x

Termasuk Harry Maguire, Inilah 8 Pembelian Bek Terburuk di Liga Inggris

Minggu, 26 Juni 2022 00:22 WIB
Penulis: Yudha Riefwan Najib | Editor: Juni Adi
Pemain Manchester United, Harry Maguire.

INDOSPORT.COM - Selama bertahun-tahun, tim di Liga Inggris banyak mendatangkan bek ternama dengan harga yang tidak murah. Salah satunya Harry Maguire, bek dari Mancheter United

Pembelian tersebut dimaksudkan untuk memperkuat pertahanan tim, atau memperdalam skuad demi bisa meraih gelar sebanyak mungkin, termausk Liga Inggris.

Baca Juga

Tapi tidak bisa dipungkiri bahwa dalam pembelian para pemain tersebut, terutama bek tidak selamanya berakhir dengan kesuksesan.

Ada beberapa pemain yang mampu tampil apik di tim sebelumnya. Namun setelah pindah tim dengan status transfer, para pemain tersebut malah tampil jelek.

Baca Juga

Tentunya banyak faktor yang mempengaruhi menurunnya performa pemain tersebut. Mulai dari proses latihan yang dijalani, tekanan yang dihadapi, bahkan sampai ke cedera yang dialami.

Berikut adalah berapa pembelian pemain, terutama bek yang bisa dikatakan gagal yang dilakukan oleh tim-tim top di Liga Inggris.

1. Harry Maguire

Pemain kelahiran Sheffield ini tampil apik bersama Leicester City. Di musim 2018/19 dirinya mampu menyumbangkan tiga gol dari 31 pertandingan yang dijalani.

Sementara ketika datang ke Manchester United dengan biaya transfer 87 juta euro, Maguire hanya mampu menyumbangkan satu gol dari 30 pertandingan yang dijalani.

Walaupun dirinya berposisi sebagai bek tengah, produktivitasnya dalam mencetak gol menurun. Selain itu ketika melakukan pertahanan, Harry Maguire sering melakukan blunder.

Setelah pemain yang memiliki tinggi 1,94m itu pindah ke The Red Devils, dan sering melakukan kesalahan hingga tampil buruk, dirinya banyak mendapatkan ancaman dari suporter, salah satunya dibom.

2. Benjamin Mendy

Pemain asal Prancis ini didatangkan dari AS Moncao ke Manchester City dengan biaya transfer sebesar 57,5 juta euro.

Ketika memperkuat As Monaco dirinya mampu menyumbangkan 11 assist dan satu gol dari total 39 pertandingan yang dijalani bersama Les Rouge et Blanc dalam semua ajang.

Sementara ketika datang ke Manchester City dirinya malah sering duduk di bangku cadangan, karena keseringan cidera. Bahkan pernah terdengar kabar bahwa dirinya pernah di penjara karena serangkaian kasus pemerkosaaan.

Baca Juga

3. Aaron Wan-Bissaka

Pemain yang masih berusia 24 tahun tersebut direkrut Man United dari Crystal Palace dengan mahar sebesar 55 juta euro.

Setelah direkrtu oleh Setan Merah, ketika bermain bersama timnya dirinya sering melakukan kesalahan dalam passing/umpan. Bahkan kabar terbarunya, Wan-Bissaka telah dicoret dari skema pelatih anyar Man United, Erik ten Hag

Selain itu masih ada beberapa bek gagal yang dibeli oleh beberapa tim seperti Machester City, Chelsea, Arsenal, dan Burnley.


1. Pembelian Gagal Lainnya

John Stones dan Eliaquim Mangala

Eliaquim Mangala

Pada musim panas 2014, Mangala bergabung dengan Manchester City dengan harga 45 juta euro, pada saat itu pembeliannya merupakan rekor.

Setelah dua musim bermain di Liga Inggris, pemain asal Prancis itu disingkirkan oleh Pep Guardiola karena keterbatasan kemampuan memenangkan duel, dan kurang nya kreativitas dalam build up serangan.

Baca Juga

William Saliba

Sang pemain didatangkan Arsenal dengan harga 30 juta euro pada tahun 2019. Tetapi hingga saat ini Saliba malah lebih sering duduk di bangku cadangan.

Abdul Rahman Baba

Pada bursa transfer musim panas 2015, Chelsea merekrutnya dengan harga 26 juta euro. Di musim 2015/16 dirinya sering ditempatkan di bangku cadangan oleh Jose Mourinho. Bahkkan sang pelatih sempat menyuruhnya pergi dari tim, meski dengan status pinjaman.

Baca Juga

Felipe Luis

Tak hanya Abdul Rahman Baba, pembelian gagal yang dilakukan Chelsea adalah pada pembelian Felipe Luis. Luis pernah menjadi bintang di Liga Spanyol ketika memperkuat Atletico Madrid.

Namun dirinya tidak bisa beradaptasi dengan tim untuk menghadapi kompetisi Liga Inggris. Felipe Luis hanya memainkan 15 kali pertandingan bersama The Blues di musim 2014/15.

Baca Juga

Ben Gibson

Pembelian gagal di sektor pertahanan tidak hanya terjadi pada tim-tim besar. Bahkan Bunrley pun sempat melakukan pembelian gagal pada Ben Gibson.

Pada musim 2017, Clarets, julukan Burnley sempat memecahkan rekor transfer tim saat merekrut pemain ini. Namun harapan yang tinggi dari klub tidak bisa dijawab dengan penampilan apik dari Ben Gibson.


2. Beberapa Bek yang Sering Lakukan Kesalahan

Christian Pulisic mendapat penjagaan dari Benjamin Mendy di pertandingan Liga Inggris antara Chelsea vs Manchester City, Jumat (26/06/20).

Selain pembelian gagal di sektor pertahan yang dilakukan oleh beberapa tim di Liga Inggris, berikut lima bek yang sering lakukan blunder di Liga Inggris sejak musim 2020/2021.

Dalam sepakbola, sebuah tim yang terdiri dari 11 pemain, memiliki posisinya masing-masing dengan tanggung jawab yang sama-sama penting. 

Begitu pula posisi bek bertahan yang bertugas melindungi seorang kiper sebagai palang pintu terakhir, dari serangan lawan.

Oleh sebab itu seorang bek harus memiliki kesigapan untuk menghalau bola yang menyerang gawang timnya.

Bahkan tak jarang, mereka mendapatkan peringatan hingga diusir wasit usai melakukan tekel untuk mencegah penyerang tim lawan yang menerobos ke pertahanan mereka. 

Baca selengkapnya : 4 Bek yang Paling Banyak Lakukan Kesalahan di Liga Inggris Musim Lalu

Manchester UnitedManchester CityLiga InggrisBenjamin MendyHarry MaguireAaron Wan Bissaka

Berita Terkini

Berita Terpopuler