x

Piala AFF U-19 2022: Kapten Timnas Indonesia Cedera, Pelatih Thailand Girang

Rabu, 6 Juli 2022 09:30 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Prio Hari Kristanto
Jelang lawan Indonesia di matchday ketiga fase Grup A Piala AFF U-19 2022, pelatih Timnas Thailand U-19, Salvador Garcia, sudah tebar psywar menyentil.

INDOSPORT.COM – Jelang lawan Indonesia di matchday ketiga fase Grup A Piala AFF U-19 2022, pelatih Timnas Thailand U-19, Salvador Garcia, sudah tebar psywar menyentil.

Pelatih bertangan dingin itu menilai bahwa kondisi Timnas Indonesia U-19 yang kehilangan sang kapten, Muhammad Ferrari, karena cedera, memberi keuntungan besar kepada Thailand.

Baca Juga

Ya, Muhammad Ferrari memang mengalami cedera kaki sejak membela Timnas Indonesia di matchday pertama jumpa Vietnam.

Kemudian dia sempat absen dalam matchday kedua saat Timnas Indonesia U-19 berjumpa Timnas Brunei Darussalam U-19, Senin (04/07/22).

Dalam laga lawan Brunei Darussalam itu, meski Muhammad Ferrari absen, namun Pasukan Garuda Nusantara meraih kemenangan telak 7-0.

Baca Juga

Kini, menjelang duel Timnas Indonesia U-19 kontra Thailand pada Rabu (06/07/22), dimungkinkan Muhammad Ferrari masih belum bisa turun untuk berpartisipasi.

Kondisi inilah yang disebut oleh pelatih Timnas Thailand, Salvador Garcia, sebagai sebuah ‘kabar baik’ sekaligus keuntungan ‘besar’ bagi pasukannya demi mendulang kemenangan di Piala AFF U-19 2022.

Salvador Garcia terang-terangan ingin memanfaatkan kondisi Timnas Indonesia U-19 yang diprediksi bakal ‘mengalami ‘ gangguan lantaran Muhammad Ferrari berpotensi absen.

Baca Juga

“Pertandingan melawan Indonesia juga merupakan pertandingan ynang cukup sulit. Namun kabar baiknya, Kapten mereka cedera dalam pertandingan melawan Vietnam,” ucap Salvador Garcia  melansir Thai Post.

“(Kondisi) ini mungkin menjadi keuntungan bagi kami ketika Indonesia akan mengubah permainan karena gangguan personel,” sambung Salvador Garcia.


1. Persiapan Thailand demi Kalahkan Timnas Indonesia

Laga Timnas Indonesia U-19 vs Thailand di Piala AFF U-19 2022, akan dilangsungkan di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Rabu (6/7/22).

Lebih lanjut, Timnas Thailand mengaku sudah melakukan berbagai persiapan untuk misi mengalahkan Timnas Indonesia dalam lanjutan Piala AFF U-19 2022.

“Untuk analisis permainan, kami sudah memantau permainan Indonesia di Piala Toulon (Prancis). Tetapi mereka memiliki perubahan pelatih kepala dan system permainan,” ucap Salvador Garcia.

Baca Juga

“Jadi saya harus membuat prediksi dan menyelesaikan pekerjaan rumah saya. Dan segala perubahan, harus kami analisis dari pertandingan Timnas Indonesia melawan Brunei Darussalam, serta pertandingan mereka menghadapi Vietnam,” sambung Salvador Garcia.

Meski demikian, dalam sebuah wawancara yang dilansir dari Thairath, Salvador Garcia, menganggap bahwa semua kontestan Grup A Piala AFF U-19, layak diwaspadai.

“Tentu saja, setiap negara di line-up kami, Indonesia, Myanmar, Vietnam, Brunei, dan Filipina adalah tim yang kuat,” ujarnya.

Baca Juga

Jadi meskipun Timnas Indonesia terancam tak bisa menurunkan Muhammad Ferrari nanti, namun skuat Salvador Garcia tentu tetap mewaspai kekuatan Ronaldo Kwateh dan kawan-kawan.

Apalagi Timnas Indonesia sendiri bermain di kandang sendiri, yang tentu menjadi suntikan semangat baru bagi pasukan Shin Tae-yong.

“Sejak saya memegang Timnas Indonesia, sudah bertemu tiga kali dengan Thailand. Dua kali seri, satu kali kalah. Tapi menurut saya, tim cukup ada progesnya,” ujar pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Baca Juga

"Saya tegaskan juga, walaupun pelatih kepalanya ganti, tidak mungkin timnya langsung jadi. Pasti ada waktu untuk prosesnya," kata dia menambahkan.

Laga Timnas Indonesia U-19 vs Thailand di Piala AFF U-19 2022, akan dilangsungkan di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Rabu (06/07/22).


2. Jadwal Piala AFF U-19 Hari Ini

Jadwal Piala AFF U-19, Rabu (6/7/22).

Perlu diketahui, laga Timnas Indonesia maupun Timnas Thailand ini akan menjadi matchday ketiga yang sangat krusial bagi kedua tim di fase penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022.

Pada laga sebelumnya, kedua tim sukses meraih poin meskipun tidak serupa. Pada laga perdana, Timnas Indonesia sempat ditahan imbang tanpa gol oleh Vietnam.

Tapi mereka sukses memetik kemenangan besar 7-0 atas Vietnam pada laga kedua. Sementara itu, Timnas Thailand perkasa usai menang 1-0 atas Filipina, dan menang 3-0 atas Myanmar.

Catatan tersebut membuat Timnas Indonesia mengoleksi empat poin untuk bertengger di peringkat kedua, Sementara pasukan Salvador Garcia berada di peringkat pertama Grup A Piala AFF U-19 2022.

Jadi pada laga malam nanti, kemenangan sangat diperlukan bagi Timnas Indonesia maupun Timnas Thailand untuk memperbesar peluang lolos ke babak semifinal Piala AFF U-19 2022.

Baca selengkapnya: Jadwal Piala AFF U-19 2022 Hari Ini: Laga Krusial, Timnas Indonesia U-19 vs Thailand

 

Bola InternasionalTimnas ThailandTimnas Indonesia U-19Sepak BolaPiala AFF U-19 2022

Berita Terkini