x

Persiapan Matang tapi Apes, Brunei Calon Korban Empuk Timnas Indonesia di Piala AFF U-19

Minggu, 3 Juli 2022 13:45 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Brunei Darussalam bakal jadi lawan selanjutnya Timnas Indonesia di Piala AFF U-19 2022. Foto: Naufal/PSSI.

INDOSPORT.COM - Brunei Darussalam bakal jadi lawan selanjutnya Timnas Indonesia di Piala AFF U-19 2022.

Hanya saja, sepak terjang mereka saat awal berlangsungnya turnamen sepak bola kelompok usia level Asia Tenggara ini tidak terlalu cemerlang.

Baca Juga

Pasalnya, Brunei Darussalam jadi salah satu kontestan di Grup A yang paling merana setelah jadwal matchday pertama selesai digelar.

Bagaimana tidak? Mereka dihajar habis-habisan oleh Myanmar dengan skor horor 7-0 tanpa diberi satu pun kesempatan mencetak gol.

Hasil ini pula yang pada akhirnya melejitkan Myanmar ke puncak klasemen sementara Grup A Piala AFF U-19 2022 dengan 3 poin.

Baca Juga

Di sisi lain, hasil positif lainnya juga diraih oleh Timnas Thailand U-19 yang menaklukkan Filipina dengan cukup ngoyo.

Tidak banyak yang bisa dilakukan para pemain muda skuat Gajah Perang lantaran hanya mencatatkan skor akhir yang sangat tipis, 1-0.

Kemudian, seperti diketahui, Timnas Indonesia U-19 sendiri bermain imbang melawan Vietnam, Sabtu (2/7/22) malam WIB.

Baca Juga

Shin Tae-yong sebagai pelatih pun mengakui bahwa finisihing para pemainnya di laga semalam masih belum maksimal.

Menurutnya, untuk bisa mencetak gol itu diperlukan timing umpan yang baik serta kecepatan bola yang pas.


1. Brunei dan Indonesia di Matchday 2 Grup Piala AFF U-19

Brunei dan Indonesia bakal berjumpa di matchday 2 Grup Piala AFF U-19. Foto: Zainal Hasan/INDOSPORT.

Untuk itu, ia akan menjadikan ini catatan perbaikan Timnas Indonesia U-19 sebelum berjumpa lawan Brunei Darussalam.

Sebagai informasi, Timnas Indonesia U-19 dijadwalkan menghadapi lawan keduanya di matchday Grup A ini pada Senin (4/7/22) mendatang.

Baca Juga

Jelang pertandingan melawan Brunei Darussalam, Shin Tae-yong juga angkat bicara. Meski sadar kubu seberang baru saja dihantam tujuh gol tanpa balas, ia harus mempersiapkan timnya jauh lebih baik lagi.

“Memang Brunei kalah besar hari ini, sedangkan kami seri, jadi memang harus memikirkan segala sesuatunya,” ucapnya.

Kekalahan mengerikan Brunei Darussalam ini tentu cukup menyakitkan bagi skuat asuhan Faisalani Ghani tersebut.

Baca Juga

Pasalnya, mereka termasuk kontestan yang telah memulai persiapan ke Piala AFF U-19 dengan penuh kematangan.

Mereka bahkan jadi tim pertama yang datang pada akhir Juni lalu. Tujuannya tidak lain tidak bukan adalah beradaptasi dengan situasi serta atmosfer Indonesia.

Benar saja, seolah tidak ingin membuang waktu, setibanya di Indonesia mereka langsung menggeber latihan, meski tidak berat.

Baca Juga

Pada 25 Juni lalu, PSSI-nya Brunei Darussalam pun membagikan secuil ‘pemandangan’ latihan tim, yang uniknya, memanfaatkan salah satu sisi jalanan di Jakarta.

Dalam foto-foto yang diunggah di media sosial, para pemain Timnas Brunei U-19 terlihat melakukan beberapa model latihan termasuk menggunakan matras.\

 

2. Persiapan Matang dan Optimisme Timnas Brunei U-19

Brunei Darussalam sempat mengungkapkan optimisme mereka jelang berpartisipasi di Piala AFF U-19 2022.

Sebelum memulai perjuangannya di Piala AFF U-19 pun, Brunei Darussalam melalui manajer mereka, Nazib Ali, juga menunjukkan optimisme tinggi walau tantangan besar menanti di depan mata mereka saat itu.

“Skuat ini punya bakat. Jika bisa bermain dengan kemampuan terbaiknya, mereka akan tampil sangat mengejutkan,” ucapnya seperti pernah diwartakan Borneo Bulletin.

Baca Juga

Pada kesempatan yang sama, ia juga berharap anak-anak asuhnya bermain dengan rasa patriotisme, dan yang paling penting bisa mengontrol diri saat menghadapi lawan-lawannya.

Senada dengan Nazib Ali, kapten Timnas Brunei U-19 yakni Eddy Shahrol Izzat Haji Omar juga tidak kalah menyerukan semangat serta optimisme yang tinggi.

“Walau kami berada di grup yang katanya grup nereka, dengan sejumlah tim hebat di wilayah ini, kami percaya bisa bertarung denga baik,” ucapnya.

Baca Juga

“Insyaallah kami bisa meraih poin dari pertandingan-pertandingan melawan mereka,” tambah pemain berusia 18 tahun tersebut.

Namun sayangnya, Brunei Darussalam belum berhasil meraih hasil positif di matchday pertamanya di Piala AFF U-19 2022.

Akan tetapi kompetisi baru dimulai dan mereka masih punya banyak waktu untuk memperbaiki hasil minus melawan Myanmar kemarin.

Baca Juga

Perjuangan pertama pun akan dimulai dengan melawan Timnas Indonesia U-19. Apakah optimisme yang ditunjukkan manajer dan kapten tim Eddy Shahrol Izzat Haji Omar nantinya bisa berbuah manis?

Apa pun hasilnya nanti, Timnas Brunei U-19 yang saat ini tengah apes di Grup A tetap jadi sasaran empuk bagi anak-anak asuh Shin Tae-yong untuk ditaklukkan.

Apalagi, Muhammad Ferarri dkk juga membidik poin penuh usai hasil imbang mereka kontra Vietnam.

Brunei DarussalamTimnas u-19Bola InternasionalTimnas Indonesia U-19Berita Timnas IndonesiaOne FootballPiala AFF U-19 2022

Berita Terkini