x

Rapor Pemain Timnas Indonesia Saat Hajar Tuan Rumah Kuwait di Kualifikasi Piala Asia 2023

Kamis, 9 Juni 2022 09:00 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Timnas Indonesia sukses mengalahkan tuan rumah Kuwait 2-1 di laga perdana fase grup Kualifikasi Piala Asia 2023. Berikut rapor skuat Garuda di laga tersebut.

INDOSPORT.COM – Timnas Indonesia sukses mengalahkan tuan rumah Kuwait 2-1 di laga perdana fase grup Kualifikasi Piala Asia 2023. Berikut rapor skuat Garuda di laga tersebut.

Sepak bola Asia kini tengah diramaikan oleh gelaran babak Kualifikasi Piala Asia 2023. Timnas Indonesia sendiri turut berlaga di ajang ini, dengan tergabung di Grup A bersama Yordania, Kuwait, dan Nepal.

Baca Juga

Digelar dengan sistem home tournament, Kuwait menjadi tuan rumah di Grup A ini dengan masing-masing tim akan berjumpa satu kali. Juara grup akan lolos otomatis ke Piala Asia, sedangkan runner up akan bersaing dengan runner up grup B-F dalam mengisi slot 5 runner up terbaik.

Indonesia sendiri mengawali langkah di Kualifikasi Piala Asia 2023 ini dengan menghadapi tuan rumah Kuwait, Rabu (08/06/22) malam WIB.

Bertemu Kuwait, Timnas Indonesia diadang rekor buruk dengan hanya meraih 1 kemenangan dalam 6 pertemuan sebelumnya. Bahkan kemenangan Indonesia itu terjadi pada Oktober 1980 alias 42 tahun silam.

Baca Juga

Menghadapi tuan rumah, pelatih Shin Tae-yong membuat kejutan dengan memainkan pola 3-4-3. Rachmat Irianto yang biasa menjadi gelandang diplot menjadi wing back kanan, sementara sisi kiri dipegang Pratama Arhan.

Kuwait yang nyaman dengah suhu panas di kandang sendiri tampil lebih menekan dan unggul 1-0 lewat Yousef Nasser Al Sulaiman di menit ke-41. Namun, Indonesia hanya butuh 3 menit untuk menyamakan skor menjadi 1-1 lewat penalti Marc Klok, dan menutup babak pertama dengan skor imbang.

Baru semenit babak kedua berjalan, Timnas Indonesia berbalik unggul 2-1. Dalam situasi kemelut, Rachmat Irianto menjebol gawang Kuwait lewat sepakan mendatar kaki kiri.

Baca Juga

Tak ingin malu di kandang sendiri, Kuwait coba membalas di sisa waktu. Namun, Rizky Ridho dkk tampil tangguh menggalang pertahahan. Indonesia pun akhirnya menutup laga pertama Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 dengan kemenangan tipis 2-1.

Kemenangan penting ini tak lepas dari aksi apik sejumlah penggawa Garuda. Berikut rapor pemain Timnas Indonesia di laga Kualifikasi Piala Asia 2023 melawan Kuwait, versi Indosport.


1. Irianto Man of the Match

Rachmat Irianto.

Kiper – Nadeo Argawinata (7)

Meski tak bisa berbuat banyak untuk mencegah gol Kuwait yang dicetak oleh Yousef Nasser, Nadeo Argawinata sejatinya tampil apik dan tenang di bawah mistar gawang Indonesia.

Tak hanya rajin memberikan komando pada rekan-rekannya, ia juga tampil cekatan. Statistik dari Lapangbola bahkan mencatat Nadeo Argawinata melakukan 5 penyelamatan di laga ini.

Baca Juga

Bek – Fachruddin Aryanto (7)

Fachruddin Aryanto tampik apik dalam menggalang pertahanan Timnas Indonesia dan mencegah Kuwait mencetak gol tambahan.

