x

Termasuk Raka Cahyana, 3 Pahlawan Timnas saat Cetak Sejarah Kemenangan di Toulon Tournament

Jumat, 3 Juni 2022 10:22 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Tiga pemain Timnas Indonesia yang tampil gemilang dan jadi kunci kemenangan atas Ghana di Toulon Tournament. Raka Cahyana layak dapat pujian!

INDOSPORT.COM – Melihat tiga pemain Timnas Indonesia yang tampil gemilang dan jadi pahlawan kemenangan atas Ghana di Toulon Tournament. Cetak rekor, Raka Cahyana layak dapat pujian!

Dalam pertandingan lanjutan babak penyisihan grup B Toulon Tournament 2022, Timnas Indonesia akhirnya berhasil raih kemenangan perdana sepanjang sejarah keikutsertaan mereka.

Baca Juga

Menghadapi Ghana di Stade Jules-Ladoumegue, Vitrolles, Prancis pada Kamis (02/06/22) lalu, tim Garuda Muda meraup tripoin usai mengalahkan The Young Black Star dengan skor 0-1.

Begitu peluit kick off berbunyi, Ghana mengambil inisiatif serangan lebih dulu. Sejurus dengan itu, Ghana pun menciptakan sejumlah peluang untuk mencetak gol.

Hingga 10 menit awal babak pertama, Ghana terus mengurung pertahanan Timnas Indonesia dan memaksa skuat Garuda Muda untuk bertahan di area pertahanan sendiri.

Baca Juga

Indonesia baru bisa mendapat peluang di menit-menit akhir babak pertama. Adalah Hokky Caraka yang mengancam gawang Ghana.

Lewat situasi set play, Caraka melepaskan sepakan keras di jantung pertahanan Ghana. Sayang usahanya masih diblok oleh bek lawan.

Meski banyak mendapat tekanan, namun Timnas Indonesia berhasil menyudahi babak pertama dengan skor skor kacamata atas Ghana.

Baca Juga

Selepas jeda, tekanan Ghana masih terus dilancarkan ke pertahanan Timnas Indonesia. Namun lagi-lagi, buruknya penyelesaian akhir membuat sang wakil Afrika gagal membuka skor.

Apes bagi Ghana, meski mendominasi permainan namun mereka malah kebobolan lebih dulu dari Timnas Indonesia lewat sontekan Raka Cahyana pada menit ke-52’.

Usai tertinggal, Ghana kian intensif membombardir lini belakang Timnas Indonesia. Akan tetapi, tangguhnya barisan bek Garuda membuat kedudukan 0-1 tetap bertahan hingga peluit panjang.

Sepanjang 90 menit, Timnas Indonesia memang mendapat gempuran bertubi-tubi dari Ghana, namun penampilan individual para skuat Garuda Muda berikut ini membuat sukses membuat tim lawan mati kutu.

Berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas, tiga pemain Timnas Indonesia yang tampil gemilang dan jadi pahlawan kemenangan perdana skuat Garuda di Toulon Tournament:


1. Cahya Supriadi

Hokky Caraka, kapten Garuda Select 4. Foto: Instagram@hokkycaraka_

Nama pertama adalah Cahya Supriadi. Penjaga gawang berusia 19 tahun ini kembali menunjukkan kualitasnya sebagai tembok pertahanan terakhir Timnas Indonesia.

Sama seperti penampilan pertamanya menghadapi Venezuela, pada laga kontrak Ghana semalam Cahya Supriadi juga beberapa kali sukses melakukan penyelamatan gemilang.

Baca Juga

Penampilan gemilang Cahya Supriadi di bawah mistar gawang, juga turut membantu Timnas Indonesia terhindar dari kekalahan besar atas Venezuela di pertandingan perdana kemarin.

Sementara di laga kedua, ketenangan serta reflek Cahya Supriadi saat menahan tembakan pemain Ghana, berhasil membuat tim lawan frustasi hingga kerap melakukan diving di kotak penalti.

Salah satu penyelamatan penting Cahya Supriadi saat menghadapi Ghana terjadi pada menit ke-64’. Saat itu, Ghana mendapat peluang emas lantaran hanya tinggal berhadapan dengan kiper, akan tetapi Cahya Supriadi tampil gemilang dengan mengamankan tendangan pemain lawan.

Baca Juga

Andai sepakan tersebut berhasil menjadi gol, mungkin Ghana akan kembali bersemangat dan bisa comeback untuk mengalahkan Timnas Indonesia.

Hokky Caraka
Berikutnya ada Hokky Caraka. Penyerang asal Gunung Kidul ini juga tampil gemilang berkat pergerakannya di kotak penalti yang mampu sulitkan pemain lawan.

Walau belum mencetak gol, namun Hokky Caraka sering mengancam pertahanan Ghana dan membuat bek lawan sering terpancing untuk melanggarnya.

Baca Juga

Salah satu upaya terbaik Hokky Caraka dan hasilkan peluang buat Timnas Indonesia di pertandingan semalam terjadi jelang menit-menit akhir babak pertama.

Lewat situasi set play, Caraka melepaskan sepakan keras di jantung pertahanan Ghana. Sayang usahanya masih diblok oleh bek lawan.

Selain itu, satu umpan silangnya ke kotak penalti lawan pada menit ke-52’, berhasil menjadi gol kemenangan yang dicetak Raka Cahyana.


2. Raka Cahyana

Latihan Timnas Indonesia U-19 sebagai persiapan Toulon Cup 2022 di Stadion Madya Senayan, Jakarta. Foto: PSSI

Terakhir adalah Raka Cahyana. Sang wonderkid asal Banyumas yang penampilannya sangat memukau, terlepas dari torehan gol tunggalnya yang membawa TImnas Indonesia meraih kemenangan.

Pada gelaran Toulon Tournament 2022 ini, Raka Cahyana bisa dibilang sebagai buah temuan dan racikan terbaik pelatih Shin Tae-yong.

Baca Juga

Pasalnya, Raka Cahyana yang merupakan seorang gelandang berhasil disulap sang pelatih selama masa pemusatan latihan menjadi wing back tangguh dan bernaluri gol tinggi.

Tangguhnya Raka Cahyana terbukti dalam jumlah kebobolan Timnas Indonesia yang sejauh ini baru satu kali (selain juga berkat penampilan kiper Cahya Supriadi).

Selain itu, Raka Cahyana juga menjadi pilihan utama bek kanan Timnas Indonesia di Toulon Tournament dengan menyapu bersih dua laga sebagai starter dan main penuh 90 menit melawan Venezuela dan Ghana.

GhanaTimnas IndonesiaBola InternasionalTRIVIABerita Timnas IndonesiaTimnas Indonesia U-20Toulon Tournament

Berita Terkini