x

Bukan Cuma Piala AFF U-19, Terungkap Target Besar Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia U-19

Sabtu, 2 Juli 2022 20:14 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Prio Hari Kristanto
Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong. Foto: Zainal Hasan/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong, memiliki target besar selain menjadi juara Piala AFF U-19 untuk Timnas Indonesia U-19, Sabtu (02/07/22).

Shin Tae-yong memang membidik gelar juara untuk Timnas Indonesia U-19 di ajang Piala AFF U-19 2022.

Baca Juga

Namun bagi Shin Tae-yong sejatinya ada target besar lainnya yang ia harapkan dari Timnas Indonesia U-19 di ajang Piala AFF U-19. Terlebih perhelatan Piala AFF U-19 2022 merupakan turnamen perdana Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia U-19.

Sehingga dia sejatinya ingin mengetahui kemampuan para pemainnya jelang Piala Dunia U-20 2023 mendatang. "Karena ini turnamen U-19 pertama untuk saya, saya ingin melihat level Timnas U-19 seperti apa," ucap Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong menegaskan sejatinya target besar dia bersama Timnas Indonesia U-19 bukanlah di turnamen ASEAN, melainkan level Piala Dunia nantinya.

Baca Juga

"Karena kami fokusnya bukan turnamen ASEAN, tapi kami mau melihat Piala Dunia U-20 tahun depan," terangnya.

Lebih lanjut, pelatih 52 tahun itu ingin melihat di mana level Ronaldo Kwateh dan kawan-kawan. Ke depan, dia ingin Timnas Indonesia U-19 untuk menjajal kekuatan dengan negara-negara di luar ASEAN.

"Saya akan melihat persaingannya bagaimana saat melawan tim-tim ASEAN seperti AFF sekarang".

"Nanti juga akan melihat untuk tingkatkan level kita seperti dengan melawan tim Eropa, Afrika, dan Amerika Latin," tutup Shin Tae-yong.

Baca Juga

Piala AFF U-19 2022 akan berlangsung di Jakarta dan Bekasi pada 2-15 Juli 2022. Indonesia tergabung di Grup A bersama Vietnam, Myanmar, Thailand, Brunei Darussalam, dan Filipina.

Seperti diketahui Timnas Indonesia U-19 akan memulai laga perdananya di Piala AFF U-19 melawan Vietnam malam nanti di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi.


1. Timnas Indonesia U-19 Disambut Nyala Flare

Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong. Foto: Zainal Hasan/INDOSPORT

Timnas Indonesia U-19 sudah tiba di Stadion Patriot, Bekasi untuk pertandingan Grup A Piala AFF U-19 2022 lawan Vietnam, Sabtu (02/07/22). Kedatangan skuad Garuda Nusantara disambut Ultras Garuda dengan nyala flare. 

Ribuan suporter sudah memadati area sekitar stadion dan sebagian sudah masuk ke dalam. Mereka antusias untuk menyaksikan aksi anak asuh Shin Tae-yong di Piala AFF U-19. 

Baca Juga

Ini adalah pertandingan pertama Timnas yang dimainkan di area Jabodetabek, sehingga para suporter sangat antusias. Ini juga kesempatan perdana kembali ke stadion setelah dua tahun absen karena pandemi.

"Enggak sabar nih lihat Timnas main. Walaupun U-19 tapi ini kan disiapkan untuk Piala Dunia U-20 jadi kita wajib dukung langsung," ujar Ricky salah satu suporter yang sambut bus Timnas Indonesia U-19. 

Timnas Indonesia U-19 saat ini sedang lakukan pemanasan dan suasana stadion mulai meriah dengan nyanyian dan tabuhan drum dari suporter. 

Baca Juga

Pelatih Timnas U-19, Shin Tae-yong langsung menurunkan pemain terbaiknya seperti Marselino Ferdinan, Ronaldo Kwateh, Subhan Fajri dan lainnya. 

Pada ajang Piala AFF U-19, Indonesia berada di Grup A bersama Vietnam, Thailand, Filipina, Myanmar, dan Brunei Darussalam. Sedangkan Grup B diisi Malaysia, Laos, Timor Leste, Kamboja dan Singapura. 

"Tim sudah siap dan saya antusias. Di laga pertama semoga bisa tiga poin. Memang kekurangan pasti ada, tapi kami perbaiki dan semoga laga pertama kami main dengan baik dan target kami pasti juara," ujar pemain Timnas U-19, Razzaa Fachrezi.

Baca Juga

Sebelum turun di Piala AFF U-19 2022, Timnas U-19 telah jalani dua kali uji coba. Ronaldo Kwateh dkk, bermain imbang 0-0 kontra tim muda Persija Jakarta dan kalah 0-1 dari Bhayangkara FC. 

Ajang Piala AFF U-19 2022 sekaligus pemanasan bagi Timnas U-19 sebelum tampil di Kualifikasi Piala Asia U-20 dan Piala Dunia U-20 2023. 


2. Arti Indah Jersey Baru Timnas Indonesia di Piala AFF U-19 2022

Laga uji coba antara Timnas Indonesia U-19 vs Persija Jakarta. Foto: PSSI

Bakal dikenakan perdana dalam pertandingan pembuka  Piala AFF U-19 2022, desain jersey away atau tandang Timnas Indonesia ternyata memiliki filosofi yang indah.

Jersey baru untuk away Timnas Indonesia ini dirilis di instagram resmi PSSI dan juga apparel Mills @millsportid pada Jumat (01/07/22).  

Sesuai tema ‘Powerful Elements of Mountains and Sea (elemen kuat dari gunung dan lautan), jersey  ini memiliki filosofi dari representasi kekayaan alam yang dimiliki Ibu Pertiwi, Indonesia.

“Kekayaan alam negara Indonesia menjadi representasi dari jersey tandang Timnas Indonesia kali ini. Keindahan akan gunung-gunung yang terbentang serta luasnya lautan Indonesia.”

“Akan menemani perjuangan tiada henti para pasukan Garuda,” tulis akun instagram @millsportid.

Dalam ungagahan ppster tersebut, gelandang naturalisasi Timnas Indonesia, Marc Klok, menjadi model yang dengan gagah mengenakan jersey away bernuansa putih biru itu.

Baca Selengkapnya: Penuh Filosofi, Arti Indah Jersey Baru Timnas Indonesia di Piala AFF U-19 2022

Timnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalTimnas Indonesia U-19Berita Timnas IndonesiaShin Tae-yongPiala AFF U-19 2022

Berita Terkini