x

5 Pemain Timnas Indonesia yang Pernah Mencetak Gol di Piala Asia: Ada Bepe dan 'Si Ular Piton'

Kamis, 16 Juni 2022 16:05 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Dua striker legendaris Timnas Indonesia, Budi Sudarsono dan Bambang Pamungkas.

INDOSPORT.COM - Berikut lima mantan pemain Timnas Indonesia yang pernah mencetak gol di Piala Asia, termasuk Bambang Pamungkas dan striker berjulukan Si Ular Piton.

Seperti diketahui, para penikmat sepak bola tanah air baru saja dikejutkan dengan keberhasilan Timnas Indonesia lolos ke ajang bergengsi Piala Asia 2023 mendatang.

Baca Juga

Hal itu setelah tim besutan Shin Tae-yong meraih kemenangan telak dengan skor 7-0 atas Nepal di Stadion Jaber Al-Ahmad International, Kuwait pada Rabu (15/06/22) lalu.

Hasil positif tersebut membuat Timnas Indonesia finis di posisi kedua Grup A babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023. Mereka lolos ke putaran final dengan menjadi salah satu dari lima runner up terbaik.

Baca Juga

Sebelumnya, Timnas Indonesia juga pernah empat kali berlaga di Piala Asia, yakni saat edisi 1996, 2000, 2004 dan 2007 silam.

Di ajang Piala Asia 2023 mendatang, perjuangan Shin Tae-yong tidak akan mudah. Mereka berpeluang tergabung ke dalam grup Neraka bersama Korea Selatan hingga Jepang

Hal ini disebabkan karena Timnas Indonesia bakal berada di Pot 4, setelah menjadi satu-satunya peserta dengan ranking FIFA terendah.

Baca Juga

Meski begitu, tidak ada yang tidak mungkin di dalam sepak bola. Ada beberapa pemain legenda Skuat Garuda yang pernah membuat kejutan dengan mencetak gol di ajang Piala Asia.

Berikut INDOSPORT telah merangkum lima mantan pemain Timnas Indonesia yang pernah mencetak gol di Piala Asia:


1. Widodo C. Putro (Piala Asia 1996)

Widodo C. Putro dan Bambang Pamungkas saat ikut Trofeo Silaturahmi Jakarta di JIS. Foto: Persija

Di Piala Asia 1996 silam, Timnas Indonesia minus Kurniawan Dwi Yulianto. Akan tetapi, Danurwindo kemudian mempercayakan lini serang kepada duet maut Widodo C. Putro dan Ronny Wabia.

Kedua pemain ini tampil luar biasa dan gol spektakuler mereka di Piala Asia 1996 masih dikenang hinga sekarang. Saat itu turnamen digelar di Uni Emirat Arab (UEA).

Baca Juga

Widodo Cahyono Putro sempat mencetak gol indah di menit ke-20 saat melawan Kuwait. Umpan silang dari Ronny Wabia langsung disambut tendangan saltu dari legenda Timnas Indonesia yang kini membesut Bhayangkara FC itu.

Gol salto Widodo C. Putro sempat terpilih sebagai gol terbaik versi Federasi Sepak Bola Asia (AFC) dalam ajang AFC Bracket Challenge pada 2020 lalu lewat voting suporter.

Baca Juga

Ronny Wabia (Piala Asia 1996)

Setelah Widodo C. Putro mencetak gol, Ronny Wabia yang menjadi rekan duetnya tidak mau kalah. Ia yang sebelumnya memberikan umpan manis sukses menggandakan keunggulan Timnas Indonesia atas Kuwait di menit ke-20.

Namun sayang, Timnas Indonesia harus gigit jari karena Kuwait mampu mengejar ketertinggalan dan pertandingan harus berakhir imbang 2-2.

Baca Juga

Tidak hanya Kuwait, Korea Selatan era Shin Tae-yong juga pernah menjadi korban duet maut Widodo Cahyono Putro dan Ronny Wabia.

Namun sayang Timnas Indonesia harus takluk 2-4 dari Korea Selatan meski sempat memperkeil kedudukan lewat gol Ronny Wabia dan Widodo Cahyono Putro.


2. Elie Aiboy (Piala Asia 2004 dan 2007)

Elie Aiboy, saat berseragam Persija Jakarta.

Elie Aiboy merupakan pemain yang mendapat julukan sebagai legenda klub Malaysia, Selangor FC. Pemain yang berposisi sebagai winger ini menjadi andalan Timnas Indonesia di Piala 2004 dan 2007 silam.

Gol pertama Elie Aiboy di Piala Asia terjadi saat edisi 2004 silam. Dalam pertandingan melawan Bahrain, ia sukses mencetak satu gol, tapi Timnas Indonesia harus menelan kekalahan 1-3.

Baca Juga

Gol keduanya didapat saat Timnas Indonesia menjadi tuan rumah Piala Asia 2007. Dalam pertandingan kontra Arab Saudi, Elie Aiboy menyumbang satu gol, tapi Skuat Garuda harus kalah dengan skor 1-2.

Budi Sudarsono (Piala Asia 2004 dan 2007)

Sama seperti Elie Aiboy, striker yang mendapatkan julukan Si Ular Piton ini juga sukses mencetak gol di ajang Piala Asia 2004 dan 2007 silam.

Baca Juga

Gol pertama Budi Sudarsono dicetak saat Timnas Indonesia bersua Qata di penyisihan Grup A Piala Asia 2004. Ia menyumbang satu gol dan mampu membawa Garuda menang dengan skor menang 2-1.

Sayangnya, Timnas Indonesia gagal lolos ke fase gugur setelah menempati posisi ketiga dibawah Bahrain dan China.

Pada Piala Asia 2007, Budi Sudarsono kembali menjadi andalan di lini depan. Ia sukses mencetak gol ke gawang Bahrain dan membawa Timnas Indonesia menang 2-1 di babak penyisihan.


3. Bambang Pamungkas (Piala Asia 2007)

Bambang Pamungkas saat membela Timnas Indonesia.

Nama Bambang Pamungkas sudah tidak asing bagi pecinta sepak bola Indonesia. Ia berstatus sebagai striker legendaris Timnas Indonesia dan Persija Jakarta.

Bambang Pamungkas tercatat pernah mencetak satu gol di ajang Piala Asia 2007 silam. Gol ini dicetak saat Timnas Indonesia meraih kemenangan 2-1 atas Bahrain.

Namun sayang, Timnas Indonesia yang berstatus sebagai tuan rumah gagal lolos ke fase gugur karena hanya finis di urutan ketiga klasemen. Mereka hanya mengantongi satu poin setelah kalah dari Korea Selatan dan Arab Saudi.

Baca Juga
Bambang PamungkasWidodo C. PutroTimnas IndonesiaBudi SudarsonoElie AiboyPiala Asia

Berita Terkini