x

3 Tim yang Paling Sering Tampil di Laga Pembuka era Liga 1 Sejak 2017

Rabu, 6 Juli 2022 18:15 WIB
Editor: Juni Adi
Logo Liga 1 BRI 2021

INDOSPORT.COM - Tiga tim ini paling sering tampil di pertandingan pembuka pada era Liga 1 sejak musim 2017 lalu.

Kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Indonesia, Liga 1 musim 2022-2023 tidak lama lagi akan segera dimulai.

PSSI melalui Ketua Umumnya, Mochamad Iriawan, sudah mengonfirmasi tanggal mulai bergulirnya Liga 1 musim baru yakni pada 27 Juli 2022 mendatang.

Baca Juga

"Insyallah Liga 1 akan digelar mulai tanggal 27 (Juli)," kata Iriawan di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (02/07/22) kemarin.

Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu mengatakan bahwa federasi yaitu PSSI dan operator Liga 1, PT Liga Indonesia Baru (PT LIB), tengah mempersiapkan segala sesuataunya yang dibutuhkan untuk kelancaran kompetisi.

Akan tetapi tidak lama setelah itu, Iwan Bule mengatakan ada perubahan terkait jadwal kick-off Liga 1 setelah banyak pertimbangan, ditentukan akan dimulai pada 23 Juli 2022 alias maju empat hari lebih cepat.

Baca Juga

“Kami harus mempertimbangan banyak agenda timnas Indonesia dan lainnya selama kompetisi musim 2022-2023 bergulir. Hasilnya, kick-off pada 23 Juli nanti merupakan waktu paling ideal untuk semua tim Liga 1," kata Mochamad Iriawan.

 "Kami juga sudah melakukan koordinasi langsung dengan pemerintah. Baik itu Kemenpora, Kemenkes, Satgas Covid, dan juga Mabes Polri," imbuhnya. 

Sementara itu, Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita, menjelaskan bahwa banyaknya agenda sepanjang 2022-2023 membuat jadwal Liga 1 harus disesuaikan.

Baca Juga

Di antaranya international match pada 19-27 September 2022 dan 20-28 Maret 2023. Sebelumnya, PT LIB menyatakan bahwa Liga 1 musim 2022-2023 akan berlangsung hingga April 2023.

Musim lalu, Liga 1 dilaksanakan pada Agustus 2021 sampai Maret 2022, di mana Bali United keluar sebagai juaranya.

Sementara untuk formatnya, musim lalu bergulir dengan format seri, tanpa penonton, dan penerapan gelembung (bubble) karena berlangsung di tengah pandemi Covid-19.

Namun, pada musim 2022-2023, Liga 1 dipastikan kembali ke format semula. Nantinya, kompetisi sepak bola tertinggi di Indonesia ini menggunakan format kandang-tandang.

Bahkan kabarnya pertandingan bisa dihadiri lagi oleh penonton di stadion seiring semakin terkendalinya kasus Covid-19 di Tanah Air.

Usai diumumkannya tanggal kick-off, PSSI dan PT LIB kemudian menyebar draf jadwal ke seluruh kontestan Liga 1 2022-2023. 

Usai diumumkannya tanggal kick-off, PSSI dan PT LIB kemudian menyebar draf jadwal ke seluruh kontestan Liga 1 2022-2023.

Draf tersebut kemudian bocor ke media sosial. Adapun pertandingan pembuka akan mempertemukan juara bertahan, Bali United melawan Persija Jakarta, yang rumornya akan digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.

Berikut tim-tim yang sering tampil di pertandingan perdana Liga 1 sejak 2017. Siapa saja mereka?


1. Persija Jakarta

Pertandingan Liga 1 Persija vs Bali United.

Tim pertama yang sering tampil di laga pembuka Liga 1 adalah Persija Jakarta. Macan Kemayoran tercatat dua kali melakoni pertandingan perdana.

