x

4 Pemain Kesayangan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia yang Siap Bikin Nepal Merana

Senin, 13 Juni 2022 17:25 WIB
Editor: Juni Adi
Skuat timnas Indonesia dalam pertandingan Kualifikasi Piala Asia 2023 melawan Kuwait, Rabu (8/6/22).

INDOSPORT.COM - Ada empat pemain kunci di Timnas Indonesia yang bisa membawa tim meraih kemenangan atas Nepal di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Duel seru tersaji di laga pamungkas Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 antara Timnas Indonesia vs Nepal di Stadion Internasional Jaber Al-Ahmad, Rabu (15/06/22) dinihari WIB.

Baca Juga

Pertandingan ini menjadi penentu untuk Timnas Indonesia memastikan diri lolos atau tidak ke Piala Asia 2023 mendatang.

Jika ingin lolos, maka tim besutan pelatih Shin Tae-yong ini diwajibkan meraih kemenangan atas Nepal. 

Sayangnya, menang saja belum cukup. Timnas Indonesia juga diharuskan mencetak gol sebanyak-banyaknya.

Baca Juga

Sebab, andai mereka hanya bisa menang tipis 1-0 atau 2-1, posisinya berpotensi akan tergusur oleh Kuwait yang menang besar atas Nepal 4-1.

Posisi Timnas Indonesia saat ini memang berada di atas Kuwait karena unggul head to head, menempati urutan ke-2 tapi kedua tim sama-sama mengoleksi tiga poin.

Sementara Kuwait saat ini unggul selisih gol, sehingga sangat mungkin untuk menggeser Timnas Indonesia andai mampu meraih kemenangan atas Yordania di laga lainnya.

Baca Juga

Meski begitu, Shin Tae-yong meyakini Timnas Indonesia punya peluang bagus untuk lolos ke Piala Asia. Yang penting timnya bisa fokus untuk meraih kemenangan melawan Nepal.

"Kami masih memiliki satu pertandingan lagi. Jika berhasil meraih tiga poin pada laga terakhir, saya yakin kami akan mendapatkan hasil terbaik," kata Shin Tae-yong.

Melihat dari statistik penampilan Nepal, bukan tidak mungkin Timnas Indonesia bisa mewujudkan kemenangan dan lolos ke Piala Asia 2023.

Apalagi dari kubu Nepal, bukanlah tim yang sulit dikalahkan. Dalam dua pertandingan terakhir di Grup A, mereka kalah dan saat ini tenggelam di dasar klasemen tanpa mendulang poin.

Ada empat pemain kesayangan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia yang bisa membuat Nepal merana di pertandingan terakhir Kualifikasi Piala Asia 2023. Siapa saja?


1. Asnawi Mangkualam

Pemain Indonesia Asnawi Mangkualam Bahar gagal mencetak dalam adu penalti. Foto: REUTERS/Chalinee Thirasupa

Asnawi Mangkualam masih akan jadi andalan pelatih Shin Tae-yong untuk mengisi posisi bek sayap kanan. 

Pengalamannya berkarier di luar negeri Liga Korea Selatan, membantu sang pemain tampil baik di level internasional. Hal itu sudah dibuktikan dalam dua turnamen yakni Piala AFF dan SEA Games.

Baca Juga

Kemampuannya dalam menjaga pertahanan sisi sayap, membuat barisan belakang Timnas Indonesia sulit ditembus.

Sayang, di dua laga terakhir Kualifikasi Piala Asia 2023 melawan Kuwait dan Yordania, peran Asnawi Mangkualam belum terlihat.

Melawan Nepal bisa jadi ajang pembuktian kualitas Asnawi Mangkualam sebagai seorang bek sekaligus kapten tim.

Baca Juga

Pratama Arhan

Berbeda dengan Asnawi Mangkualam, di sektor bek sayap kiri pertahanan Timnas Indonesia yang diisi oleh Pratama Arhan, dirinya sudah tampil baik di Kualifikasi Piala Asia 2023 ini.

Lemparan-lemparan bola ke dalam lapangan yang jauh, menjadi andalan Pratama Arhan untuk membuat kemelut di depan gawang lawan, yang bisa menghadirkan peluang gol.

Baca Juga

Hal itu pernah dilakukannya ketika tampil membela Timnas Indonesia di laga uji coba melawan Timor Leste. 

Saat itu lemparan bola ke dalam yang dilakukan Pratama Arhan langsung menuju mulut gawang lawan, dan mengenai pemain belakang Timor Leste yang berbuah gol.

Selain kelebihan lemparan ke dalam cukup berbahaya, Pratama Arhan juga rajin membantu serangan saat membangun serangan balik cepat.

Bukan tidak mungkin peluang bisa ia ciptakan di laga melawan Nepal. Pratama Arhan juga jadi salah satu pemain kesayangan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia, karena ia kerap dipanggil dan menjadi pilihan utama.


2. Rachmat Irianto

Selebrasi gol Rachmat Irianto dalam pertandingan Kualifikasi Piala Asia 2023 melawan Kuwait, Rabu (8/6/22).

Timnas Indonesia bisa mencapai final Piala AFF 2020 lalu tidak terlepas dari kuatnya lini tengah tim Skuad Garuda.

Jika membahas lini tengah Timnas Indonesia, maka nama Rachmat Irianto akan menjadi sosok yang paling diingat karena memang ia bermain sangat baik di Piala AFF 2020.

Baca Juga

Bak jendera lapangan tengah, Rachmat Irianto berperan penting dalam mengalirkan bola ke depan serta mengatur tempo permainan Timnas Indonesia. 

Selain itu, mantan pemain Persebaya ini juga sering menjadi kebuntuan dari lini kedua. Hal itu sudah ia buktikan saat membawa Timnas Indonesia menang 2-1 atas Kuwait di Kualifikasi Piala Asia 2023. 

Baca Juga

Witan Sulaeman

Pemain kesayangan Shin Tae-yong lain adalah Witan Sulaeman. Mantan penggawa Lechia Gdanks ini selalu dipanggil memperkuat Timnas Indonesia, dan menjadi pilihan utama di lini depan.

Baca Juga

Witan Sulaeman diprediksi akan kembali mentas dari menit pertama saat melawan Nepal di laga terakhir Kualifikasi Piala Asia 2023.

Witan diharapkan dapat mengobrak-abrik pertahanan Nepal. Tenaga Witan dibutuhkan Skuad Garuda untuk meraih hasil apik tengah pekan ini.

Timnas IndonesiaPiala Asia 2023Asnawi Mangkualam BaharWitan SulaemanTRIVIANepalShin Tae-yongPratama ArhanKualifikasi Piala Asia 2023

Berita Terkini