x

Bangga! Selalu Ada Wakil Kalimantan di 8 Besar Ajang Pramusim Piala Presiden

Rabu, 29 Juni 2022 08:15 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Logo klub Liga 1, Borneo FC.

INDOSPORT.COM - Persebaran kontestan turnamen sepak bola Liga 1 memang tidak merata. Tapi selalu ada wakil Kalimantan yang lolos 8 besar pramusim Piala Presiden.

Seperti di Liga 1 2022-23 ini, tidak ada wakil asal Papua dan Sumatera yang bertarung di kasta tertinggi. Sulawesi pun saat ini hanya mengandalkan PSM Makassar saja.

Baca Juga

Sementara Kalimantan mengandalkan Barito Putera dan Borneo FC. Sisanya, tim asal Pulau Jawa mendominasi di Liga 1.

Meski demikian, di ajang pramusim setiap tahunnya, tidak semua kontestan asal Pulau Jawa bisa bersinar. Tim Pulau Kalimantan juga harus diperhitungkan.

Setiap tahun, Kalimantan selalu mengirim wakilnya ke babak 8 besar Piala Presiden. Bahkan melesat ke semifinal dan final.

Baca Juga

Lantas, siapa saja wakil Kalimantan yang bisa menunjukkan kualitasnya di ajang pramusim Piala Presiden? Berikut rangkuman INDOSPORT untuk Anda.

Piala Presiden 2017

Piala Presiden edisi pertama di 2017 menjadi salah satu penampilan wakil Kalimantan terbaik karena tak hanya tim Pulau Jawa yang mendominasi di perempat final.

Baca Juga

Kala itu, ada Pusamania Borneo FC dan Mitra Kukar yang merupakan tim kuat asal Kalimantan, ada pula Semen Padang FC dan Sriwijaya FC sebagai perwakilan Sumatera.

Pusamania Borneo FC melesat ke semifinal, bahkan ke final Piala Presiden 2017. Sayangnya, mereka harus kalah dari Arema FC di partai final, dengan skor telak 5-1.


1. Piala Presiden 2018

Skuat Kalteng Putra saat melawan Persebaya, Selasa (21/05/19).

Piala Presiden 2018 juga tak kalah apik. Di babak 8 besar, ada Mitra Kukar sebagai wakil Kalimantan, juga Sriwijaya FC dan PSMS Medan sebagai wakil asal Sumatera.

Sayangnya, Mitra Kukar tersingkir di fase awal. Sriwijaya FC dan PSMS Medan mulus ke semifinal, tapi sama-sama gagal ke final.

Persija Jakarta mengalahkan Bali United di babak final dengan skor 3-0, sehingga tim Macan Kemayoran berhak atas trofi juara.

Baca Juga

Piala Presiden 2019

Piala Presiden 2019 mungkin menjadi krisis bagi tim Kalimantan dan Sumatera. Hanya ada Kalteng Putra yang lolos ke perempat final, sisanya adalah tim asal Pulau Jawa.

Sukses mengalahkan Persija Jakarta lewat babak adu penalti, Kalteng Putra pun melaju ke semifinal. Sayang, langkahnya terhenti di tangan Arema FC, yang lantas menjadi juara.

Baca Juga

Piala Menpora 2021

Setelah Piala Presiden 2020 dibatalkan akibat merebaknya pandemi Covid-19, lalu muncul lagi ajang pramusim bertajuk Piala Menpora 2021.

Memasuki babak delapan besar, Barito Putera menjadi wakil Kalimantan yang bisa melangkah lebih jauh, juga PSM Makassar yang menjadi kontestan asal Sulawesi.

Baca Juga

Sayangnya, Barito Putera tersingkir di fase awal. PSM Makassar pun gagal di semifinal. Persija Jakarta akhirnya keluar sebagai juara usai menaklukkan Persib Bandung.


2. Piala Presiden 2022

Duel pemain Barito Putera dengan pemain RANS Nusantara FC di Piala Presiden 2022. Foto: ligaindonesiabaru

Piala Presiden 2022 kembali, dan baru saja menyelesaikan fase grup, sehingga sudah ditemukan siapa saja tim yang lolos ke perempat final.

Berhubung tak ada wakil Sumatera dan Papua, Indonesia tentu menaruh harap pada dua wakil Kalimantan, Barito Putera dan Borneo FC yang lolos ke babak 8 besar.

Ada pula PSM Makassar yang jadi wakil Kalimantan, dan Bali United yang berdiri sendiri di pulau kebanggaannya. Sisanya, lagi-lagi mayoritas asal Pulau Jawa.

PSIS Semarang, Bhayangkara FC, Arema FC, Persib Bandung, dan PSS Sleman akan berjibaku untuk menjadi yang terbaik di ajang pramusim Piala Presiden 2022.

Barito PuteraMitra KukarBorneo FCPiala PresidenIn Depth SportsPiala MenporaKalimantanPiala Presiden 2017Kalteng Putra FCPiala Presiden 2018Piala Presiden 2019Piala Presiden 2022

Berita Terkini