x

Ukir Sejarah di Timnas Indonesia, Begini Respons Berkelas Wonderkid Persebaya

Jumat, 17 Juni 2022 16:55 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
Gelandang Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan di laga uji coba melawan Timor Leste dalam pertandingan di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Kamis (27/01/22). Foto : Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Gelandang Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan, mencatatkan sejarah di Kualifikasi Piala Asia 2023. Dia jadi pemain termuda yang bisa cetak gol di ajang tersebut. 

Gol Marselino lesakan ke gawang Nepal di laga terakhir Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023, dua hari lalu. Gol itu dibuatnya di usia 17 tahun. 

Baca Juga

Oleh sebab itu, pemain milik Persebaya Surabaya tersebut sangat bahagia. Dia juga tak lupa berterima kasih ke pemain lain yang telah membantunya dan juga pelatih Shin Tae-yong yang begitu percaya padanya. 

"Bersyukur dan bangga bisa cetak gol di sana. Terlepas dari itu, terima kasih buat kerja keras pemain lain dan pelatih yang kasih kesempatan buat saya," ujar Marselino. 

Selama Kualifikasi Piala Asia 2023, Marselino selalu bermain di tiga pertandingan saat lawan Kuwait, Yordania dan Nepal. Dia dimasukan pada babak kedua, menggantikan pemain senior lain.

Baca Juga

Selepas Kualifikasi Piala Asia 2023, Marselino dipastikan tetap sibuk di Timnas Indonesia. Dia berpeluang besar dipanggil ikut Piala AFF U-19 bulan depan, lalu Kualifikasi Piala Asia U-20, FIFA match day (senior) hingga Piala Dunia U-20 tahun depan, termasuk Piala Asia. 

"Saya siap selalu, tergantung apakah dipanggil atau tidak sama pelatih," ujar Marselino. 

Walau masih berusia sangat muda, Marselino Ferdinan sudah menunjukkan tajinya di sepak bola nasional. Bersama Persebaya, dia catatkan 4 gol dari 23 penampilan di Liga 1 2021/22.

Adik Oktafianus Fernando itu juga dinobatkan sebagai pemain muda terbaik Liga 1 2021. Performa apik Marselino membuat pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memanggilnya ke timnas U-19, U-23 dan senior. Debutnya di senior terjadi saat lawan Bangladesh.

Baca Juga

Penampilan sangar Marselino bersama Timnas Indonesia dan Persebaya mulai menarik perhatian klub luar. Ibu sang pemain, Ani membocorkan ada klub luar yang sudah ajukan penawaran.

Tetapi, hal tersebut diserahkan ke agensi Marselino karena gelandang muda itu belum genap 18 tahun atau belum penuhi syarat untuk proses transfer. Rumor yang berembus, Marselino Ferdinan diincar klub dari tiga negara Eropa yakni Portugal, Hungaria, dan Republik Ceko.


1. Pernyataan Shin Tae-yong

Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong bersama Fachruddin Aryanto saat konferensi pers di Trans Hotel, Kota Bandung, Selasa (31/05/22), menjelang FIFA Matchday, Rabu (01/06/22).

Pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong berhasil membawa Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023. Dia lantas memberikan peringatan keras ke para pemain.

Shin Tae-yong jadi pelatih pertama sejak 2004 (tidak dihitung mulai 2007 karena saat itu Indonesia dapat jatah tuan rumah) yang bisa bawa skuad Garuda ke babak utama Piala Asia.

Baca Juga

Timnas Indonesia melaju ke Piala Asia 2023 setelah jadi satu diantara lima runner-up terbaik di babak kualifikasi. Tim asuhan Shin Tae-yong itu menempati peringkat kedua Grup A, dengan mengoleksi enam poin.

Penampilan di Piala Asia tahun depan merupakan yang kelima bagi tim Merah Putih. Sebelumnya, Indonesia sudah empat kali lolos yakni 1996, 2000, 2004 dan 2007. 

Menyoal kesuksesan bawa Indonesia ke Piala Asia 2023, Shin Tae-yong mengucapkan terima kasih atas kerja keras pemain dan semua pihak yang terlibat, baik langsung maupun tidak.

Baca Juga

"Pertama-tama sangat terima kasih kepada para pemain  yang bekerja keras sehingga bisa lolos ke Piala Asia kali ini," kata Shin Tae-yong saat tiba di Bandara Soetta, Kamis (16/06/22). 

"Terima kasih juga atas dukungan PSSI dan teman-teman suporter, juga yang menjemput di sini," imbuhnya.

Meski sudah wujudkan keinginan masyarakat Indonesia yang rindu melihat Timnas Indonesia di Piala Asia, Shin Tae-yong tetap berikan peringatan buat para pemain.

Baca Juga

Mereka tidak boleh terlalu lama larut dalam euforia, tidak boleh cepat puas dan harus meningkatkan kualitas individu.

"Tapi kami tidak hanya puas di sini saja, kedepannya kami akan bekerja lebih keras di Piala Asia nanti," ujar pelatih 52 tahun itu. 


2. Kans Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

Laga antara Timnas Indonesia vs Nepal di Kualifikasi Piala Asia. Foto: PSSI

Timnas Indonesia akan bermain di Piala Asia 2023. Skuat Garuda lolos ke putaran final berkat label salah satu dari lima runner-up terbaik kualifikasi. 

Dengan kelolosan ke Piala Asia tahun depan, Indonesia berpeluang mengajukan diri sebagai tuan rumah. AFC telah membuka kesempatan kepada 24 peserta untuk maju.

Kesempatan itu disambut baik manajer timnas, Sumardji. Dia menilai akan lebih menguntungkan andaikan Indonesia menjadi tuan rumah dan bermain di hadapan pendukung sendiri. 

Namun tentu harus didiskusikan terlebih dulu dengan PSSI. Pasalnya, Indonesia juga menjadi tuan rumah event besar di 2023, yakni Piala Dunia U-20.

"Ya, itu nanti dilihat (jadi tuan rumah),  harus ikut perkembangan. Saya mendapat informasi Jepang juga mengajukan tuan rumah," kata Sumardji.

"Kalau harapan kita, akan lebih baik kalau misalkan Piala Asia 2023 tuan rumahnya Indonesia, harapannya itu," imbuh petinggi Bhayangkara FC tersebut. 

Baca Selengkapnya: Manajer Timnas Bocorkan Kans Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

Timnas IndonesiaLiga IndonesiaPiala AsiaMarselino FerdinanBerita Timnas IndonesiaKualifikasi Piala Asia 2023

Berita Terkini