x

Kontroversi Abel Camara di Piala Presiden 2022: Barito Protes, PT LIB Berpihak ke Arema

Senin, 4 Juli 2022 13:51 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Abel Camara jalani debut di Piala Presiden 2022.

INDOSPORT.COM - Kontroversi Abel Camara di Piala Presiden 2022 masih berlanjut. Walau Barito Putera protes, tapi PT Liga Indonesia Baru berpihak ke Arema FC.

Kasus ini berawal dari Arema FC yang baru saja memperkenalkan Abel Camara sebagai pemain asing anyar Singo Edan pada Jumat (1/7/22). Ia berposisi sebagai penyerang.

Baca Juga

Namun, walau baru diperkenalkan, tapi Abel Camara sudah menjalani debut bersama Arema FC di perempat final Piala Presiden 2022, Sabtu (2/7/22) sore.

Kala itu, Arema FC dijadwalkan menjamu Barito Putera di Stadion Kanjuruhan. Tak pelak, pihak Laskar Antasari melayangkan protes karena hadirnya sosok Abel Camara.

Menurut pelatih Barito Putera, Dejan Antonic, tim harusnya tidak menggunakan pemain baru dalam turnamen yang sedang bergulir.

Baca Juga

"Saya pikir yang fair adalah tim yang didaftarkan dari awal harus bisa main sampai akhir," terang Dejan Antonic.

"Kalau seperti ini kita bisa saja meminjam pemain dari Madura United atau dari mana saja, jadi turnamen ini seperti sirkus," ucap mantan pelatih Madura United tersebut.

Keputusan ini dirasa tidak menghormati kerja keras dan usaha para pemain yang sudah bersungguh-sungguh berlatih sejak awal, untuk dapat jam terbang di turnamen.

Baca Juga

"Saya tidak setuju membawa pemain baru untuk putaran kedua (babak delapan besar dan seterusnya)," tegas Dejan Antonic lagi.

"Nanti di final bisa saja kita bawa semua pemain baru," sindir pelatih 53 tahun itu.


1. PT LIB: Kalau Ada Pelanggaran Pasti Kita Laporkan

Direktur Utama LIB, Ahmad Hadian Lukita.

Meski demikian, Arema FC tetap ngotot menurunkan Abel Camara di pertandingan perempat final Piala Presiden 2022, Sabtu (2/7/22). Hasilnya, skor 0-0 di menit akhir.

Laga dilanjutkan dengan babak adu penalti. Arema FC berhasil unggul atas Barito Putera dengan agregat 5-4, dan Singo Edan pun melaju ke semifinal Piala Presiden 2022.

Baca Juga

Salah satu gol penalti dilesakkan oleh Abel Camara, menembus gawang Barito Putera yang dikawal kiper andalan, Joko Ribowo.

Menyikapi kontroversi Abel Camara yang hadir di line up Arema FC, Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita akhirnya angkat bicara.

Dia mengatakan soal regulasi pendaftaran pemain semestinya dilakukan sebelum kick off Piala Presiden 2022. Setiap tim dapat jatah maksimal mendaftarkan 35 pemain.

Baca Juga

Namun, tidak semua klub tahu siapa saja pemain yang didaftarkan, dan apakah sang pemain sudah tiba di Indonesia atau belum.

"Sebetulnya kalau daftar pemain, klub sudah mendaftarkannya lebih awal. Memang kadang-kadang kita tidak serta-merta tahu persis isinya siapa saja."

"Misalnya klub lain merasa 'kok itu tidak didaftarkan?' padahal sudah didaftarkan," jelas Akhmad Hadian Lukita ke awak media.

Baca Juga

Mengenai kasus Abel Camara, Akhmad Hadian Lukita telah mengonfirmasi bahwa Arema FC tidak melakukan pelanggaran.

"Tidak ada yang dilanggar, kalau dilanggar pasti kita akan melaporkan semuanya," tuntas Dirut PT Liga Indonesia Baru itu.


2. Jadwal Piala Presiden 2022

Logo Piala Presiden 2022.

Semifinal Leg 1
Kamis, 7 Juli 2022
15.30 WIB PSIS Semarang vs Arema FC
20.30 WIB PSS Sleman vs Borneo FC

Semifinal Leg 2
Senin, 11 Juli 2022
15.30 WIB Arema FC vs PSIS Semarang
20.30 WIB Borneo FC vs PSS Sleman

Final Leg 1
Kamis, 14 Juli 2022

Final Leg 2
Minggu, 17 Juli 2022

Barito PuteraDejan AntonicPiala PresidenLiga IndonesiaArema FCPT Liga Indonesia Baru (PT LIB)Akhmad Hadian LukitaPiala Presiden 2022Abel Camara

Berita Terkini