x

Toulon Tournament: Hitung-hitungan Timnas Indonesia Lolos Fase Grup, Wajib Menang!

Minggu, 5 Juni 2022 10:23 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Peluang Timnas Indonesia U-19 lolos dari fase grup Toulon Tournament 2022, meski sulit namun skuat Garuda punya kesempatan andai raih kemenangan di laga akhir.

INDOSPORT.COM – Melihat peluang Timnas Indonesia U-19 lolos dari fase grup Toulon Tournament 2022, meski sulit namun skuat Garuda punya kesempatan andai raih kemenangan di laga terakhir.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia U-19 berhasil meraih kemenangan atas Ghana dalam pertandingan lanjutan babak penyisihan grup B Toulon Tournament 2022.

Baca Juga

Menghadapi Ghana di Stade Jules-Ladoumegue, Vitrolles, Prancis pada Kamis (02/06/22) lalu, tim Garuda Muda meraup tripoin usai mengalahkan The Young Black Star dengan skor 0-1.

Raka Cahyana jadi pahlawan kemenangan Timnas Indonesia di pertandingan ini, setelah golnya usai memaksimalkan umpan Hokky Carakah pada menit ke-52’ berhasil mengelabui kiper Ghana.

Dengan hasil ini, Timnas Indonesia berhasil pecahkan rekor kemenangan pertama sepanjang sejarah keikutsertaan mereka di Toulon Tournament.

Baca Juga

Sebelumnya pada edisi perdana Timnas Indonesia di Toulon Tournament tahun 2017 lalu, skuat Garuda Muda selalu telan kekalahan dari tiga pertandingan yang dilakoni.

Selain itu, tambahan tiga angka membuat Timnas Indonesia merangsek naik di urutan klasemen sementara Toulon Tournament 2022

Usai mengalahkan Ghana, skuat Dzenan Radoncic tersebut bertengger di peringkat ketiga dengan tiga poin dan hanya berjarak 3 angka dari Venezuela di puncak klasemen atau kalah selisih dari Meksiko sebagai runner up.

Baca Juga

Berkaca dari posisi di klasemen saat ini, Timnas Indonesia berpotensi besar melanjutkan rekor dengan lolos ke babak semifinal Toulon Tournament untuk kali pertama dalam sejarah.

Namun untuk menggapainya, skuat Merah Putih harus berjuang cukup keras di pertandingan terakhir kontra Meksiko nanti.


1. Menang Harga Mati

Latihan Timnas Indonesia U-19 sebagai persiapan Toulon Cup 2022 di Stadion Madya Senayan, Jakarta. Foto: PSSI

Seperti diketahui, pada gelaran Toulon Tournament 2022 kali ini akan ada dua tim dari masing-masing grup yang berhak lolos ke babak semifinal.

Mereka adalah para tim yang berada di peringkat teratas dari total empat grup yang ada, serta satu runner up terbaik.

Baca Juga

Sejauh ini, Grup A yang sudah memainkan seluruh pertandingan babak penyisihan, telah menghasilkan Prancis sebagai juara grup dan berhak lolos ke semifinal.

Sementara di tempat kedua ada Argentina yang mengoleksi 6 angka, hasil dari dua kemenangan dan satu kali kalah kontra tuan rumah, Prancis.

Sedangkan di Grup B yang juga ditempati Timnas Indonesia, terdapat tiga tim yang sama-sama punya peluang untuk lolos ke semifinal yakni Venezuela, Meksiko serta skuat Garuda Muda.

Baca Juga

Venezuela yang kini jadi pemuncak klasemen, punya peluang paling besar lantaran hanya butuh hasil seri saat hadapi Ghana untuk pastikan diri sebagai juara Grup B.

Peluang Timnas Indonesia terbilang cukup kecil, lantaran harus menang untuk bisa mengkudeta posisi Meksiko sebagai runner up.

Andai di pertandingan terakhir Venezuela kalah dari Ghana dan Timnas Indonesia mampu menang lebih dari tiga gol tanpa kebobolan, maka yang berhak lolos ke semifinal adalah skuat Garuda Muda dengan status juara Grup A.

Baca Juga

Jika berhasil mengalahkan Meksiko di waktu normal, poin Timnas Indonesia menjadi 6 alias sama dengan jumlah poin Argentina sebagai runner up Grup A.

Namun jika bisa mengalahkan Meksiko dalam babak adu penalti, poin yang bisa didapatkan Timnas Indonesia hanyalah lima, angka tersebut tak mampu membawa skuat Garuda ke semifinal lantaran kalah dengan angka Argentina.


2. Tunggu Pertandingan Lain

Raka Cahyana Rizky, pemain Timnas Indonesia U-19 pencetak gol ke gawang Ghana di Toulon Tournament. Foto: Instagram@rakacahyanarizky

Andai berhasil mengalahkan Meksiko dan naik ke peringkat kedua, Timnas Indonesia masih harus berharap di pertandingan Grup C untuk memastikan diri lolos ke babak berikutnya.

Sejauh ini, tiga tim yakni Kolombia, Jepang dan Komoros sama-sama memiliki peluang untuk lolos dari Grup C. Ketiga tim tersebut bahkan memiliki poin serupa yakni 4.

Baca Juga

Komoros jika di pertandingan terakhir melawan Aljazair nanti berhasil menang, maka mereka dipastikan lolos sebagai juara grup maupun runner up terbaik.

Pasalnya dengan perolehan 7 angka, Komoros sudah melewati poin Argentina sebagai peringkat kedua terbaik sejauh ini, serta Meksiko atau Timnas Indonesia andai salah satu dari keduanya bisa menang di laga terakhir untuk penentuan runner up Grup B.

Andai hanya bisa menang lewat adu penalti, poin Komoros sama dengan Argentina (6) dan masih bisa dikalahkan oleh Meksiko atau Timnas Indonesia lewat selisih produktivitas gol.

Hal yang sama juga berlaku buat Kolombia dan Jepang yang nanti bakal saling bertanding. Andai kedua tim hanya bisa menang lewat adu penalti, baik Kolombia dan Jepang akan mempunyai poin 6.

Dengan kondisi ini, Kolombia yang punya produktivitas gol lebih baik akan lolos ke semifinal sebagai juara Grup C.

Selain itu, jika ada salah satu tim dari Kolombia, Jepang atau Komoros yang bisa menang dalam waktu normal, maka bisa dipastikan bakal lolos ke semifinal Toulon Tournament 2022 baik sebagai juara grup maupun runner up terbaik.

Timnas IndonesiaBola InternasionalTimnas Indonesia U-19TRIVIABerita Timnas IndonesiaToulon Tournament

Berita Terkini