x

Usai Pimpin Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF, PSSI Bakal Liburkan Shin Tae-yong

Senin, 27 Juni 2022 14:05 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Herry Ibrahim
Pelatih Timnas Indonesia akan mendapatkan cuti pada bulan Juli mendatang dan nantinya Shin Tae-yong akan kembali ke negara asalnya, Korea Selatan.

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, akan mendapatkan cuti pada bulan Juli mendatang. Nantinya Shin Tae-yong akan kembali ke negara asalnya, Korea Selatan.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memang menjalani periode padat bersama Timnas Indonesia.

Baca Juga

Agenda padat memang harus dijalani Shin Tae-yong karena memang dirinya menangani tiga kelompok umur Timnas Indonesia. Dari Timnas Indonesia U-19, Timnas Indonesia U-23 hingga Timnas Indonesia senior.

Setelah melalui agenda padat bersama Timnas Indonesia sejak tahun lalu, PSSI pun memberikan libur khusus kepada Shin Tae-yong.

Namun sebelum cuti, Shin Tae-yong akan mengarungi perhelatan Piala AFF U-19 pada 2 hingga 15 Juli.

Baca Juga

"Kami akan kasih cuti untuk STY (Shin Tae-yong) bulan Juli, kasihan juga dia mesti pulang ke Korea Selatan untuk bertemu keluarganya," kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Memang selepas perhelatan Piala AFF U-19, Shin Tae-yong bisa bernapas karena event selanjutnya yakni di bulan September di mana  agenda selanjutnya adalah Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 pada 10-18 September 2022.

Baca Juga

Setelah itu Shin Tae-yong bakal memimpin Timnas Indonesia untuk FIFA Matchday yang akan berlangsung pada 19-27 September 2022.

Di perhelatan Piala AFF U-19 sendiri Timnas Indonesia tergabung di grup A. Nantinya Skuat Garuda Nusantara akan bersaing dengan Vietnam, Thailand, Filipina, Brunei Darussalam dan Myanmar.


1. Kelelahan

Latihan Timnas Indonesia U-19 di Stadion Madya Senayan, Jakarta, Selasa (21/06/22). Latihan awal yang diikuti sebanyak 30 pemain ini sebagai persiapan tim menuju Piala AFF U-19 2022.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, sebelumnya mengaku lelah menangani tiga level berbeda, yakni U-20, U-23, dan senior. Tapi, dia menyukainya karena bisa menanamkan filosofi bermain sejak dini. 

Meski kelelahan, Shin Tae-yong mengklaim tak ada masalah. Dia senang dengan sistem yang ada saat ini lantaran bisa memantau perkembangan pemain secara langsung.

Baca Juga

Pekerjaan tersebut tentu memudahkan pelatih berusia 52 tahun itu untuk mempromosikan pemain berbakat ke tim senior, apabila ada kesempatan. 

"Sampai saat ini sih tak ada masalah. Dengan begitu, memang bisa menemukan bentuk sepak bola Indonesia," kata Shin Tae-yong, Jumat (07/06/22). 

"Saya memang merasa capek. Tapi bagus, mulai dari usia dini U-20 dan senior. Sistem seperti ini harus dikembangkan lebih, jadi walaupun capek harus dibenahi," lanjutnya.

Baca Juga

2. Keputusan PSSI

Latihan Timnas Indonesia U-19 di Stadion Madya Senayan, Jakarta, Selasa (21/06/22). Latihan awal yang diikuti sebanyak 30 pemain ini sebagai persiapan tim menuju Piala AFF U-19 2022.

Sekadar mengingatkan, PSSI telah memastikan Shin Tae-yong akan tetap menangani Timnas Indonesia U-20 dan Senior melalui Ketum Iwan Bule. 

Namun, untuk U-23 kemungkinan dialihkan sementara ke tangan pelatih lain karena Shin Tae-yong diminta memusatkan perhatian ke Piala Dunia U-20 dan Piala Asia 2023. 

Piala Asia 2023 dijadwalkan bergulir pada 16 Juni-16 Juli tahun depan, sedangkan Piala Dunia U-20 bisa saja dimainkan 20 Mei-12 Juni (mengacu jadwal 2021 sebelum batal karena pandemi). 

Baca selengkapnya: Akui Kelelahan, Shin Tae-yong Tertantang Tangani Timnas U-20 dan Senior

PSSITimnas IndonesiaLiga IndonesiaTimnas Indonesia U-19Shin Tae-yongPiala AFF U-19 2022

Berita Terkini