Meski kerap kewalahan dalam menghadapi duel udara karena kalah postur, Fachruddin menyuguhkan penampilan yang militan.

Bek – Elkan Baggott (7,5)

Berbekal postur dan fisik yang mumpuni, Elkan Baggott menjadi pemain belakang Timnas Indonesia yang paling bisa mengimbangi adu fisik pemain Kuwait.

Tak hanya itu, Elkan Baggott juga tampil apik dalam menghadapi bola bawah dan piawai membaca aliran bola lawan.

Baca Juga

Bek – Rizky Ridho (7)

Meski kalah postur, Rizky Ridho berhasil memanfaatkan kecepatan yang ia miliki untuk meredam lini serang milik tuan rumah.

Wing back – Rachmat Irianto (8)

Mengisi pos wing back kanan menggantikan Asnawi Mangkualam yang belum fit, Rachmat Irianto justru tampil apik. Pemain Persib itu tampil aktif dan rajin dalam menyisir sisi kanan lapangan.

Tak hanya itu, Rachmat Irianto juga berperan dalam kedua gol Indonesia. Selain mencetak gol kedua, pelanggaran terhadap dirinya juga menjadi penyebab Indonesia mendapat penalti di gol pertama.

Baca Juga

Wing back – Pratama Arhan (6.5)

Pratama Arhan terbilang rajin baik dalam melapis pertahanan atau membantu serangan. Namun, performa pemain yang berkarier di Jepang terbilang tak terlalu istimewa.

 

2. Klok Jadi Motor

Selebrasi Marc Klok usai mencetak gol penalti penentu kemenangan Indonesia dalam adu penalti perebutan medali perunggu antara Indonesia vs Malaysia di Stadion Nasional My Dinh - Hanoi, Vietnam 2022. Foto: REUTERS/Navesh Chitrakar

Gelandang – Marc Klok (7,5)

Bermodal kematangan dan pengalaman panjang, Marc Klok tampil tenang di lini tengah Indonesia. Ia mampu menjaga kedalaman dan juga mengalirkan bola kepada rekan-rekannya.

Marc Klok juga tampil tenang saat mengeksekusi penalti krusial di akhir babak pertama, yang membawa Garuda menyamakan kedudukan setelah tertinggal 3 menit sebelumnya.

Baca Juga

Gelandang – Ricky Kambuaya (6.5)

Seperti biasa, Ricky Kambuaya tampil energik di lini tengah. Pemain Persib ini rajin menjelajah lapangan dan memainkan tempo permainan.

Namun, Ricky Kambuaya tampil kurang optimal dalam hal penyelesaian akhir dengan membuang peluang emas yang sejatinya bisa membawa Indonesia menang lebih besar atas Kuwait.

Baca Juga

Winger – Saddil Ramdani (6)

Mengandalkan kecepatan yang ia miliki, Saddil Ramdani jadi andalan Indonesia khususnya dalam skema serangan balik.

Sayangnya, penyelesaian akhirnya tak terlalu baik dan ia beberapa kali mengambil keputusan yang salah.

Winger – Irfan Jaya (6)

Sama seperti Saddil, kecepatan Irfan Jaya juga menjadi senjata andalan Indonesia untuk merepotkan lini pertahanan Kuwait dalam serangan balik.

Namun, penyelesaian akhir dan pengambilan keputusan yang tak tepat membuat Irfan Jaya tampil kurang maksimal.

Baca Juga

Penyerang – Stefano Lilipaly (7)

Stefano Lilipaly diplot oleh Shin Tae-yong untuk mengisi pos penyerang, seiring minimnya opsi yang tersedia di skuat.

Meski tak mampu mencetak gol, kinerja Lilipaly terbilang baik dengan rajin melakukan pergerakan untuk membuka ruang dan mencari bola.

KuwaitTimnas IndonesiaRachmat IriantoMarc KlokTRIVIAElkan BaggottBerita Timnas IndonesiaKualifikasi Piala Asia 2023One Football

Berita Terkini