggu siapa saja yang akan di sana yang jelas setiap timnas bisa latihan di situ tinggal tunggu selesai perbaikan," katanya.


1. Bantu PSSI Lagi, Menpora Rekomendasikan Lokasi TC Timnas Indonesia

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan dan Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali saat Kongres Biasa PSSI 2022 di The Trans Luxury Hotel, Kota Bandung, Senin (30/05/22). Foto: Arif Rahman/Indosport.com

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali memberikan rekomendasi kepada PSSI terkait lokasi training center yang bisa digunakan oleh Timnas Indonesia.

Menpora mencalonkan fasilitas Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) untuk digunakan sebagai lokasi training center Timnas Indonesia.

Baca Juga

Permasalahan lokasi training center memang menjadi pekerjaan besar PSSI. Selama ini PSSI masih nomaden ketika menggelar pemusatan latihan Timnas Indonesia.

Hal ini dikarenakan memang PSSI belum memiliki fasilitas training center sendiri untuk Timnas Indonesia.

Bahkan terbaru, permasalahan training center Timnas Indonesia harus batal berlatih karena ada miss komunikasi lapangan yang akan digunakan.

Baca Juga

Terkait situasi ini, Menpora Zainudin Amali mencoba membantu PSSI. Amali lun memberikan masukan kepada PSSI untuk menggunakan fasilitas olahraga di UPI Bandung untuk digunakan lokasi training center Timnas Indonesia.

"Ini kebutuhan yang sangat urgent buat membangun sepak bola kita dan tentu PSSi sudah berusaha tetapi banyak hal perlu diatasi dan untuk kesana butuh juga bantuan di situlah pemerintah hadir," ucap Menpora, Zainudin Amali. 

Menpora menyebutkan, alasan pihaknya membantu PSSI tak lepas dari kewajiban mereka untuk mempercepat pembangunan sepak bola Indonesia.

Baca Juga

“Kami membantu PSSI karena sudah tugas kita untuk mempercepat pembangunan sepakbola maka kita menyampaikan ke ketum PSSI untuk jangka cepat kita ada satu calon di Bandung yakni di UPI," jelas Amali.


2. Intip Kekuatan Bangladesh, Lawan Timnas Indonesia di Pertandingan FIFA Matchday

Latihan Timnas Indonesia di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung. Foto: Arif Rahman/Indosport.com

Timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong akan menjajal kekuatan Bangladesh di pertandingan uji coba bertajuk FIFA Matchday pada Rabu (01/05/22) pukul 20.00 WIB.

Pertandingan yang bakal digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Bandung ini wajib dimenangkan oleh Timnas Indonesia demi memperbaiki rangking FIFA.

Selain itu, skuat Garuda juga ingin menjadikan pertandingan melawan Bangladesh sebagai persiapan menghadapi putaran ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 di Kuwait.

Pelatih Timnas Indonesia yakni Shin Tae-yong sudah memanggil 29 pemain untuk menjalani pemusatan latihan jelang laga uji coba bertajuk FIFA Matchday ini.

Skuat Garuda diunggulkan mampu meraih kemenangan karena bakal mendapatkan dukungan langsung dari para suporter di Bandung. Selain itu, para penggemar akhirnya bisa melihat aksi dari bek berdarah Inggris yaitu Elkan Baggott.

Baca selengkapnya: Intip Kekuatan Bangladesh, Lawan Timnas Indonesia di Pertandingan FIFA Matchday

PSSITimnas IndonesiaMenporaLiga IndonesiaZainudin AmaliBerita Timnas Indonesia

Berita Terkini