x

Rapor Buruk Timnas Inggris Dipermalukan Hungaria, Taktik Southgate Jadi Bumerang

Rabu, 15 Juni 2022 19:15 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Timnas Inggris asuhan Gareth Southgate baru saja menelan kekalahan memalukan kontra Hungaria di UEFA Nations League. Foto: REUTERS/Carl Recine.

INDOSPORT.COM - Timnas Inggris asuhan Gareth Southgate baru saja menelan kekalahan memalukan kontra Hungaria di UEFA Nations League.

Tidak tanggung-tanggung, empat gol tanpa balas dilancarkan Hungaria melalui brace Roland Sallai, ditambah satu gol dari Zsolt Nagy dan Daniel Gazdag.

Baca Juga

Hasil ini sekaligus memperpanjang tren buruk Timnas Inggris yang selalu gagal meraih kemenangan di tiga pertandingan terakhir mereka.

Setelah ditekuk Hungaria tipis saja 1-0 pada matchday pertama, Harry Kane cs hanya bermain sama kuat melawan Jerman dan Italia.

Jerman dan Italia memang lawan yang tidak mudah ditaklukkan, membuat perjuangan Timnas Inggris yang sedikit tidak berdaya kala itu cukup mudah ‘termaafkan’.

Baca Juga

Akan tetapi, kekalahan kontra Hungaria bak pukulan telak yang makin mencoreng reputasi The Three Lions sebagai salah satu tim favorit di UEFA Nations League.

Menyusul kegagalan di tiga pertandingan sebelumnya, Gareth Southgate memilih susunan pemain yang berbeda.

Akan tetapi, eksperimen tersebut justru membawa bumerang bagi Timnas Inggris yang pertama kali kebobolan lewat situasi bola mati.

Baca Juga

Umpan tendangan bebas yang dihadapi Dominik Szoboszlai kemudian ditanduk oleh Adam Lang yang kemudian menjadi assist untuk gol Roland Sallai.

Setelahnya, alih-alih bangkit untuk menyamakan kedudukan, skuat The Three Lions malah kebobolan lagi dan lagi hingga kedudukan berubah jadi 4-0 di babak kedua.


1. Taktik Gareth Southgate Jadi Bumerang

Timnas Inggris asuhan Gareth Southgate baru saja menelan kekalahan memalukan kontra Hungaria di UEFA Nations League. Foto: REUTERS/Carl Recine.

Keberhasilan Hungaria yang menjebol gawang Timnas Inggris sampai tiga kali di babak kedua ini pun bak alarm bagi lini pertahanan The Three Lions yang terlihat rapuh.

Bahkan, situasi semakin diperparah dengan kartu merah yang dihadiahkan kepada John Stones jelang akhir pertandingan.

Baca Juga

Gareth Southgate sebagai manajer pun tidak ingin lari dari tanggung jawab. Memilih dan menurunkan pemain adalah keputusannya, yang tentu bisa berbuah konsekuensi apa saja.

“Kami memilih tim muda yang memiliki energi, dan ketika permainan tidak berpihak kepada mereka, ya terjadilah seperti itu,” ucap Gareth Southgate seperti dikutip dari Sky Sports.

“Saya berkata kepada tim, empat pertandingan ini adalah tanggung jawab saya. Kita tidak bisa terus-terusan memeras pemain yang sudah berpengalaman,” tambahnya lagi.

Baca Juga

Keputusan Gareth Southgate ‘mencoba’ para pemain mudanya ini memang berbuah hasil pahit yang mengecewakan.

Akan tetapi di balik itu semua, ia selaku juru taktik percaya bahwa segala hal maupun gebrakan pasti butuh waktu untuk beprogres.

Inilah yang menurutnya ia lihat dari para pemain muda The Three Lions saat ini.

Baca Juga

Karena mau tidak mau, regenerasi harus terus dilakukan agar skuat tidak usang dimakan waktu tanpa pengganti.

“Ini adalah pengalaman penting bagi para pemain di pertandingan-pertandingan seperti ini. Kami pun sudah belajar banyak dari partai melawan Jerman dan Italia,” jelasnya.

 

2. Rapor Pemain Timnas Inggris

Timnas Inggris asuhan Gareth Southgate baru saja menelan kekalahan memalukan kontra Hungaria di UEFA Nations League. Foto: REUTERS/Carl Recine.

Terlepas dari rencana Gareth Southgate menyusun skuat masa depan penerus Harry Kane dkk, plus Hungaria yang bermain bagus, ada seabrek pemain Timnas Inggris yang memang tampil buruk tadi malam.

Jika harus dinilai menggunakan angka, mungkin tidak banyak dari mereka yang berhasil lolos dari nilai merah di rapor.

Baca Juga

Siapa saja? Berikut beberapa di antaranya.

Kalvin Phillips

Cukup laris manis di bursa transfer ternyata tidak menjamin penampilan Kalvin Phillips selalu moncer ketika bermain di timnya.

Dan, hal itu terbukti di laga Inggris vs Hungaria. Ia melakukan pelanggaran yang tidak perlu, mudah lelah, dan operan-operannya pun buruk.

Baca Juga

Di sisi lain, ia juga memberi terlalu banyak ruang bagi Roland Sallai hingg berhasil mencetak gol pertama bagi Hungaria.

John Stones

Ditaklukkan dan kehilangan pemain lawan yang berbuntut gol untuk Hungaria. Sebagai salah satu pemain paling senior di skuat, ia tidak mampu menunjukkan sisi kepemimpinan yang mumpuni di laga semalam.

Pertama melanggar Adam Szalai dengan sikutnya, kemudian sekali lagi melakukan pelanggaran yang berujung kartu merah dan pengusiran keluar lapangan.

Baca Juga

Jarrod Bowen

Banyak menyia-nyiakan peluang sundulan saat awal-awal pertandingan. Sampai akhirnya, ia ditarik keluar dan digantikan Raheem Sterling saat turun minum.

Aaron Ramsdale

Mendapat kepercayaan Gareth Southgate sebagai starter namun belum bisa membayarnya dengan tuntas. Bahkan, ia kebobolan sampai empat gol dari lima tembakan on target Hungaria.

Gareth SouthgateTimnas InggrisBola InternasionalOne Football

Berita Terkini