x

Piala Presiden 2022: Persib Dihantam Badai Cedera Jelang Lawan Bhayangkara FC

Selasa, 21 Juni 2022 09:35 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Bek Persib, Achmad Jufriyanto (kiri) saat konferensi pers di Graha Persib, Jalan Sulanjana Kota Bandung, Senin (20/06/22). Foto: Arif Rahman/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Persib Bandung bakal kehilangan beberapa pemain andalannya, saat menghadapi Bhayangkara FC pada laga pamungkas Grup C Turnamen Pramusim Piala Presiden 2022 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Selasa (21/06/22).

Pasalnya, pada pertandingan tersebut skuat Maung Bandung dihantam badai cedera dan tidak dapat menurunkan beberapa pemain andalannya, karena mengalami cedera yang cukup serius dan harus menjalani pemulihan cukup lama.

Baca Juga

Pemain yang mengalami cedera tersebut diantaranya, Victor Igbonefo yang mengalami cedera patah tulang pipi dan harus menjalani operasi. Kemudian Ciro Alves, yang juga mengalami patah tulang di bagian bahu kirinya.

"Ini menjadi tantangan bagi kami karena Victor mengalami cedera panjang dan mendoakannya untuk bisa segera pulih," kata Robert Alberts saat konferensi pers di Graha Persib Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Senin (20/06/22).

"Lalu Ciro juga mengalami cedera, fraktur di bahu kirinya dan itu butuh waktu pemulihan sekitar empat hingga enam pekan," ucap Robert Alberts menambahkan.

Baca Juga

Selain kedua pemain tersebut, sebelumnya sudah ada pemain andalan Persib yang harus absen lantaran mengalami cedera patah tulang, yakni Teja Paku Alam.

Penjaga gawang andalan Persib tersebut, mengalami cedera patah tulang jari tangannya saat berlatih di Stadion Persib, sehingga Teja Paku Alam harus menjalani operasi dan absen di Turnamen Pramusim Piala Presiden 2022.

Sebagai gantinya, pada dua pertandingan Turnamen Pramusim Piala Presiden 2022, Robert Alberts menurunkan dua penjaga gawang berbeda yakni I Made Wirawan di laga perdana dan Fitrul Dwi Rustapa pada pertandingan kedua Grup C.

Baca Juga

"Teja juga sudah lebih dulu mengalami cedera, jadi kami kehilangan tiga pemain kunci," ucap Robert Alberts.

Mantan pelatih PSM Makassar ini menambahkan, selain tiga pemain yang mengalami patah tulang, pada pertandingan menghadapi Bhayangkara FC, skuat Maung Bandung tidak akan menurunkan bek asingnya, Nick Kuipers.


1. Nick Kuipers Juga Absen

Pelatih Persib, Robert Rene Alberts, saat konferensi pers di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Kamis (16/06/22), saat konferensi pers jelang lawan Persib Bandung. Foto: Arif Rahman/Indosport.com

Menurut Robert Alberts, bek asal Belanda itu mengalami cedera di bagian lututnya, usai pertandingan menghadapi Persebaya Surabaya di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Jumat (17/06/22).

"Selain itu ada pemain lain yang dipastikan tidak menjadi starter adalah Nick, dia masih menderita cedera di lututnya," ungkap Robert Alberts.

Baca Juga

Robert Alberts menuturkan, Nick Kuipers sebenarnya masih bisa untuk diturunkan pada pertandingan ketiga Grup C, meski begitu dia enggan mengambil resiko, karena laga menghadapi Bhayangkara FC masih dalam Turnamen Pramusim.

Sehingga, pada pertandingan menghadapi Bhayangkara FC, Robert Alberts memutuskan untuk mengistirahatkan pemain yang turut menyumbang satu gol ke gawang Persebaya tersebut.

"Bukan cedera yang parah tapi kami tidak ingin mengambil resiko. Dia bisa bermain tapi kami tidak mau memaksakannya untuk bermain pada pertandingan ini. Tapi kami tetap menatap ke depan untuk bisa menjuarai grup ini," tegas Robert Alberts.

Baca Juga

Sementara itu, Persib Bandung dan Bhayangkara FC memiliki nilai yang sama yakni empat poin, hanya saja skuat Maung Bandung unggul dalam produktivitas gol.

Bhayangkara FC di laga sebelumnya hanya unggul 2-1 atas Bali United. Selain itu, dipertandingan perdana Grup C tim besutan pelatih Widodo Cahyono Putro ini hanya bermain imbang dengan Persebaya Surabaya 1-1.

Sedangkan Persib, saat berhadapan dengan Bali United bermain imbang 1-1 dan di pertandingan kedua Grup C mengahadapi Persebaya Surabaya, skuat Maung Bandung meraih kemenangan dengan skor 3-1.

Baca Juga

Hasil imbang pada pertandingan tersebut, sudah cukup bagi kedua kesebelasan untuk melangkah ke babak selanjutnya.

Namun, baik Persib dan Bhayangkara FC pasti bakal berusaha menampilkan permainan terbaiknya dan meraih poin penuh


2. Bobotoh Takkan Tonton Bhayangkara FC vs Persib

Bobotoh menggelar aksi di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Minggu (19/06/22) malam. Foto: Arif Rahman/INDOSPORT

Ratusan Bobotoh menggelar aksi di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Minggu (19/6/22) malam. Kedatangan mereka tak lepas dari insiden yang terjadi di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Jumat (17/6/22).

Bobotoh datang ke Graha Persib sekitar pukul 20.00 WIB dengan berjalan kaki. Mereka membentangkan spanduk besar bertuliskan kalimat "Bobotoh Berduka" dan menyalakan lilin di parkiran gedung.

Menurut salah seorang Bobotoh yang mengikuti aksi, Tobias Ginanjar, kegiatan tersebut sebagai bentuk belasungkawa atas meninggalnya dua orang Bobotoh, Ahmad Solihin asal dan Sopiana Yusuf.

Selain itu, pihaknya juga menyayangkan insiden maut yang terjadi di pertandingan kedua Grup C Piala Presiden 2022 yang antara Persebaya Surabaya kontra Persib Bandung.

"Aksi ini sebagai bentuk belasungkawa atas dua Bobotoh yang meninggal kemarin. Kami sangat menyesalkan, karena memang kejadian itu tak akan terjadi jika semua pihak menjalankan prosedur dan kesiapan dengan baik dan benar," ucap Tobi saat ditemui di Graha Persib.

Baca selengkapnya: Gelar Aksi, Bobotoh Janji Tak Akan Nonton Laga Persib vs Bhayangkara FC

Persib BandungRobert Rene AlbertsLiga IndonesiaBhayangkara FCPiala Presiden 2022

Berita Terkini