x

Kiper Bali United Ngaku Gugup Ditonton Puluhan Ribu Suporter di Maguwoharjo

Senin, 6 Juni 2022 15:10 WIB
Kontributor: Nofik Lukman Hakim | Editor: Prio Hari Kristanto
Rakasurya Handika saat berpose dengan para pemain Bali United usai lawan melawan PSS di Stadion Maguwoharjo, Sleman. Foto: Nofik Lukman Hakim/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Kiper Bali United, Rakasurya Handika, sempat gugup saat tampil dalam uji coba melawan PSS Sleman di Stadion Maguwoharjo Sleman, Sabtu (04/06/22) malam.

Rasa gugup itu muncul bukan karena dia dipasang dari menit pertama, sementara kiper senior, Muhammad Ridho Djazulie, jadi cadangannya.

Baca Juga

Ini merupakan momen pertama Bali United tampil di stadion yang penuh sesak setelah terakhir pada 15 Maret 2020 lalu. Momen ini pun terasa istimewa.

"Jujur awalnya saya cukup nervous, tapi seiring berjalannya pertandingan, saya bisa menikmati atmosfer Stadion Maguwoharjo yang sebenarnya," kata Rakasurya usai pertandingan.

Kiper asal Semarang ini lega para suporter bisa kembali hadir dalam pertandingan, setelah pandemi Covid-19 sempat membuat stadion hening sepanjang Liga 1 2021/2022.

Baca Juga

Raka berharap momen yang hadir di stadion ini, termasuk sebelumnya ada di Malang, Surabaya dan Semarang, jadi momen kebangkitan sepak bola Indonesia.

"Untuk saya pribadi ini akan menjadi tanda kebangkitan sepak bola indonesia, karena sudah dua tahun ini suporter tidak bisa ke stadion," tutur Raka.

Baca Juga

"Dengan pertandingan tadi yang dihadiri para suporter dengan antusias tinggi pasti ini akan menambah semangat kita para pemain," lanjut jebolan Timnas Indonesia U-19 ini.


1. Sempat Khawatir

Kiper Bali United, Rakasurya saat meladeni permintaan tanda tangan fans di Bali United Store. Foto: Nofik Lukman Hakim/Indosport.com

Kelegaan ini juga muncul karena pertandingan nyaris batal digelar lantaran tak mendapat izin dari kepolisian. Bahkan,PSS sempat mengumumkan laga batal digelar sembilan jam sebelum kick off.

Namun setelah ada desakan dari suporter, terutama membanjiri instagram Polres Sleman, izin turun enam jam sebelum kick-off. Stadion akhirnya tetap penuh.

Baca Juga

"Seandainya pertandingan benar-benar batal, sebagai pemain pasti agak kecewa, tapi Puji Tuhan, manajemen PSS dan panpel bisa mengatasi. Pertandingan bisa terselenggara dengan baik," papar Raka.

Pemilihan Rakasurya

Keputusan memasang Rakasurya sepanjang pertandingan cukup mengejutkan. Saat Nadeo Argawinata gabung Timnas Indonesia, muncul prediksi Muhammad Ridho Djazulie akan dipasang.

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco pun menjelaskan kondisi Ridho. Kiper asal Pekalongan itu sempat mengalami cedera dalam sesi latihan.

Baca Juga

"Ridho di beberapa latihan terakhir sempat ada cedera. Dia baru balik lagi sama tim," tutur Teco.

Teco tanpa ragu menurunkan Raka. Dia sudah yakin Raka akan tampil tenang dalam pertandingan ini.

Baca Juga

"Raka memiliki proses bagus dari liga kemarin. Di latihan bagus. Saat main lawan Persik Kediri lalu juga main bagus. Lawan PSS mulai ada progres bagus buat dia," papar mantan pelatih Persija Jakarta ini.

Setelah melawan PSS, Bali United akan melakoni uji coba melawan Persis Solo. Baik waktu maupun lokasi pertandingan dirahasiakan dua tim ini.


2. Teco Takjub Lihat Kemeriahan Maguwoharjo

Tribun selatan Stadion Maguwoharjo Sleman penuh saat uji coba PSS melawan Bali United, Sabtu (4/6/22).

Bali United menang atas PSS Sleman 2-1 dalam laga uji coba di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (4/6/22) malam. Kemeriahan stadion memberi kebahagiaan selain performa apik skuat Serdadu Tridatu.

Uji coba lawan PSS menjadi agenda pertama Bali United setelah memulai latihan pada 10 Mei lalu. Uji coba ini menjadi bagian dari persiapan menuju Piala AFC 2022.

Hanya saja, Bali United sempat dilanda kecemasan setelah izin pertandingan tak terbit. Bahkan, sembilan jam sebelum kick off, PSS sempat mengumumkan laga dibatalkan karena izin keramaian tak turun.

Namun, perubahan terjadi dua jam kemudian. Setelah gelombang protes dari suporter, terutama menyasar instagram Polres Sleman, pihak kepolisian memberikan izin bagi PSS untuk menghadapi Bali United.

Izin tersebut benar-benar dimanfaatkan suporter untuk mendukung timnya. Puluhan ribu suporter PSS memadati seisi stadion, terutama tribun selatan yang ditempati Brigata Curva Sud (BCS).

Baca Selengkapnya: Liga 1: Bali United Gebuk PSS Sleman, Teco Takjub Lihat Kemeriahan Maguwoharjo

PSS SlemanBali UnitedLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1Rakasurya Handika

Berita Terkini