x

Shin Tae-yong Beri Klarifikasi soal Kunjungan PSSI ke Pesantren di Bandung, Ada Apa?

Jumat, 3 Juni 2022 13:13 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat mengunjungi Pondok Pesantren Daar At Taubah, Jalan Kebon Tangkil, Kecamatan Andir, Kota Bandung, Selasa (31/05/22). Foto: Arif Rahman/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Kunjungan Shin Tae-yong ke sebuah pesantren di Bandung menjelang FIFA Matchday kontra Bangladesh kemarin jadi sorotan. Pelatih asal Korea Selatan itu akhirnya buka suara agar tidak terjadi kesalahpahaman..

Pada Selasa (31/5/22), Shin Tae-yong mengunjungi Pesantren Daar At Taubah, Jalan Kebon Tangkil, Kecamatan Andir, Kota Bandung.

Baca Juga

Kunjungan tersebut dilakukan timnas Indonesia sebelum bermain imbang 0-0 Bangladesh di ajang FIFA Matchday yang berlangsung di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Rabu (1/6/22) malam WIB.

Kedatangan Shin Tae-yong pun jadi perhatian publik. Pasalnya, dia juga didampingi oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, Direktur Teknik Indra Sjafri, dan para penggawa Garuda.

Kehadiran Timnas Indonesia ke Pondok Pesantren Daar At Taubah untuk menyerahkan donasi hasil dari urunan Skuat Garuda.

Baca Juga

Donasi yang diserahkan timnas Indonesia ke Pondok Pesantren Daar At Taubah, berjumlah Rp50 juta yang diserahkan oleh Shin Tae-yong kepada pemimpin Ponpes.

Selain itu, Shin Tae-yong diketahui juga memberikan donasi kepada pihak pesanten. Sumbangan tersebut berupa sebagian dari bonus runner-up Piala AFF 2020.

Namun, aksi bakti sosial ke pesantren di Bandung ini menuai sorotan miring. Beberapa pihak mengaitkan hal tersebut dengan agenda lain yang membuat kuping Shin Tae-yong memanas.

Baca Juga

Kemudian pada Jumat (3/6/22), Shin Tae-yong memberikan klarifikasi lewat Insta Story. Dia menegaskan bahwa kunjungan ke pesantren ini murni karena idenya.

“Timnas datang ke pesantren untuk memberikan yang terbaik kepada para pemuda dan siswa di pesantren. Saya pun seringkali melakukan kepedulian sosial di Korea Selatan,” cetusnya.

"Acara ini pun diadakan untuk memberikan impian dan harapan kepada pemuda. Ide ini 100 persen dari saya sendiri," tulis pelatih berusia 52 tahun tersebut.


1. Ide Kunjungi Ponpes di Bandung Murni dari Shin Tae-yong

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat mengunjungi Pondok Pesantren Daar At Taubah, Jalan Kebon Tangkil, Kecamatan Andir, Kota Bandung, Selasa (31/05/22). Foto: Arif Rahman/Indosport.com

Lebih lanjut, Shin Tae-yong juga menjelaskan bahwa dirinya lah yang terlebih dulu mengontak Ketum PSSI, Mochamad Iriawan terkait acara tersebut.

Sehingga, dia meminta publik tak berprasangka buruk dan meminta dukungan kepada timnas Indonesia sebelum menjamu Bangladesh.

Baca Juga

“Lalu saya minta kepada bapak Ketua Umum PSSI agar dibantu sehingga beliau setuju dan mengizinkannya karena beliau pikir acara ini diadakan untuk kebaikan pada sosial.”

“Bapak Ketum PSSI tidak ada meminta satuu persen pun saya datang untuk memikirkan kepentingan sendiri. Jadi tolong jangan salah paham. Mohon memberikan dukungan kepada timnas Indonesia untuk seterusnya juga. Terima kasih banyak," pungkasnya.

Timnas Indonesia sendiri harus mengalami start memalukan. Pasukan Shin Tae-yong ditahan imbang Bangladesh, yang secara statistik berada di bawah Merah Putih.

Baca Juga

Padahal, laga ini adalah persiapan terakhir menuju Kualifikasi Piala Asia 2023 di Kuwait. Selain itu, laga ini juga digelar di kandang sendiri, yaitu di Stadion Si Jalak Harupat.

Perlu diketahui, timnas Indonesia berada di Grup A bersama tuan rumah Kuwait, Nepal, dan Yordania di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Pelatih Shin Tae-yong, pun telah memutuskan akan memboyong 23 nama untuk tergabung dalam timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Baca Juga

Dari 23 nama yang dibawa, tidak ada nama Egy Maulana (cedera/sayap), Ilham Rio (bek), Ernando Ari (cedera/kiper), Irfan Jauhari (cedera/striker), Evan Dimas (cedera/gelandang), dan Rizky Dwi Febrianto (bek).

Indonesia akan berada di Grup A bersama Yordania, Nepal, dan tuan rumah Kuwait. Mereka akan menghadapi Kuwait, Rabu (8/6/22). Kemudian, Yordania (11 Juni), dan Nepal (14 Juni).


2. Target Shin Tae-yong di Kualifikasi Piala Asia

Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong bersama Fachruddin Aryanto saat konferensi pers di Trans Hotel, Kota Bandung, Selasa (31/05/22), menjelang FIFA Matchday, Rabu (01/06/22).

Terkait calon lawan yang akan dihadapi, Shin Tae-yong masih menaruh optimis membawa Indonesia lolos.

“Bola itu bundar, pastinya kita akan bekerja maksimal melawan Kuwait, Yordania, dan Nepal," ucap Shin Tae-yong.

Namun memang Shin Tae-yong mengakui  langkah Indonesia akan sulit. Sebab Indonesia berada di pot 3.

"Apalagi kita memang di pot 3, ada pot 1, 2, yang lebih bagus dari kita. Begitu tiba di Kuwait, akan mempersiapkan tim dengan benar-benar matang," sambung pelatih asal Korea Selatan itu.  

Baca selengkapnya: Daftar 23 Pemain Timnas Indonesia untuk Kualifikasi Piala Asia 2023

PSSITimnas IndonesiaBola InternasionalBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yong

Berita Terkini