Pertama terjadi di laga pembuka Liga 1 2018 melawan juara bartahan, Bhayangkara FC di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Baca Juga

Saat itu Bhayangkara FC sebagai tim juara menjamu Persija yang merupakan peringkat empat liga.

Meski dinilai akan menjadi pertandingan yang sengit, akan tetapi pertandingan ini justru berakhir antiklimaks. Kedua tim gagal mencetak gol dan pertandingan berakhir dengan skor kacamata 0-0.

Sedangkan untuk pertandingan kedua Persija di laga pembuka Liga 1, akan terjadi pada musim depan 2022-2023.

Baca Juga

Hal itu berdasarkan dari draf jadwal yang sudah tersebar dan bocor ke publik, mempertemukan juara bertahan Bali United melawan Persija di Stadion Kapten I Wayan Dipta.

Bali United

Selanjutnya ada Bali United. Tim kebanggaan masyarakat Pulau Dewata itu kerap jadi tim yang ditampilkan di laga perdana Liga 1. 

Pertama pada musim 2021 lalu. Bali United berhadapan dengan Persik Kediri di Stadion Kapten I Wayan Diptan, Gianyar, Bali.

Baca Juga

Menurunkan kekuatan terbaiknya, Bali United harus mendapat perlawanan sengit dari Persik Kediri yang pada saat itu berstatus tim promosi.

Pada akhirnya Bali United mampu memenangkan pertandingan dengan skor 1-0. GOl tunggal dicetak oleh Muhammad Rahmat menit ke-83. 

Di akhir kompetisi, Bali United menjadi juara sekaligus mencatat sejarah tim pertama yang merebut gelar Liga 1 secara back to back atau dua musim beruntun (2019, 2021).

Bali United akan kembali bermain di laga pembuka Liga 1 musim depan melawan Persija Jakarta, jika draf jadwal yang sudah disebar tidak ada perubahan.


2. Persik Kediri

Selebrasi gol pemain Persik Kediri Joanderson. Foto: Ian Setiawan/Indosport.com

Persik Kediri akhirnya sukses kembali tampil di kompetisi kasta tertinggi sepak bola nasional, Liga 1, setelah promosi pada musim 2019 dari Liga 2.

Di musim debutnya setelah degradasi, Persik Kediri menyambut Liga 1 musim 2020 menjadi tim yang ditentukan oleh operator liga untuk tampil di laga perdana melawan sesama klub Jawa Timur, Persebaya Surabaya.

Baca Juga

Pertandingan Liga 1 2020 berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya. Hasilnya, skuad Bajul Ijo yang berstatus sebagai tim tuan rumah gagal meraih tiga poin perdana.

Sebab, duel antara kedua tim legendaris ini berakhir sama kuat dengan skor 1-1. Baru berjalan beberapa pekan, Liga 1 musim 2020 harus dihentikan karena terjadi pandemi Covid-19.

Setelah tak ada izin dari pemerintah dan pihak keamanan dalam waktu cukup panjang, PSSI, PT LIB dan seluruh klub peserta sepakat kalau Liga 1 2020 resmi dihentikan alias bubar.

Baca Juga

Jeda hampir setahun lebih, Pemerintah kemudian mengizinkan olahraga kembali digelar termasuk kompetisi sepak bola.

Liga 1 2021 dimulai dengan menampilkan laga pembuka antara Bali United vs Persik Kediri di Stadion Kapten I Wayan Dipta.

Baca Juga

Itu artinya, Persik Kediri sudah dua kali tampil di laga pembuka Liga 1 secara beruntun.

Hasil Bali United vs Persik Kediri berakhir dengan skor 1-0 untuk kemenangan Serdadu Tridatu. Gol tunggal dicetak oleh Muhammad Rahmat.

Persija JakartaPSSIPersik KediriBali UnitedLiga 1PT Liga Indonesia Baru (PT LIB)TRIVIAMochamad IriawanBerita Liga 1Liga 1 2022-2023

Berita Terkini