x

Seabrek Rekor Mencengangkan Lionel Messi Usai Borong 5 Gol ke Gawang Estonia

Senin, 6 Juni 2022 11:21 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Lionel Messi mengamuk bersama Timnas Argentina saat melawan Estonia, Senin (06/06/22). Foto: REUTERS-Peter Cziborra.

INDOSPORT.COM - Lionel Messi mengamuk bersama Timnas Argentina saat melawan Estonia, Senin (06/06/22).

Bagaimana tidak? Megabintang Paris Saint-Germain tersebut membantai lawannya tanpa ampun lewat lima gol tanpa balas.

Baca Juga

Bertanding di Stadion El Sadar, Spanyol, La Pulga dengan gagahnya mencetak quintrick yang membuat kiper lawan harus memungut bola lima kali dengan wajah tertunduk.

Pemain berusia 34 tahun ini membuka keran golnya pada menit ke-8 lewat titik putih lalu menambah satu lagi jelang akhir babak pertama.

Di babak kedua, Lionel Messi masih mengganas dan malah menambah tiga gol lagi untuk memastikan kemenangan Argentina atas Estonia 5-0.

Baca Juga

Masing-masing golnya itu tercipta pada menit ke-47, 71, dan 76. Raihannya ini pun menjadikan dirinya pemain ketiga Argentina yang mampu mencetak lima gol bagi La Albiceleste.

Sebelumnya, catatan tersebut berhasil diraih oleh Andres Marvezzi yang mencetak lima gol saat Argentina bertemu Ekuador pada 1941.

Selain itu, ada pula Jose Manuel Mareno, yang juga mencetak gol ke gawang lawan yang sama pada 1942.

Baca Juga

Mencetak quintrick tentu sebuah aksi hebat yang menunjukkan kelas Lionel Messi sebagai salah satu andalan Timnas Argentina.

Namun terlepas dari itu, La Pulga juga mencetak sederet statistik serta catatan mencengangkan di pertandingan kontra Estonia semalam. 


1. Deretan Catatan Mencengangkan Lionel Messi

Lionel Messi mengamuk bersama Timnas Argentina saat melawan Estonia, Senin (06/06/22). Foto: REUTERS-Peter Cziborra.

Dirangkum dari berbagai sumber, termasuk Planet Football, berikut beberapa catatan mencengangkan Lionel Messi setelah mencetak lima gol ke gawang Estonia, Senin (06/06/22).

- Lionel Messi tercatat sebagai pemain pertama sepanjang sejarah Timnas Argentina yang mencetak lima gol dalam satu pertandingan.

Baca Juga

- Mencetak quintrick ternyata bukan pengalaman pertama bagi Lionel Messi sepanjang kariernya di dunia sepak bola.

Sebelum ini, ia sudah pernah mencetak lima gol dalam satu pertandingan saat masih berseragam klub Liga Spanyol, Barcelona.

Tepatnya pada Maret 2012, ia menjebol gawang Bayer Leverkusen lima kali di pertandingan leg kedua 16 besar Liga Champions, yang pada akhirnya dimenangkan Barcelona dengan skor 7-1.

Baca Juga

Di partai tersebut, dua gol Barcelona lainnya dicetak oleh Cristian Tello, sedangkan Bayer Leverkusen hanya bisa puas dengan satu gol hiburan dari Karim Bellarabi.

- Dengan quintrick ini, Lionel Messi pun berhasil menyalip catatan legenda Hungaria, Ferenc Puskas, untuk catatan jumlah gol internasional.

Kini, La Pulga sudah mencetak 86 gol untuk Timnas Argentina, sedangkan Ferenc Puskas mengantongi 84 gol yang ia ciptakan selama berseragam Spanyol dan Hungaria.

Baca Juga

- Bukan hanya menyalip Ferenc Puskas, Lionel Messi juga melampaui catatan legenda Brasil, Pele, yang sampai detik ini telah mencatatkan 767 gol sepanjang kariernya.

Sementara itu, sang bintang PSG, dengan tambahan lima golnya semalam menyalip raihan tersebut, yakni di angka 769.

 

2. Catatan Mencengangkan Lainnya

Lionel Messi mengamuk bersama Timnas Argentina saat melawan Estonia, Senin (06/06/22). Foto: REUTERS-Peter Cziborra.

- Lima gol ke gawang Estonia ini juga menjadi pencapaian tersendiri bagi Lionel Messi terkait catatan hattrick dan quattrick-nya untuk Timnas Argentina.

Pasalnya, ini adalah kali pertama ia mencetak empat gol, lalu kali kedelapan mencetak tiga gol untuk La Albiceleste.

Baca Juga

- Sebanyak 86 gol Lionel Messi untuk Timnas Argentina diciptakannya lewat 162 penampilan, dengan rataan 0,53 gol per pertandingan.

Juara Finalissima

Sebelum mengamuk dan membabi buta Estonia di laga semalam, Lionel Messi sudah terlebih dulu memenangkan Finalissima kontra Italia beberapa waktu lalu.

Bermain sebagai winger kiri, sepanjang laga pergerakan Lionel Messi sangat sulit dibaca. Bahkan para pemain bertahan Italia beberapa kali kalah cepat untuk menghentikannya.

Baca Juga

Walau gagal mencetak gol, rapor penampilan Lionel Messi di pertandingan ini bisa dibilang paling mentereng.

Pasalnya, ia merupakan salah satu pemain yang paling banyak menciptakan peluang termasuk dua assist untuk Lautaro Martinez dan Paulo Dybala.

Di pertandingan yang digelar beberapa hari lalu tersebut, Timnas Argentina pun tampil sebagai juara dengan skor akhir 3-0 atas Italia.

Baca Juga

Adapun tiga gol yang mereka ciptakan masing-masing berasal dari Lautaro Martinez, Angel Di Maria, dan Paulo Dybala.

Sementara itu, Italia lagi-lagi harus memble karena kembali dipermalukan setelah gagal menembus Piala Dunia Qatar 2022.

ArgentinaLionel MessiEstoniaBola InternasionalOne Football

Berita Terkini