x

5 Kiper Termahal di Piala Presiden 2022: Harga Nadeo Argawinata Masih Kalah dari Sosok Ini

Rabu, 22 Juni 2022 17:17 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Adilson Maringa (Arema) dan Nadeo Argawinata (Bali United) berpelukan sesuai laga Liga 1 (Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Berikut lima kiper termahal di turnamen pramusim Liga 1 2022-2023 atau Piala Presiden 2022, termasuk ada nama penjaga gawang Bali United, Nadeo Argawinata.

Sebagaimana diketahui, Piala Presiden 2022 sudah memasuki tahap akhir babak penyisihan grup. Sudah ada empat tim yang dipastikan lolos ke perempar final yakni Persib Bandung, Bhayangkara FC, Arema FC dan PSM Makassar.

Baca Juga

Persib Bandung lolos sebagai juara Grup C kemudian disusul Bhayangkara FC di urutan kedua. Arema FC sendiri menjadi juara Grup D dan PSM Makassar lolos ke perempat final sebagai runner up.

Kini persaingan sengit sedang dijalani 10 klub yang menghuni Grup A dan B. Persija Jakarta yang baru main sekali akan bersua RANS Nusantara FC di laga kedua Grup B pada Rabu (22/06/22) malam WIB.

Baca Juga

Selain pemain belakang hingga depan, peran seorang kiper juga sangat penting untuk menentukan keberhasilan sebuah tim di Piala Presiden kali ini.

Berikut INDOSPORT telah merangkum lima kiper yang memiliki harga termahal di Piala Presiden 2022:

1. Awan Setho

Kiper berusia 25 tahun ini tampil cukup apik di bawah mistar gawang Bhayangkara FC. Di Piala Presiden 2022, ia selalu menjadi pilihan utama pelatih Widodo Cahyono Putro.

Awan Setho tercatat baru kebobolan tiga kali dalam tiga pertandingan di ajang pramusim ini. Ketangguhannya di bawah mistar membuat Bhayangkara FC mampu mendapatkan tiket lolos ke perempat final.

Baca Juga

Dilansir dari situs Transfermarkt, Awan Setho memiliki nilai jual sebesar Rp3,91 miliar. Sebenarnya harga ini sama dengan kiper Persib Bandung, Teja Paku Alam.

Hanya saja, Teja Paku Alam absen di Piala Presiden 2022 karena masih menjalani penyembuhan karena cedera patah tulang pada bagian tangan kirinya.


1. 2. Muhammad Riyandi

Kiper Persis Solo, Muhammad Riyandi.

Kiper berlabel Timnas Indonesia yakni Muhammad Riyandi merupakan penjaga gawang baru tim promosi, Persis Solo. Musim lalu, ia merupakan andalan Barito Putera di bawah mistar.

Di Piala Presiden 2022, Muhammad Riyandi langsung menjadi andalan pelatih Persis Solo, Jacksen F Tiago. Ia sempat melakukan clean sheet saat Laskar Sambernyawa bersua PSS Sleman yang berkesudahan 0-0 di laga perdana.

Baca Juga

Akan tetapi, di laga kedua saat Persis menantang PSIS Semarang, Muhammad Riyandi harus dua kali memungut bola dari gawangnya. Laga ini akhirnya dimenangkan Mahesa Jenar dengan skor 2-1.

Dilansir dari situs Transfermarkt, Muhammad Riyandi memiliki harga jual yang terbilang besar yakni mencapai Rp4,35 miliar.

Baca Juga

3. Andritany Ardhiyasa

Kiper termahal selanjutnya setelah Muhammad Riyandi yakni Andritany Ardhiyasa. Penjaga gawang andalan Persija Jakarta ini memiliki nilai jual sebesar Rp5,21 miliar.

Baca Juga

Nama Andritany Ardhiyasa sebenarnya terdaftar di Piala Presiden 2022. Hanya saja di laga perdana, Thomas Doll lebih memilih mencoba kiper muda bernama Adre Arido Giovani.

Pemain kelahiran 13 Agustus 2004 silam ini harus dua kali memungut bola dari gawang saat Persija Jakarta takluk 0-2 dari Barito Putera.


2. 4. Nadeo Argawinata

Adilson Maringa (Arema FC) dan Nadeo Argawinata (Bali United) berpelukan sesuai laga Liga 1 (Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT)

Nadeo Argawinata merupakan kiper Bali United yang juga menjadi kesayangan pelatih Timnas Indonesia yaitu Shin Tae-yong. Ia sempat tampil luar biasa di Kualifikasi Piala Asia 2023 beberapa waktu lalu.

Di Piala Presiden 2022, namanya sebenarnya ikut didaftarkan oleh Stefano Cugurra Teco. Namun ia harus absen di laga perdana saat bersua Persib Bandung pada 12 Juni lalu karena masih membela Timnas Indonesia.

Kemudian di laga kedua dan terakhir saat Bali United bersua Bhayangkara FC dan Persebaya Surabaya, Nadeo Argawinata harus duduk dibangku cadangan.

Sepertinya Teco tidak ingin mengambil resiko karena Bali United akan segera menghadapi kompetisi Piala AFC yang digelar pada akhir Juni 2022 mendatang.

Dilansir dari situs transfermarkt, harga jual Nadeo ternyata sama besarnya dengan Andritany Ardhiyasa yakni Rp5,21 miliar.

5. Adilson Maringa

Keberhasilan Arema FC lolos ke perempat final Piala Presiden 2022 tidak lain karena kehebatan Adilson Maringa di bawah mistar.

Adilson Maringa selalu menjadi andalan Singo Edan dalam tiga pertandingan fase Grup D dan hanya kebobolan satu kali saat kalah 0-1 dari PSM Makassar.

Namun kiper asing asal Brasil itu tidak bisa bahagia seusai membawa Arema FC menjadi juara Grup D. Hal itu lantaran dirinya mendapat kabar duka setelah sang pacar meninggal dunia seusai koma di Brasil.

Bila melihat dari situs Transfermarkt, Adilson Maringa menjadi kiper paling mahal di Liga 1. Ia memiliki harga jual sebesar Rp5,65 miliar.

Baca Juga
KiperAndritany ArdhiyasaNadeo ArgawinataTeja Paku AlamAwan Setho RaharjoMuhammad RiyandiAdilson MaringaPiala Presiden 2022

Berita Terkini