x

Tiba di Indonesia, Shayne Pattynama Jadi Gerbong Naturalisasi yang Siap Perkuat Timnas Selanjutnya

Selasa, 31 Mei 2022 07:55 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Yosef Bayu Anangga
Pesepak bola asal Belanda, Shayne Pattynama akhirnya tiba di Indonesia untuk menyelesaikan proses naturalisasi dan membela Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM – Pesepak bola asal Belanda, Shayne Pattynama akhirnya tiba di Indonesia untuk menyelesaikan proses naturalisasi dan membela Timnas Indonesia.

Gerbong pemain naturalisasi timnas Indonesia akhirnya bertambah dengan hadirnya pemain asal Belanda, Shayne Pattynama.

Baca Juga

Pemain klub Liga Norwegia, Viking FC ini tiba di Indonesia pada Senin (30/05/22) selepas menyelesaikan komitmen untuk membela klubnya di musim 2021/2022.

Shayne Pattynama merupakan salah satu pemain yang dihadirkan oleh  exco PSSI, Hasani Abdulgani yang melakukan beberapa proses pencarian pemain naturalisasi dalam beberapa waktu belakangan.

Selain Shayne Pattynama, PSSI lebih dulu melakukan proses naturalisasi pada dua pemain, yakni eks pemain Liga Inggris, Jordi Amat dan pemain Liga Belgia, Sandy Walsh.

Baca Juga

Baik Jordi Amat dan Sandy Walsh bahkan sudah turut berlatih bersama pemain Timnas Indonesia arahan Shin Tae-Yong jelang laga FIFA Matchday melawan Bangladesh pada (01/06/22) mendatang.

Namun demikian, lantaran proses naturalisasi yang belum rampung, Jordi Amat dan Sandy Walsh kemungkinan baru membela timnas Indonesia di Piala Asia 2023 nanti.

Untuk menyaksikan Jordi Amat dan Sandy Walsh bermain di Piala Asia 2023, Timnas Indonesia harus lolos lebih dulu dari laga kualifikasi yang akan digelar mulai (08/06/22) mendatang.

Baca Juga

“Hai Indonesia, Saya Shayne Pattynama. Kita garuda!” ucap Shayne Pattynama dalam unggahan Instagram pada Senin.

Selain sempat mengucapkan kata dalam bahasa Indonesia di akun Instagram pribadinya @s.pattynama, Shayne juga menuliskan beberapa ungkapan yang menggambarkan rasa bahagianya tiba di Indonesia.


1. Bahagia Selesaikan Proses Naturalisasi

Pemain keturunan Indonesia Shayne Pattynama saat masih membela FC Utrecht (Belanda).

“Sangat bahagia bisa tiba di Indonesia untuk menyelesaikan proses naturalisasi. Saya tak bisa datang lebih awal karena punya komitmen dengan klub dan harus bermain,” tulis Shayne Pattynama di keterangan unggahan terbarunya.

“Tetapi, saya sangat bahagia bisa di Jakarta untuk pertama kalinya sepanjang hidup. Terima kasih yang spesial untuk PSSI dan Ketua pak @mochamadiriawan84. #kitagaruda,” imbuh Shayne Pattynama.

Baca Juga

Pemain keturunan Indonesia, Shayne Pattynama dilaporkan akan segera berkunjung ke Jakarta pekan ini. Dia mengikuti langkah Jordi Amat dan Sandy Walsh untuk selesaikan proses naturalisasi. 

Sama halnya dengan agenda yang telah dilakukan oleh Jordi dan Sandy, Shayne dijadwalkan akan menjalani beberapa agenda. 

Ia bakal mengunjungi Kedutaan Besar Belanda di Indonesia, wawancancara tertutup dengan Badan Intelijen Negara (BIN) dan menjalani tes kesehatan.

Baca Juga

“Shayne sudah konfirmasi akan datang untuk memenuhi rangkaian agenda terkait proses naturalisasinya. Atas arahan Ketua Umum, PSSI akan kembali mengawal proses ini hingga selesai, kata Sekjen PSSI, Yunus Nusi. 

Proses naturalisasi para pemain keturunan Indonesia dikebut agar bisa segera memperkuat Timnas Indonesia di Piala Asia. Kemenpora dan dan Kemenkumham pun banyak membantu atas proses naturalisasi ini. 


2. Shayne Pattynama Bakal Selesaikan Proses Naturalisasi

Pemain keturunan Indonesia Shayne Pattynama saat masih membela FC Utrecht (Belanda).

Seperti diketahui, proses naturalisasi tiga pemain keturunan itu sempat mandek di Kemenkumham. Pihak Kemenkumham meminta dokumen pelengkap yang menyatakan tiga pemain itu bersedia jadi WNI dan melepas status WNA. 

Anggota Komite Eksekutif PSSI, Hasani Abdulgani bahkan ke Eropa dan bertemu Sandy Walsh, Jordi Amat dan Shayne guna meminta tanda tangan atau bukti kesediaan jadi WNI. 

Tiga pemain yang dalam proses naturalisasi merupakan pilihan dari pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Dia butuh pemain berpengalaman di Eropa agar meningkatkan kualitas skuad Garuda.

Baca Selengkapnya: Tiba Pekan Depan, Shayne Pattynama Susul Jordi Amat dan Sandy Walsh Urus Naturalisasi

Timnas IndonesiaLiga IndonesiaBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongShayne PattynamaOne Football

Berita Terkini