x

Terkait Polemik Undangan Kongres PSSI, Kubu Sebelah PSMS Medan Buka Suara

Selasa, 7 Juni 2022 10:55 WIB
Kontributor: Aldi Aulia Anwar | Editor: Isman Fadil
Pelatih PSMS Medan, I Putu Gede, memimpin dan memantau langsung kegiatan trial menjelang Liga 2 2022.

INDOSPORT.COM - Terkait polemik undangan Kongres Biasa PSSI beberapa hari lalu yang sempat merebak terkait kehadiran oknum PSMS Medan akhirnya dijawab kubu lain yang berpolemik dengan CEO PSMS sebelumnya, Kodrat Shah.

Di mana diketahui, oknum tersebut yakni mantan pengurus PSMS, Julius Raja dan Fityan Hamdy. Di mana Julius sekarang menjabat sebagai salah satu Exco Asprov PSSI Sumatra Utara, sedangkan Fityan terakhir diketahui menjabat sebagai Sekum Asprov PSSI.

Baca Juga

Melalui kuasa hukumnya Azhar Limbong, dirinya menjelaskan bahwa saat itu Kodrat Shah masih diakui PSSI sebagai CEO PSMS.

Kendati dalam RUPS yang digelar sepihak, pada 25 Maret 2022 lalu, dirinya telah diberhentikan sementara sebagai Direktur Utama (Dirut) PT Kinantan Medan Indonesia (KMI), yang menaungi klub PSMS Medan. 

Baca Juga

"Walaupun dalam RUPS Kodrat diberhentikan sementara sebagai direksi, namun PSSI masih mengakui Kodrat sebagai CEO. Dan undangan PSSI resmi ditujukan kepadanya," ujar Limbong didampingi kuasa hukum lainnya Wani Prabowo SH dan Guruh Syahputra, Senin (06/06/22).

Limbong menerangkan jika itu tertuang dalam undangan dengan nomor 1547/UDN/1052/IV/2022 Tanggal 26 April 2022 yang dikirimkan via email kepada Kodrat Shah yang diketahui juga menjabat sebagai Ketua Umum Asprov PSSI.

Baca Juga

"Pak Kodrat dalam hal ini memberikan mandat kepada Julius Raja dan Fityan Hamdy untuk menghadiri kongres. Terkait adanya kabar miring yang menyebutkan kita merampas kursi pihak lain (melaksanakan RUPS) ini kita buktikan suratnya," tegas Limbong.


1. Mandat

Sekretaris klub PSMS Medan, Julius Raja, saat meninjau langsung Stadion Teladan, Medan, Kamis (09/09/21).

Dalam kesempatan yang sama Julius Raja ikut membenarkan. Bahwasanya, kehadirannya dalam kongres adalah sesuai mandat CEO yang diakui PSSI, Kodrat Shah. 

Baca Juga

"Bahwa dari pihak yang melaksanakan RUPS juga membuat dan mengirimkan surat mandat kepada PSSI, sehingga ada dua surat mandat dari PSMS yang masuk ke registrasi PSSI," terang pria yang akrab disapa King itu.

Baca Juga

Saat itu, sambung King, PSSI sebelum memutuskan mana yang sah, karena belum mengadakan rapat Exco dengan Ketua Umum PSSI.

Baca Juga

"Setelah mempelajari semua berkas-berkas yang masuk, maka pada 27 Mei 2022 diputuskan oleh PSSI utusan dari Kodrat Shah yang sah sebagai utusan yang resmi dan berhak mengikuti kongres PSSI," ujar King lagi. 


2. RUPS

Salah satu petinggi PSMS Medan, Kodrat Shah (tengah).

Sebagaimana diketahui, kisruh internal PSMS ini tak lepas karena Dirut atau CEO PSMS sebelumnya, Kodrat Shah, dilengserkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) beberapa waktu lalu.

Di mana RUPS tersebut digelar oleh pemegang saham mayoritas PSMS (51 persen) yang tak lain adalah Gubernur, Sumut Edy Rahmayadi. Sedangkan Kodrat Shah 49 persen.

Dalam RUPS tersebut, ditunjuknya menantu Edy Rahmayadi sebagai Dirut baru PT. KMI yang saat ini sudah melakukan persiapan tim untuk menyongsong Liga 2 2022/2023.

 

PSMS MedanLiga IndonesiaLiga 2Berita Liga 2Julius Raja

Berita Terkini