x

Main Imbang Kontra Vietnam U-19, Pelatih Malaysia Sebut Timnas U-19 Indonesia Main Sepak Bola Buruk

Minggu, 3 Juli 2022 16:57 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Isman Fadil
Pemain Timnas Indonesia U-19, Marselino Ferdinan, tengah membawa bola dibayang-bayangi pemain Vietnam di Piala AFF U-19.

INDOSPORT.COM – Pelatih asal Malaysia, Raja Isa, menyebut timnas U-19 Indonesia bermain sepak bola dengan gaya yang jelek saat menghadapi Vietnam di Piala AFF U-19 2022

Seperti diketahui, timnas U-19 Indonesia membuka kiprah mereka di kompetisi Piala AFF U-19 2022 dengan hasil yang kurang memuaskan.

Baca Juga

Bertindak sebagai tuan rumah kompetisi, garuda muda harus tertahan di laga perdana oleh timnas U-19 Vietnam pada pertandingan yang digelar pada hari Sabtu (02/07/22).

Menurunkan sejumlah bintang muda, seperti Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh, timnas U-19 Indonesia bahkan tak mampu mencetak gol ke gawang Vietnam, sehingga pertandingan usai dengan skor imbang 0-0.

Hasil ini tentu bukan yang diharapkan oleh Indonesia, mengingat mereka menargetkan juara pada gelaran Piala AFF U-19 2022 kali ini.

Baca Juga

Tak hanya penggemar sepak bola Indonesia yang kecewa, pelatih asal Malaysia, Raja Isa juga mengungkap unek-uneknya atas pertandingan tersebut.

Dilansir dari Soha, mantan pelatih Persipura Jayapura ini mengaku kecewa dengan tim asuhan Shin Tae-Yong, mengingat mereka justru memainkan sepak bola yang buruk.

Raja Isa menyebut bahwa timnas U-19 Indonesia bermain terlalu ceroboh, bahkan kerap kali melakukan kesalahan dan pelanggaran.

Baca Juga

Namun demikian, Raja Isa berujar bahwa kemampuan fisik timnas U-19 Indonesia semakin membaik dan mampu bermain dengan agresif sepanjang laga.

“Indonesia U-19 aktif melakukan pendekatan untuk memberikan tekanan dan menunjukkan efisiensi dengan cara bermain yang baik. Tetapi, ketika lawan mampu mengontrol pertandingan, mereka berbuat sebaliknya,” ujar Raja Isa.


1. Pelatih Malaysia Apresiasi Indonesia dan Shin Tae-Yong

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat memberikan arahan kepada para pemainnya dalam laga uji coba melawan Bangladesh di stadion Si Jalak Harupat, Rabu (01/06/22).

“timnas U-19 Indonesia memperlihatkan citra buruk ketika turun di lapangan, dengan bermain keras yang sebenarnya tak elok di turnamen tingkat remaja.”

“Seharusnya mereka bisa memainkan sepak bola indah bukan permainan seperti ini yang merupakan kebiasaan lama di level Asia Tenggara,” imbuh Raja Isa.

Baca Juga

Raja Isa sendiri mengapresiasi kehebatan Shin Tae-Yong dalam meramu timnas U-19 Indonesia dengan menyebut beberapa kekuatan yang dibawa ke Piala AFF U-19 2022.

“Kekuatan Indonesia selain kekuatan fisik dan kecepatan sebenarnya tidak ada, hanya saja mereka masih bergantung pada satu pemain, misalnya saja Ronaldo Kwateh,” ujar Raja Isa.

Baca Juga

“Mereka bisa memberikan tekanan pada timnas U-19 Vietnam dan sebaiknya lawan lain harus waspada dengan kehebatan Indonesia, tetapi jika gaya permainan mereka tak berubah hasilnya juga sama saja,” imbuhnya.

Meskipun demikian, Raja Isa pun menyebut bahwa timnas U-19 Indonesia masih memiliki peluang lolos dari penyisihan grup, selain juga berujar bahwa Vietnam dan Thailand juga memiliki peluang besar


2. Jadwal Timnas Indonesia di Piala AFF U-19

Pemain Timnas Indonesia U-19, Marselino Ferdinan, tengah membawa bola dibayang-bayangi pemain Vietnam di Piala AFF U-19.

“Tim tuan rumah berambisi untuk juara, sehingga mereka akan mengerahkan segala upaya untuk memastikan lolos ke putaran final,” ujar Raja Isa.

“Thailand memang mampu memenangi pertandingan pembuka dan Myanmar mampu menang atas Brunei, tentu saja ini akan sulit. Vietnam dan Indonesia masih bisa lolos,” imbuhnya.

Selanjutnya, timnas U-19 Indonesia akan menghadapi partai mudah melawan Brunei Darussalam pada Senin (03/07/22) sebelum melawan Thailand pada Rabu (06/07/22).

Baca Selengkapnya: Lini Depan Timnas U-19 Tumpul, Shin Tae-yong Bawa Pulang Pekerjaan Rumah

VietnamBola InternasionalTimnas Indonesia U-19Sepak BolaPiala AFF U-19 2022

Berita Terkini