x

3 Pemain Asing Top di Liga 1 Musim Lalu yang Tengah Menganggur, Siapa Berminat?

Senin, 20 Juni 2022 11:20 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Berikut deretan pemain asing top di Liga 1 musim lalu yang kini berstatus pengangguran karena tengah tak memiliki klub. Adakah klub Indonesia yang mau meminangnya?

INDOSPORT.COM – Berikut deretan pemain asing top di Liga 1 musim lalu yang kini berstatus pengangguran karena tengah tak memiliki klub. Adakah klub Indonesia yang mau meminangnya?

Saat ini, sepak bola Indonesia tengah disibukkan dengan turnamen pramusim bertajuk Piala Presiden 2022 yang diikuti oleh kontestan Liga 1 musim depan.

Baca Juga

Hadirnya turnamen ini dimaksudkan agar setiap klub bisa mempersiapkan diri untuk mengarungi kompetisi resmi Liga 1 yang rencananya bergulir pada Juli 2022.

Tak hanya menjadi ajang persiapan tim, ajang Piala Presiden 2022 ini juga dipakai oleh beberapa tim untuk menyeleksi para pemain.

Pemain yang diseleksi tak hanya pemain lokal, melainkan juga para pemain asing yang tengah menjalani trial sejauh ini.

Baca Juga

Sebagai contoh ada Persija Jakarta yang di Piala Presiden 2022 menurunkan pemain trialnya asal Jepang, yakni Norito Hashiguchi, Ryohe Miyazaki, dan Daisuke Kobayashi.

Ketiganya akan diseleksi, sekaligus dilihat performanya saat bermain di bawah arahan Thomas Doll di Piala Presiden 2022.

Sejatinya, klub-klub Liga 1 tak perlu repot-repot melakukan seleksi atau memberikan trial ke pemain asing baru di Piala Presiden 2022.

Baca Juga

Apalagi mengingat terdapat beberapa pemain asing top Liga 1 musim lalu yang hingga saat ini masih menganggur alias tak punya klub.

Lantas, siapa saja para pemain asing top di Liga 1 musim lalu yang mengganggur itu? Berikut daftarnya.


1. 1. Marko Simic

Marko Simic melakukan selebrasi melawan Persib Bandung

Pemain asing top di Liga 1 musim lalu yang saat ini menganggur salah satunya adalah mantan penyerang Persija Jakarta, Marko Simic.

Pemain berkebangsaan Kroasia ini menganggur usai berpisah dengan Persija. Perpisahan ini sendiri menuai kontroversi di sepak bola Tanah Air.

Baca Juga

Mantan top skor Liga 1 2019 lalu itu mengklaim haknya belum dibayarkan Persija. Sedangkan dari kubu Macan Kemayoran membantahnya.

Usai ribut-ribut tersebut, Marko Simic santer dikabarkan akan bergabung tim promosi, Persis Solo. Tak cukup sampai di situ, ia juga dikaitkan dengan PSM Makassar.

Namun hingga saat ini belum ada kelanjutan kabar tersebut. Alhasil, karib Ivan Perisic dan Dejan Lovren itu harus menganggur.

Baca Juga

Padahal, Marko Simic merupakan penyerang top kenamaan di Liga 1 sejak 2018 silam. Total 61 gol telah dicetaknya di ajang tersebut.

Selain itu, Markos Simic juga punya catatan manis dengan membawa Persija meraih gelar bergengsi seperti Liga 1, Piala Presiden dan Piala Menpora.


2. 2. Mohammed Rashid

Gelandang Persib, Mohammed Rashid di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung.

Bergeser ke Jawa Barat, ada mantan penggawa Persib Bandung, Mohammed Rashid yang tengah menganggur dan tak memiliki klub saat ini.

Pemain berusia 26 tahun ini kini berstatus tanpa klub usai kontraknya tak diperpanjang oleh Persib. Ia dilepas karena tak adanya kesepakatan.

Baca Juga

Kesepakatan yang dimaksud adalah mengenai permintaan pemain asal Palestina itu ke manajemen Persib. Sayangnya permintaan itu tak diterima oleh manajemen Si Pangeran Biru.

Alhasil, Mohammed Rashid pun harus mengucapkan selamat tinggal ke Persib dan para pendukungnya. Hal ini disesalinya karena ia menganggap memiliki rumah baru.

Dengan status menganggur saat ini, klub-klub Liga 1 bisa saja mencoba mendatangkannya. Apalagi musim lalu Mohammed Rashid tampil apik dan masih berusia cukup muda.

Baca Juga

Namun, beredar rumor bahwa penggawa Timnas Palestina itu tengah dirumorkan akan bergabung salah satu klub Liga Mesir.

Meski demikian, bukan tidak mungkin Mohammed Rashid memilih berkiprah di Indonesia kembali asalkan klub Liga 1 mau memenuhi permintaannya yang tak bisa dipenuhi Persib.


3. 3. Wallace Costa

Selebrasi pemain PSIS Semarang, Wallace Costa usai mencetak gol ke gawang Tira-Persikabo di BRI Liga 1. Foto: Nofik Lukman Hakim/Indosport.com

Bergeser ke posisi bek, ada nama Wallace Costa yang juga tengah menganggur usai dilepas PSIS Semarang pasca gelaran Liga 1 2021-2022.

Pemain asal Brasil ini sejatinya merupakan palang pintu andalan PSIS. Bahkan dirinya menjabat sebagai kapten tim berjuluk Laskar Mahesa Jenar itu.

Baca Juga

Di Liga 1 musim 2021-2022 lalu, pemain berusia 34 tahun ini tampil reguler bagi PSIS dengan total penampilan sebanyak 28 laga.

Meski berposisi sebagai bek, Wallace Costa punya catatan menarik saat menyerang, di mana ia mampu melesakkan enam gol di Liga 1 2021-2022.

Kini Wallace Costa harus merasakan dirinya berstatus tanpa klub usai dilepas PSIS. Adapun alasannya dilepas karena Laskar Mahesa Jenar ingin melakukan penyegaran.

Baca Juga

Kabar pelepasan Wallace Costa sendiri membuat pendukung PSIS kaget bukan main. Apalagi, dengan catatannya dan kiprahnya yang apik sejauh ini.

Di usia yang kini 34 tahun, mantan bek Persela Lamongan ini bisa saja menjadi opsi bagi klub Liga 1 yang membutuhkan bek asing berpengalaman dan tangguh untuk musim depan.

Persib BandungPersija JakartaPSIS SemarangLiga IndonesiaLiga 1Marko SimicWallace CostaSepak BolaMohammed RashidPiala Presiden 2022

Berita Terkini