x

3 Pemain Manchester United Calon Korban Kedatangan 'Anak Emas' Erik ten Hag dari Ajax

Senin, 6 Juni 2022 14:53 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Manchester United asuhan Erik ten Hag masih berburu pemain dalam rangka membangun tim yang lebih kuat. Foto: REUTERS-Murad Sezer.

INDOSPORT.COM - Bek Ajax Amsterdam, Jurrien Timber, belakangan dikaitkan dengan kepindahan ke klub Liga Inggris, Manchester United.

Seperti diketahui, Manchester United asuhan Erik ten Hag memang masih berburu pemain dalam rangka membangun tim yang lebih kuat lagi musim depan.

Baca Juga

Direkrutnya Erik ten Hag pun membawa harapan baru bagi para suporter setia Setan Merah, apalagi pelatih asal Belanda tersebut telah mendulang kesuksesan yang cukup masif bersama Ajax.

Di sisi lain, spekulasi siapa-siapa saja yang akan direkrutnya ke tim juga jadi perbincangan hangat di kalangan pencinta sepak bola.

Salah satu yang paling santer dikabarkan belakangan ini adalah Jurrien Timber, anak asuh Erik ten Hag saat masih di Ajax.

Baca Juga

Pemain kelahiran Utrecht tersebut menjadi salah satu kunci keberasilan Ajax musim lalu di Eredivisie Belanda.

Kehadirannya di skuat Setan Merah pun diharapkan sebagai solusi lini belakang mereka yang rapuh. Meski begitu, mendatangkan pemain berusia 20 tahun ini bukanlah hal yang mudah.

Erik ten Hag pun harus memastikan mantan anak asuhnya tersebut mendapat menit bermain serta tempat yang layak di Manchester United.

Baca Juga

Pasalnya, Manchester United masih memiliki sejumlah bek di daftar skuatnya saat ini, yang mana harus ‘dikorbankan’ apabila ingin mendatangkan Jurrien Timber.

Kira-kira siapa saja para calon korban itu? Berikut ulasannya.


1. Ancaman bagi Para Bek Tengah

Kedatangan Jurrien Timber jelas jadi ancaman bagi para bek tengah Manchester United. Foto: Dave Thompson - Pool/Getty Images.

Manchester United finis di peringkat 6 klasemen akhir Liga Inggris 2021-2022 dengan 58 poin. Hasil ini pun memastikan mereka tidak akan bermain di Liga Champions musim depan.

Namun di sisi lain, Manchester United juga kebobolan cukup banyak, bahkan tidak lebih baik dari tim-tim yang berada di bawahnya seperti Newcastle United atau Leicester City.

Baca Juga

Alhasil, perbaikan lini belakang mau tidak mau dilakukan agar David de Gea musim depan tidak perlu sering-sering lagi memungut bola dari gawangnya.

Salah satu harapan Manchester United untuk perbaikan ini adalah Jurrien Timber, yang menghabiskan sebagian besar waktunya di Ajax sebagai bek tengah.

Dengan kualitas yang dimilikinya, ia bisa dengan mudah menembus starting line up Erik ten Hag dan menggusur salah satu bek yang ada di skuat saat ini.

Baca Juga

Victor Lindelof

Salah satu pemain yang bisa tersingkir apabila Jurrien Timber bermain sebagai bek tengah di susunan pemain racikan Erik ten Hag.

Tidak berbeda jauh dengan Harry Maguire, Victor Lindelof sering mendapat kritik pedas atas performa yang ia tampilkan musim lalu.

Hanya saja, nama yang pertama diyakini tidak akan tersingkir dari starting line up mengingat peran dan posisinya sebagai pemimpin di lapangan.

Baca Juga

Di sisi lain, Victor Lindelof berpotensi melorot di urutan keempat pecking order Erik ten Hag apabila Jurrien Timber jadi merapat ke Manchester United.

Belum lagi, ia juga harus bersaing dengan Raphael Varane, serta Eric Bailly atau Phil Jones jika dua pemain ini tidak dikirim ke luar sebagai pinjaman.

 

2. Selain Bek Tengah, Bek Kanan Juga

Aaron Wan-Bissaka, salah satu pemain yang bisa terancam oleh Jurrien Timber. Foto: Alex Pantling/Getty Images.

Raphael Varane

Harry Maguire dan Victor Lindelof memang akan terancam apabila Jurrien Timber jadi merapat ke Manchester United.

Akan tetapi, posisi Raphael Varane juga tidak kalah mengkhawatirkan karena rekam jejak dan histori cederanya.

Baca Juga

Oleh sebab itu, nampaknya tidak akan terlalu sulit bagi Jurrien Timber untuk menyodok masuk ke slot bek tengah Manchester United di tengah situasi Harry Maguire, Victor Lindelof, dan Raphael Varane ini.

Aaron Wan-Bissaka

Selain bermain sebagai bek tengah, Jurrien Timber juga bisa beroperasi di sebelah kanan, yang mana bisa jadi ancaman bagi Aaron Wan-Bissaka.

Pasalnya, ia memang mengalami penurunan performa yang terlihat jelas, sampai-sampai Manchester United dikabarkan telah menawarkannya ke beberapa klub untuk dijual.

Baca Juga

Kualitas Jurrien Timber

Masih berusia muda yakni 20 tahun, namun sudah memegang peran penting di Ajax maupun Timnas Belanda saat ini.

Selain itu, ia juga seorang reguler di Timnas Belanda yang membantu tim ini berjuang di Euro 2020 sekaligus meraih tiket ke Piala Dunia Qatar 2022.

Di Ajax, ia bahkan disejajarkan dengan Marco van Basten sebagai salah satu pemain muda terbaik dan paling impresif sepanjang sejarah klub.

Baca Juga

Namun sayangnya sampai saat ini belum ada tanda-tanda lebih lanjut ia akan merapat ke Manchester United meski dikaitkan erat dengan mereka jelang bursa transfer musim panas.

Dari beberapa kabar yang beredar, Manchester United konon rela mengeluarkan mahar Rp550 miliar untuk mendapatkan bek belia Ajax itu.

Manchester UnitedAjax AmsterdamLiga Primer InggrisLiga InggrisBerita Liga InggrisOne Football

Berita Terkini