x

3 Rapor Merah di Laga Piala AFF U-19 Indonesia vs Vietnam: Sama-sama Buntu

Minggu, 3 Juli 2022 10:05 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Pertandingan antara Timnas Indonesia vs Vietnam di Piala AFF U-19 2022. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia meraih hasil kurang maksimal di matchday pertama Grup A Piala AFF U-19 2022.

Menghadapi Vietnam, skuat Garuda Muda hanya bisa bermain imbang dengan skor 0-0.

Baca Juga

Ya, tidak ada satu pun gol yang berhasil disarangkan oleh masing-masing tim sehingga keduanya harus rela berbagi poin.

Dengan hasil ini, Timnas Indonesia U-19 mengawali langkah mereka dengan tergopoh-gopoh ketika Myanmar dan Thailand berhasil menabung 3 poin.

Myanmar dan Thailand untuk saat ini menjadi tim dengan raihan poin terbanyak di klasemen sementara Grup A Piala AFF U-19 2022.

Baca Juga

Lalu menyusul di bawahnya Timnas Indonesia vs Vietnam U-19 dengan 1 poin, sedangkan Filipina dan Brunei Darussalam belum pecah telur.

Pertandingan matchday pertama Grup A Piala AFF U-19 antara Indonesia vs Vietnam sendiri digelar di Stadion Patriot Candrabhaga, Sabtu (2/7/22) malam WIB.

Berakhir antiklimaks tanpa satu gol pun tercipta, seperti apa rapor merah dua tim ini di laga semalam? Berikut ulasannya.

Baca Juga

Timnas Vietnam U-19 Buntu

Meski punya sejumlah pemain yang bisa diandalkan, Timnas Vietnam U-19 tampil kurang maksimal di laga perdana mereka usai berkali-kali gagal menjebol gawang yang dijaga Cahya Supriadi.

Bahkan, kiper Persija Jakarta tersebut tidak banyak kerepotan saat harus menghadapi serangan para pemain muda The Golden Stars.


1. Rapor Laga Timnas Indonesia vs Vietnam di Piala AFF U-19 2022

Pertandingan antara Timnas Indonesia vs Vietnam di Piala AFF U-19 2022. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT.

Praktis, hanya ada satu shot on target yang berhasil dibuat Nguyen Quoc Viet namun masih berhasil ia gagalkan untuk mempertahankan keperawanan gawang Timnas Indonesia U-19.

Buruknya rapor pasukan serang Timnas Vietnam U-19 ini tentu saja berbanding cukup terbalik dengan penampilan para penjaga lini belakang skuat Garuda Muda.

Baca Juga

Kontribusi Dimas Juliono dan M. Ferrari dkk terbilang apik dalam menghadang, memutus serangan, serta menutup gerak para pemain lawan.

Buntutnya, Timnas Vietnam U-19 hanya mencetak satu shot on target dari 10 percobaan tembakan ke gawang Cahya Supriadi.

Timnas Indonesia U-19 Juga Buntu

Meski begitu, kebuntuan dalam mencetak gol juga dirasakan oleh anak-anak asuh Shin Tae-yong yang sama-sama gagal memaksimalkan finishin gmereka di depan gawang lawan.

Baca Juga

Dari delapan tembakan yang dilesatkan, hanya tiga yang on target, yang mana keseluruhannya gagal terkonversi menjadi gol.

Tidak ayal, hal ini pun jadi salah satu poin penting Shin Tae-yong sebagai bahan evaluasinya setelah pertandingan.

“Memang saya mengakui finishing kami di laga ini kurang baik,” ucapnya, sembari menggarisbawahi banyak peluang gol Timnas Indonesia U-19 yang gagal dieksekusi dengan baik.

Baca Juga

Menurutnya, untuk bisa mencetak gol itu diperlukan timing umpan yang baik serta kecepatan bola yang pas.

Untuk itu, ia akan menjadikan ini catatan perbaikan Timnas Indonesia U-19 sebelum berjumpa lawan selanjutnya di matchday kedua Grup A, Brunei Darussalam.


2. Rapor Merah Lainnya

Pertandingan antara Timnas Indonesia vs Vietnam di Piala AFF U-19 2022. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT.

Sebagai informasi, Timnas Indonesia U-19 dijadwalkan menghadapi Brunei Darussalam pada Senin (4/7/22) mendatang.

Fisik dan Mental Timnas Vietnam U-19

Selain kebuntuan yang dialami masing-masing tim, laga semalam juga menyisakan sebuah kejadian unik yang sayang dilewatkan.

Baca Juga

Adalah para pemain Dinh The Nam yang terlihat berjatuhan di lapangan, hingga membuat mereka dituduh sedang mengulur-ulur waktu.

Dinh The Nam selaku pelatih pun pada akhirnya buka suara soal kondisi anak-anak asuhnya tersebut, yang menurutnya mengalami keram.

Selain itu, tekanan yang ditunjukkan publik tuan rumah di Stadion Patriot Candrabhaga juga membuat mental mereka goyah.

Baca Juga

"Ini benar (karena keram)," aku Dinh The Nam melansir dari 24h.com.vn.

"Sebagian karena tekanan psikologis di game pertama turnamen. Mereka masih muda, jadi mentalitas mereka sangat memengaruhi kekuatan fisik mereka," jelasnya lagi.

Dinh The Nam sejatinya telah mempersiapkan para pemainnya untuk menghadapi tekanan di Stadion Patriot Candrabhaga, namun ternyata Timnas Vietnam U-19 belum bisa beradaptasi dengan baik.

Baca Juga

"Saya sudah mempersiapkan para pemain jauh-jauh hari tapi kenyataannya pengalaman mereka masih baru. Saya tahu kondisinya. Itu bisa dimengerti.”

Bagi kubu Vietnam, ini bakal jadi catatan khusus agar mereka bisa tampil lebih kuat lagi secara fisik maupun mental di pertandingan grup Piala AFF U-19 selanjutnya.

VietnamTimnas u-19Bola InternasionalTimnas Indonesia U-19Berita Timnas IndonesiaPiala AFF U-19 2022

Berita Terkini