x

Curhat Shayne Pattynama, Gabung Timnas Indonesia Demi Wujudkan Mimpi Mendiang Ayah

Jumat, 10 Juni 2022 11:49 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Calon pemain naturalisasi, Shayne Pattynama, akhirnya membongkar alasannya ingin bergabung dengan Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM – Calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia yakni Shayne Pattynama akhirnya membongkar alasannya ingin bergabung dengan skua Garuda.

Melalui unggahan di akun Instagram pada Kamis (09/06/22) kemarin, pemain keturunan Belanda tersebut mengunggah deretan foto lawas ayah dan ibunya saat masih muda.

Baca Juga

Shayne Pattynama kemudian mengatakan bahwa pekan lalu dirinya mengunjungi Jakarta untuk menyelesaikan proses naturalisasi sebelum gabung Timnas Indonesia.

Kedatangannya di Indonesia kali ini rupanya membangkitkan kenangan bersama ayahnya yang telah meninggal dunia enam tahun lalu.

Pemain yang membela klub Norwegia, Viking FK tersebut juga merasa saat dia menginjakkan kaki pertama kali di Jakarta dia sudah merasa sedang berada di rumah.

Baca Juga

“Minggu lalu saya akhirnya melakukan perjalanan ke Jakarta untuk menyelesaikan proses naturalisasi,” tulis Shayne Pattynama.

“Saya sangat senang dan bangga dengan kunjungan ini. Secara pribadi perjalanan ini sangat berdampak bagi saya karena saat menginjakkan kaki di Jakarta saya merasa seperti berada di rumah. Cara saya dibesarkan, tata krama dan makanan misalnya,” lanjut Shayne.

Bek kiri berusia 23 tahun ini juga menjelas asal-usul darah Indonesia yang mengalir dalam tubuhnya adalah dari sang ayah. Ayahnya lahir di Semarang namun pindah ke Belanda ketika masih muda.

Baca Juga

Shayne Pattynama rupana sangat terkesan dengan rasa nasionalisme yang ditunjukkan ayahnya meski sudah lama menetap dan menikah dengan orang Belanda, yakni ibunya.

Selain itu, dia juga menunjukkan keinginan terdalam ayahnya yang ingin sekali lagi mengunjungi Indonesia. Sayangnya, mimpi itu tak pernah terwujud sampai sekarang karena ayah Shayne meninggal dunia.


1. Shayne Pattynama Teringat Mendiang Ayah

Shayne Pattynama

“Ketika saya masih muda dia selalu memberi tahu saya, saudara-saudara saya bagaimana dia dibesarkan di Semarang dan betapa indahnya Indonesia,” lanjut Shayne.

“Impiannya adalah pergi ke Indonesia dengan seluruh keluarga tetapi sayangnya ayah saya meninggal hampir 6 tahun yang lalu. Sungguh menyakitkan, saya tidak bisa bersamanya dan dia menyaksikan keputusan saya untuk bermain di tim nasional Indonesia.”

Baca Juga

Oleh karena itu, Shayne Pattynama ingin mewujudkan mimpi mendiang ayahnya dengan dirinya bergabung Timnas Indonesia.

“Namun saya percaya pada fakta bahwa dia menjaga saya dan dia punya andil besar bagi saya untuk mewujudkan ini. Tim nasional akan memiliki arti yang lebih dalam bagi saya. Setiap kali saya mengenakan kaus saya akan berjuang untuk negara ini dan untuk ayah saya,” ujar Shayne.

Untuk saat ini, Shayne Pattynama memang belum bisa membela Timnas. Hal ini dikarenakan proses naturalisasinya tidak bisa selesai tepat waktu.

Baca Juga

Hal serupa juga dialami sesama calon naturalisasi, yakni Jordi Amat dan Shayne Pattynama. Bahkan, Sandy Walsh dan Jordi Amat sudah ikut berlatih bersama Timnas Indonesia beberapa waktu lalu.

Sayang, mereka harus mengubur mimpi gabung dengan skuad Shin Tae-yong yang berjuang di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Kuwait saat ini.

Terbaru, EXCO PSSI, Hasani Abdulgani, menjabarkan perkembangan terkini proses naturalisasi tiga pemain keturunan Indonesia, Jordi Amat, Sandy Walsh, dan Shayne Pattynama.

Baca Juga

Hasani Abdulgani membawa kabar baik terkait perkembangan proses naturalisasi tiga pemain tersebut. Hasani menilai bahwa dokumen ketiganya kini sudah lengkap.


2. Update Proses Naturalisasi Shayne Pattynama

Pemain keturunan Indonesia Shayne Pattynama saat masih membela FC Utrecht (Belanda).

“Update proses naturalisasi, dengan kedatangan Jordi, Sandy, dan Pattynama ke Jakarta untuk mengurus dokumen yang tertunda (point 7), maka secara dokumen ketiga pemain tersebut sudah lengkap atau memenuhi syarat," tulis Hasani dalam akun isntagram pribadinya.

Hasani menjelaskan bahwa berkas ketiga pemain tersebut kini sudah berada di Sekneg. Nantinya berkas Sandy Walsh cs akan diproses dan diteruskan ke DPR.

"Saat ini statusnya masih diproses di Sekneg. Mohon selama dalam proses tidak ada pihak untuk saling disalahkan. Mohon kesabarannya. Semoga proses ini bisa berjalan cepat dan mulus, terima kasih," pungkasnya.

Baca Juga
BelandaNaturalisasiTimnas IndonesiaBola InternasionalBerita Timnas IndonesiaShayne Pattynama

Berita Terkini