x

Piala AFF U-19: Kantongi Kekuatan Timnas Indonesia, Vietnam Siap Matikan Ronaldo dan 3 Pemain Lain

Jumat, 1 Juli 2022 21:25 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
Pelatih Vietnam, Dinh The Nam soal lawan Timnas Indonesia di Piala AFF U-19 dan pemain yg diwaspadai. Foto: Zainal Hasan/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Vietnam U-19 akan bertemu Timnas Indonesia U-19 di laga perdana Grup A Piala AFF U-19 2022, Sabtu (02/07/22) di Stadion Patriot, Bekasi. Laga ini diprediksi akan berjalan seru.

Pelatih Vietnam, Dinh The Nam, mengatakan telah siapkan taktik dan strategi untuk matikan pemain kunci Indonesia. Ada empat nama yang diwspadai, termasuk Ronaldo Kwateh.

Baca Juga

"Kami tau ada sekitar empat atau lima pemain berbahaya dari Timnas U-19,  seperti bek nomor empat, gelandang nomor 13 , nomor delapan dan strikernya, Ronaldo," kata Dinh. 

Pelatih kelahiran 30 April 1965 itu juga tahu Timnas Indonesia U-19 punya persiapan matang sebelum Piala AFF U-19 2022. Skuad Garuda Nusantara jalani pemusatan latihan di Korea Selatan hingga ikut Toulon Cup 2022. 

Indonesia juga akan tampil di depan pendukung sendiri. Tapi hal itu bukan masalah besar bagi Vietnam U-19. 

Baca Juga

"Kami tahu indonesia melakukan persiapan dengan baik buat turnamen ini dan akan bermain di hadapan pendukung sendiri," ujar Dinh The Nam.

"Vietnam dan semua tim datang ke sini untuk memberikan yang terbaik dan kami akan berupaya mendapatkan hasil yang baik kepada tim," ujarnya.

Lebih lanjut, Dinh The Nam menyoroti jadwal Piala AFF U-19 2022 yang sangat padat. Tiap tim hanya diberikan jatah libur sehari atau jalani dua pertandingan dalam kurun waktu dua hari. 

Baca Juga

"Jadwal ini sangat sulit dan ini tak bagus untuk semua tim. Tapi semua tim mengalaminya, semua miliki kesulitan yang sama, jadi kami akan berikan yang terbaik untuk setiap pertandingan," tutur eks Timnas Vietnam itu. 

Selain Vietnam dan Indonesia, Grup A Piala AFF U-19 2022 juga dihuni Thailand, Filipina, Myanmar, dan Brunei Darussalam. Sedangkan Grup B diisi Malaysia, Laos, Timor Leste, Kamboja dan Singapura. 


1. Incar Pengalaman

Pelatih Vietnam, Dinh The Nam soal lawan Indonesia dan pemain yg diwaspadai. Foto: Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT

Timnas Vietnam U-19 di bawah arahan Dinh The Nam membawa 27 pemain untuk berjuang pada Piala AFF U-19 2022 di Indonesia. Mereka sudah tiba di Jakarta sejak dua hari lalu. 

Skuad muda Vietnam tidak mendapat target juara pada ajang Piala AFF U-19 2022. Mereka hanya diberi target untuk banyak mencari pengalaman bermain di laga internasional.

Baca Juga

Untuk Piala AFF U-19 2022, PSSI akan menyiapkan dua tempat untuk pertandingan, yakni Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi dan Stadion Madya Senayan, Jakarta.

Pasalnya Vietnam mengkritik habis kualitas lapangan dari salah satu stadion yang ditetapkan sebagai venue yang mana sepertinya bentuk balasan dari kecaman pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, di SEA Games 2021 lalu.

Seperti yang sudah diketahui, pada gelaran SEA Games lalu Shin Tae-yong sempat menyindir panita lokal di Vietnam usai timnya tidak diberi fasilitas latihan yang tidak memadai.

Baca Juga

Lapangan yang digunakan Tim Garuda tidak terawat dengan baik dan rumputnya sampai berwarna kekuningan. Bahkan ukurannya juga tidak memenuhi standar semestinya.

Kritik tersebut Shin Tae-yong sampaikan lewat konferensi pers maupun media sosial. Pelatih asal Korea Selatan tersebut mengunggah video soal kondisi lapangan melalui media sosialnya.

Akan tetapi, keburukan fasilitas yang terdapat di Piala AFF U-19 kali ini rasanya lebih fatal. Pasalnya Vietnam menemukan kecacatan di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, yang nantinya juga digunakan oleh timnas Indonesia.

Baca Juga

Dari rekaman video yang dirilis oleh akun Youtube resmi federasi sepak bola Vietnam, VFF, tampak kondisi lapangan yang tidak ideal. Selain rumput yang kuning juga permukaannya tidak rata.

Dengan demikian maka tim manapun akan kesulitan untuk bermain optimal dengan lapangan tersebut. Pasalnya akurasi umpan dan tendangan bisa berkurang karena benjolan di sana dan sini.


2. Media Vietnam Sebut Indonesia Lawan Berat di Piala AFF U-19

Myanmar, Brunei, Vietnam, Indonesia, Thailand dan Pilipina.

Soroti kritikan ke Shin Tae-yong menyusul dua hasil uji coba Timnas Indonesia U-19, media Vietnam tetap sebut Garuda Nusantara sebagai lawan yang berat di Piala AFF U-19.

Menanggapi dua hasil pertandingan persahabatan Timnas Indonesia U-19, sang pelatih Shin Tae-Yong mengaku tidak ingin ambil pusing.

Sebelum melakoni turnamen Piala AFF U-19, Timnas Indonesia U-19 telah melakukan serangkaian laga uji coba sebagai persiapan mereka. Timnas Indonesia U-19 telah melakukan uji coba dua kali melawan Persija Jakarta dan satunya melawan Bhayangkara FC.

Melihat hasil uji coba tersebut, Shin Tae-Yong mengaku sedikit kecewa karena para penggawa Garuda Nusantara hanya mampu meraih hasil imbang 0-0 melawan Persija dan kalah 0-1 dari Bhayangkara FC.

Dua hasil yang kurang memuaskan tersebut memancing keragu-raguan dan kritikan dari para pendukung Timnas Indonesia U-19.

Baca Selengkapnya: 'Bela' Shin Tae-yong, Media Vietnam Sebut Indonesia Lawan Berat di Piala AFF U-19

VietnamTimnas IndonesiaBola InternasionalTimnas Indonesia U-19BulutangkisBerita BulutangkisBerita Timnas Indonesia

Berita Terkini