x

Didukung Presiden, PSSI Resmi Ajukan Diri jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

Rabu, 29 Juni 2022 14:13 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
PSSI secara resmi mengajukan diri untuk jadi tuan rumah Piala Asia 2023.

INDOSPORT.COM - PSSI secara resmi mengajukan diri untuk jadi tuan rumah Piala Asia 2023. Hal itu dilakukan setelah dapat lampu hijau dari pemerintah, baik Menpora bahkan Presiden RI, Joko Widodo

Seperti diketahui, Piala Asia 2023 seharusnya digelar di China pada 16 Juni-16 Juli tahun depan. Tapi, negara tersebut mengundurkan diri karena kasus covid-19 yang meningkat.

Baca Juga

AFC pun lantas menawarkan ke 24 negara peserta Piala Asia 2023 untuk jadi tuan rumah (ada opsi tuan rumah bersama). Tenggat waktunya hingga 15 Juli 2022 untuk melengkapi persyaratan.

PSSI sebelumnya masih mengkaji untuk ikut bidding Piala Asia 2023. Pasalnya,  penyelenggaraan kejuaraan itu berdekatan dengan event Piala Dunia U-20 yang juga dimainkan di Indonesia.

Baca Juga

Namun, setelah berkoordinasi dengan pemerintah, PSSI memutuskan untuk mengajukan diri menjadi tuan rumah.

"Setelah PSSI berkoordinasi dengan pemerintah dalam hal ini Kemenpora, akhirnya PSSI resmi mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023," kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. 

Baca Juga

"PSSI pun mengucapkan terima kasih kepada pemerintah dalam hal ini Menpora Zainudin Amali  yang telah mendukung rencana ini," lanjutnya. 

“Semua persyaratan yang diminta oleh AFC segera kita siapkan dan akan kita kirimkan secepat mungkin,’’ imbuh Ketum PSSI. 


1. Kesempatan Bagus

Menpora Zainudin Amali memberikan lampu hijau kepada PSSI untuk ikut biding tuan rumah Piala Asia. Foto: Zainal Hasan/INDOSPORT

Sejauh ini, sudah ada empat negara yang mengajukan diri menjadi tuan rumah yakni Australia, Jepang, Korea Selatan, dan Qatar. 

Pemerintah mendukung penuh niat PSSI untuk Indonesia menjadi tuan rumah Piala Asia 2023 karena ada alasan kuat. 

Baca Juga

Menpora, Zainudin Amali menilai ini kesempatan bagus untuk menujukan ke dunia bahwa Indonesia bisa gelar event besar. 

"Karena ini kesempatan yang bagus buat kita menjadi peserta sekaligus menjadi tuan rumah," ucap Zainudin Amali.

Menpora juga menambahkan, pelaksanaan Piala Asia 2023 dilakukan selepas perhelatan Piala Dunia U-20, jadi Indonesia masih dalam keadaan siap baik infrastruktur maupun sumber daya manusia (panpel). 

Baca Juga

2. Dukungan Penuh

Menpora Zainudin Amali memberikan lampu hijau kepada PSSI untuk ikut biding tuan rumah Piala Asia. Foto: Zainal Hasan/INDOSPORT

Sebelumnya, sejumlah negara telah maju mengajukan diri seperti Jepang, Korea Selatan, Australia, dan juga Qatar yang merupakan tuan rumah Piala Dunia 2022.

Batas pengajuan proposal tuan rumah Piala Asia adalah pada 30 Juni mendatang. Gelaran Piala Asia rencananya dilangsungkan pada 16 Juni hingga 16 Juli mendatang.

Terkait siapa yang akan terpilih sebagai tuan rumah, Kemenpora selaku perwakilan pemerintah menyerahkan semuanya kepada AFC selaku konfederasi sepak bola Asia.

"Hasilnya seperti apa dilihat nanti. Sebab saat ini sudah ada tiga negara yakni Korea Selatan, Jepang, dan Australia yang juga sudah mengajukan diri," jelas Amali.

"Intinya kita mendukung PSSI jika mau menjadi tuan rumah," tegas Menteri asal Gorontalo ini.

PSSIJokowiTimnas IndonesiaPiala Asia 2023Liga IndonesiaTimnas Indonesia U-19

Berita Terkini