x

Menerka Siapa Calon Lawan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Rabu, 15 Juni 2022 22:42 WIB
Editor: Juni Adi
Laga antara Timnas Indonesia vs Nepal di Kualifikasi Piala Asia. Foto: PSSI

INDOSPORT.COM - Berikut tim-tim calon lawan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 mendatang. 

Timnas Indonesia sukses membungkam Nepal di pertandingan terakhir Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023, di Stadion Internasional Jaber Al-Ahmad, Kuwait, Rabu (15/06/22) dinihari WIB.

Baca Juga

Perbedaan level sudah terlihat sejak menit awal babak pertama dimulai. Timnas Indonesia langsung menggebrak dan mendominasi jalannya pertandingan.

Skuad Garuda menang 7-0. Masing-masing gol dicetak oleh Dimas Drajad, Witan Sulaeman (2 gol), Fachruddin Aryanto, Saddil Ramdani, Elkan Baggott, dan Marselino Ferdinan.

Di babak pertama, Timnas Indonesia unggul cepat lewat gol Dimas Drajad di menit ke-6 menyambut umpan silang Asnawi Mangkualam.

Baca Juga

Pasca gol pertama, Nepal bermain sedikit lebih hati-hati dan disiplin yang membuat para pemain Timnas Indonesia sempat kesulitan membongkar pertahanan lawan.

Pada menit ke-32, Nepal mendapat malapetaka. Salah satu pemainnya, Sunar Aryal mendapat hukuman kartu merah. Keunggulan jumlah pemain dimanfaatkan dengan baik oleh para pemain Timnas Indonesia.

Jelang turun minum, Timnas Indonesia berhasil menggandakan skor menjadi 2-0. Kali ini Witan Sulaeman yang menyumbang gol. Skor 2-0 bertahan hingga jeda.

Baca Juga

Memasuki babak kedua, Timnas Indonesia masih tampil trengginas. Gelontoran gol terjadi, di awali oleh gol Fachruddin Aryanto menit ke-54. Skor jadi 3-0.

Semenit berselang giliran Saddil Ramdani yang menghukuma gawang Nepal. Skor jadi 4-0. Jelang berakhirnya pertandingan, Timnas Indonesia menabang tiga gol lagi.

Masing-masing dari Elkan Baggott menit ke-80, Witan Sulaeman menit ke-81 dan Marselino Ferdinan menit ke-90. Skor 7-0 mengakhir pertandingan.

Timnas Indonesia pun berhak lolos ke putaran final Piala Asia 2023 mendatang, melalui jalur runner-up grup terbaik.

Posisi Skuad Garuda sempat terancam oleh Filipina, sebelum akhirnya menang atas Nepal yang membawa anak asuh Shin Tae-yong merangsek ke klasemen ke-2 runner-up grup terbaik.

Menurut rencana, pertandingan putaran final Piala Asia 2023 akan digelar pada 16 Juni-16 Juli 2023 mendatang.

Awalnya, Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) menetapkan China sebagai tuan rumah pertandingan putaran final Piala Asia 2023.

Tapi, pada 14 Mei 2022, AFC mengumumkan kalau Negeri Tirai bambu tidak akan menggelar even sepak bola se-Asia itu karena Covid-19.

AFC pun membuka kesempatan kepada 24 tim yang lolos ke putaran final Piala Asia 2023 untuk menjadi tuan rumah.

Lantas, siapa calon lawan Timnas Indonesia di putaran final Piala Asia 2023 mendatang? 


1. Calon Lawan Timnas Indonesia

Laga antara Timnas Indonesia vs Nepal di Kualifikasi Piala Asia. Foto: PSSI

Piala Asia 2023 akan cukup meriah dengan diikuti sebanyak 24 negara peserta. 11 di antaranya lolos dari jalur Kualifikasi Piala Asia 2023 dimana Timnas Indonesia adalah salah satunya.

Dari 11 tim tersebut enam negara lolos sebagai jara grup kualifikasi. Mereka adalah Yordania (Grup A), Palestina (Grup B).

Baca Juga

Uzbekistan (Grup C), India (Grup D), Bahrain (Grup E) dan Tajikistan (Grup F). Sedangkan untuk jalur runner-up terbaik, diambil lima tim.

Yakni Kirgizstan(Grup F), Indonesia (Grup A), Malaysia (Grup E), Thailand (Grup C) dan Hong Kong (Grup D). 

Dari tim-tim yang sudah lolos, Timnas Indonesia berpeluang untuk bertemu atau satu grup dengan tim besar langganan Piala Dunia di putaran final Piala Asia 2023 nanti. 

Baca Juga

Tim-tim besar tersebut adalah Jepang, Korea Selatan, Iran, Australia, hingga Arab Saudi.  

Jepang

Jepang adalah negara dengan tradisi sepak bola kuat di kawasan Asia. Bagaimana tidak, tim nasional berjuluk Samurai Biru itu sulit dikalahkan dan kerap lolos ke Piala Dunia.

Baca Juga

Kualitas sepak bola Jepang dibuktikan dengan jadi tim pertama yang lolos ke Piala Asia 2023 pada 28 Mei 2021 lalu. 

Selain itu, Jepang juga cukup sering menjuarai Piala Asia dengan total koleksi empat gelar.

Korea Selatan

Selain Jepang, negara Asia lain yang juga memiliki kualitas tim nasional jempolan adalah Korea Selatan.

Negara Gingseng itu jadi salah satu tim kuat Asia yang sudah langganan tampil di Piala Dunia sejak 2002.

Namun di Piala Asia nasib Korea Selatan tak semulus Jepang, karena mereka baru mengoleksi dua trofi.

Iran

Selain kekuatan sepak bola Asia Barat, ada juga negara-negara dari kawasan Timur Tengah yang bisa jadi ancaman Timnas Indonesia di Piala Asia 2023, salah satunya adalah Iran.

Sejauh ini, Iran menjadi salah satu negara kuat di Piala Asia dengan koleksi tiga gelar. 

Ketiga gelar tersebut dipreolehnya secara beruntun, pada tahun 1968, 1972, 1976.


2. Arab Saudi

Timnas Indonesia vs Jordania di laga kedua Grup A putaran ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023, Minggu (12/06/22).

Selanjutnya ada Arab Saudi. Negara ini juga akan jadi raksasa bagi Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 mendatang. 

Peluang satu grup dengan Arab Saudi cukup besar, mengulang putaran final Piala Asia 2007 lalu dimana Skuad Garuda satu grup dengan negara-negara kuat Korea Selatan, Arab Saudi dan Bahrain.

Arab Saudi sendiri juga cukup kuat di Piala Asia, karena mereka sudah mengoleksi tiga trofi pada tahun 1984, 1988, dan 1996.

Australia

Terakhir ada Australia. Negara yang baru bergabung menjadi anggota AFC tahun 2006 setelah memutuskan keluar dari federasi sepak bola Oceania, menambah semarak negara-negara kuat di Asia.

Meski sudah cukup lama bergabung, namun Australia baru sekali menjadi juarai Piala Asia yakni pada tahun 2015.

Kendati demikian, Australia tetap menjadi ancaman serius bagi tim-tim peserta Piala Asia yang mengincar juara. Mereka juga baru saja memastikan diri lolos ke Piala Dunia 2022.

Timnas IndonesiaPiala Asia 2023TRIVIAShin Tae-yongKualifikasi Piala Asia 2023

Berita Terkini