x

Bedah Kualitas Antony, Calon Pengganti Cristiano Ronaldo di Manchester United

Senin, 4 Juli 2022 17:08 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Pemain Ajax, Antony Matheus dos Santos, yang digadang-gadang sebagai calon pengganti Cristiano Ronaldo di Manchester United. Foto: Instagram@antony00.

INDOSPORT.COM - Manchester United sedang dikaitkan dengan bintang Ajax sekaligus Timnas Brasil, Antony, yang digadang-gadang bisa jadi pengganti Cristiano Ronaldo.

Dalam beberapa waktu belakangan, jagat sepak bola digegerkan dengan kabar Cristiano Ronaldo ingin angkat kaki dari Old Trafford.

Baca Juga

Meski bukan nama baru di Manchester United, pemain Portugal tersebut tergolong ‘anyaran’ di kubu Setan Merah lantaran belum lama didatangkan dari Juventus.

Ia mendarat pada Agustus 2021 lalu dan belum sempat menyumbang gelar untuk Manchester United di periode keduanya kal ini.

Meski begitu, pencapaian individu ayah lima anak ini musim lalu tidaklah terlalu buruk usai finis di peringkat tiga daftar top skor Liga Inggris 201-2022 dengan 18 gol.

Baca Juga

Ia hanya kalah dari dua peraih Golden Boot yang masing-masing mencatatkan 23 gol, Mohamed Salah (Liverpool) dan Son Heung-min (Tottenham Hotspur).

Hanya saja, performa Manchester United yang jeblok hingga terlempar dari Liga Champions menjadi noda tersendiri di CV Cristiano Ronaldo musim lalu.

Sejatinya, rumor hengkangnya sang pemain dari klub yang sudah membesarkan namanya ini sudah sempat beredar berbulan-bulan lalu, menyusul kabar akan direkrutnya Erik ten Hag sebagai manajer baru.

Baca Juga

Menyusul kabar tersebut, isu perombakan skuat Setan Merah pun mulai mencuat dan nama CR7 juga turut terseret ke dalamnya.

Sempat mereda, kini ia lagi-lagi dikaitkan dengan pintu keluar Manchester United, bahkan kabarnya bakal digantikan dengan salah satu pemain idaman Erik ten Hag di Ajax, Antony Matheus dos Santos.


1. Dulu Moncer di Ajax Bersama Erik ten Hag

Pemain Ajax dan Timnas Brasil, Antony Matheus dos Santos. Instagram@antony00

Kabar yang menyebut nama Antony ini sudah beredar luas dalam beberapa waktu terakhir, seperti salah satunya diwartkan laman Sportsmole.

Pemain yang satu ini pun disebut-sebut sebagai idaman Erik ten Hag untuk menggantikan Cristiano Ronaldo.

Baca Juga

Ya, lagi-lagi ada aroma Ajax di daftar incaran Erik ten Hag yang dikaitkan dengan Manchester United. Sebelumnya, nama Jurrien Timber juga pernah disebut-sebut dalam rumor transfer yang melibatkan Setan Merah.

Kini, klub pun dihadapkan pada tantangan besar apabila ingin memboyong Antony dari Ajax. Bukan apa-apa, winger berusia 22 tahun tersebut kabarnya dilabeli sangat tinggi oleh sang raksasa sepak bola Belanda.

Laporan dari Sportsmole menyebut, Ajax bisa mematok harga 70 hingga 80 juta poundsterling untuk Antony.

Baca Juga

Yang artinya, Manchester United harus menyiapkan aggaran sekitar 1,2 hingga 1,4 triliun rupiah untuk menebusnya.

Namun tingginya value Antony tersebut tentu bukan tanpa alasan, mengingat ia termasuk pemain yang tampil cemerlang di bawah asuhan Erik ten Hag selama di Ajax.

Sepak terjangnya terbilang impresif musim lalu setelah mencatatkan 12 gol dan 11 assist dari total 33 pertandingan di semua kompetisi.

Baca Juga

Ia bahkan punya kesan mendalam terhadap Erik ten Hag dan menyampaikan pesan menyentuh ketika pelatihnya tersebut hengkang ke Manchester United.

“Terima kasih atas semua yang sudah Anda ajarkan ke saya. Saya akan selalu di sisi Anda setiap Anda membutuhkannya,” tulis Antony di Instagram.

 

2. Siapa Antony?

Pemain Ajax, Antony Matheus dos Santos, yang digadang-gadang sebagai calon pengganti Cristiano Ronaldo di Manchester United. Foto: Instagram@antony00.

Antony merupakan pemain kelahiran Osasco, Sao Paulo, 24 Februari 2000, yang mengawali langkah sebagai pesepak bola dari akademi klub kota kelahirannya pada 2010.

Kini, ia tumbuh menjadi seorang pemuda dengan postur dan perawakan yang tidak terlalu menjulang untuk kategori pemain sepak bola.

Baca Juga

Dengan tinggi badannya yang ‘hanya’ 175 cm, kecepatan serta akselerasi pun jadi senjata utama saat menghadapi lawan-lawannya di lapangan.

Seperti kawan-kawan sekompatriotnya, Antony memiliki bakat sepak bola khas Negeri Samba, Brasil.  Ia akan langsung bergerak ke depan setiap kali mendapatkan bola.

Selain itu, ia juga memiliki keberanian, trik, serta mampu menciptakan peluang mencetak gol untuk dirinya sendiri maupun rekan-rekan satu timnya.

Baca Juga

Ia tidak akan peduli situasi apa yang ia hadapi dan berapa banyak pemain bertahan dari tim lawan di sekitarnya.

Kualitas yang dimiliki Antony pun tidak pernah lepas dari mata Erik ten Hag, yang bahkan akan sangat menyayangkan apabila Ajax melepas salah satu pemain mudanya itu.

Menurutnya, kepergian Antony akan membawa kerugian bagi Ajax, karena kehilangan salah satu aset mereka yang paling berharga.

Baca Juga

“Ajax akan kehilangan karena sekarang tidak ada pemian yang bisa mengambil alih perannya,” kata Erik ten Hag kepada De Telegraaf saat masih menangani De Godenzonen awal tahun ini.

Akan tetapi, kini Erik ten Hag tentu sudah tidak ada urusan lagi dengan Ajax dan tidak perlu khawatir bakal ditinggal Antony. Sekarang ia bahkan bisa memboyongnya ke Manchester United jika mau.

Manchester UnitedCristiano RonaldoAjax AmsterdamLiga Primer InggrisLiga InggrisErik ten HagOne Football

Berita Terkini