x

Timnas Italia Masih Punya Peluang Lolos Ke Piala Dunia 2022, tapi…

Jumat, 10 Juni 2022 09:31 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Timnas Italia memiliki peluang meskipun kecil untuk lolos ke Piala Dunia 2022 setelah Ekuador dijatuhi sanksi tidak bisa mengikuti Piala Dunia Qatar oleh FIFA.

INDOSPORT.COM – Timnas Italia memiliki peluang meskipun kecil untuk lolos ke Piala Dunia 2022 setelah Ekuador dijatuhi sanksi tidak bisa mengikuti Piala Dunia Qatar oleh FIFA.

Dilansir dari Football Italia, Ekuador hampir dipastikan dicoret dari Piala Dunia Qatar lantaran memalsukan paspor pemain.

Baca Juga

Ekuador, sebelumnya, dituduh memalsukan akta kelahiran dan paspor pemainnya, Byron Castillo agar terlihat seolah-olah lahir di Ekuador.

Byron Castillo merupakan fullback Barcelona Guayaquil yang dilaporkan Asosiasi Sepakbola Chile (FFC) ke FIFA dengan tuduhan serius berkaitan dengan Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Chile menuduh Ekuador menggunakan pemain Kolombia untuk bisa lolos ke Qatar, dan pemain yang dimaksud oleh mereka adalah Byron Castillo.

Baca Juga

"Buktinya, pemain itu lahir di Kolombia, di Tumaco, 25 Juli 1995. Bukan 10 November 1998, di  General Villamil Playas, di Ekuador." bunyi pernyataan resmi FFC.

Byron Castillo sendiri punya andil besar bagi Ekuador. Dia bermain sebanyak 18 pertandingan di kualifikasi dan sukses bantu Ekuador mengoleksi 14 dari 26 poin.

Laporan terbaru dari Mundo Deportivo, FIFA sudah membuat keputusan akhir yang akan diumumkan beberapa hari ke depan setelah lakukan investigasi pada laporan tersebut.

Baca Juga

Dalam keputusannya, FIFA akan mencoret Ekuador sebagai peserta Piala Dunia Qatar. Ekuador sendiri tergabung dalam Grup A bersama tuan rumah Qatar, Senegal dan Belanda.

Pencoretan Ekuador ini sedikit memberi harapan untuk Italia bahwa mereka bisa lolos ke Piala Dunia 2022.


1. Italia atau Chila yang Lolos ke Piala Dunia 2022?

Timnas Italia melakukan pawai dengan bus atap terbuka di Kota Roma, Italia, Senin (12/07/12).

Sebelumnya, Italia harus mengubur ambisi lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 usai kalah 0-1 dari Makedonia Utara dalam partai semifinal play-off zona Eropa.

Hasil ini membuat Italia mengulangi memori pahit mereka ketiga gagal lolos ke Piala Dunia 2018 lalu. Kegagalan ini cukup ironis mengingat Gli Azzurri merupakan jawa Euro 2020 kemarin.

Baca Juga

Kemungkinan Italia lolos ke Piala Dunia bisa terjadi jika FIFA memberikan tempat Ekuador kepada tim dengan posisi terbaik di peringkat dunia mereka sebagai gantinya.

Namun, jangan berharap banyak dulu. Pasalnya, bukan tidak mungkin FIFA bakal memberikan kekalahan kepada Ekuador dalam pertandingan kualifikasi di mana Castillo bermain.

Keputusan ini justru mendorong Chile lolos ke Piala Dunia sebagai gantinya. Adanya Chile nantinya tetap menjaga keseimbangan tim Amerika Selatan di pesta sepak bola sedunia itu.

Baca Juga

Chile dipastikan gagal ke Piala Dunia 2022 usai menderita kekalahan 0-2 dari Uruguay pada laga kualifikasi zona Conmebol, 30 Maret 2022 lalu.

Uruguay sudah lebih dulu memastikan tiket Piala Dunia pada 24 Maret 2022. Sementara Chile harus berjuang finis kelima untuk meraih tiket di jalur playoff antarkonfederasi.

Baca Juga

Kekalahan ini semakin membuat Chile terpuruk di peringkat ketujuh dengan 19 poin. Jika menang sekalipun, Chile juga dipastikan gagal merebut posisi kelima karena Peru berhasil menang 2-0 atas Paraguay.


2. Italia Nyaris Gantikan Iran di Piala Dunia

Timnas Italia melakukan pawai dengan bus atap terbuka di Kota Roma, Italia, Senin (12/07/12).

Italia juga sempat dirumorkan berpeluang menggantikan Iran untuk lolos ke Piala Dunia 2022. 

Iran berpotensi didiskualifikasi dari Piala Dunia Qatar akibat tidak mengizinkan penonton wanita menyaksikan laga secara langsung di stadion saat  laga kontra Lebanon pada 29 Maret lalu.

Larangan ini bukan pertama dilakukan oleh Federasi Sepakbola Iran. Pada 2019 lalu, mereka juga melakukan hal yang sama kepada para kaum hawa.

FIFA pun diyakini akan menunjuk Italia sebagai pengganti Iran karena La Nazionale memiliki peringkat koefisien terbaik di antara negara-negara lainnya yang tidak lolos.

Akan tetapi, rumor ini pun akhirnya dibantah oleh presiden FIFA, Giannni Infantino, “Tolonglah, mari kita serius,” Ujar Infantino dikutip dari Football Italia.

ChileItaliaEkuadorPiala Dunia 2022Bola Internasional

Berita Terkini