x

4 Pemain Timnas Indonesia yang Tampil Gemilang Sejauh Ini di Piala AFF U-19 2022

Jumat, 8 Juli 2022 15:45 WIB
Editor: Juni Adi
Pertandingan antara Timnas Indonesia U-19 vs Thailand U-19 Piala AFF U-19 di Stadion Patriot, Senin (06/07/22).

INDOSPORT.COM - Empat pemain ini tampil gemilang bersama Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2022 sejauh ini. Siapa saja mereka?

Duel seru tersaji di laga lanjutan babak penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022, antara Filipina vs Timnas Indonesia U-19 di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (08/07/22) malam WIB.

Baca Juga

Kemenangan wajib diraih oleh Timnas Indonesia U-19, terutama dengan skor telak demi bisa menjaga asa peluang lolos ke babak semifinal Piala AFF U-19 2022.

Saat ini, Timnas Indonesia U-19 berada di posisi ke-4 dengan koleksi 5 poin hasil dari satu kali menang dan dua kali imbang.

Di tempat ke-3 ada Myanmar dengan 6 poin, diikuti oleh Thailand dengan 7 poin dan Vietnam di pimpinan klasemen dengan 7 poin.

Baca Juga

Tambahan tiga poin akan membuat mereka naik ke puncak klasemen atau peringkat ke-2, tergantung dari hasil pertandingan lainnya.

Jika melihat dari performa calon lawannya, Filipin, kemenangan harusnya bisa didapat oleh Timnas Indonesia U-19 dengan mudah.

Pasalnya, Filipina bukanlah lawan berat. Sejauh ini mereka belum sekalipun meraih kemenangan dari tiga pertandingan Grup A yang sudah dilakoninya.

Baca Juga

Kalah melawan Myanmar, Thailand dan Vietnam. Merujuk dari catatan itu, Skuad Garuda Nusantara pun di atas kertas diunggulkan untuk mewujudkan misi kemenangan.

Sementara itu sisi lain, meski Filipina bukan lawan yang perlu diwaspadai, namun tetap saja Timnas Indonesia U-19 tidak bisa meremehkan.

Anak asuh Christopher Pedimonte itu bisa membangun serangan dan menciptakan peluang ketika menghadapi Thailand, serta mencetak gol ke gawang Vietnam dan Myanmar.

Sejauh ini, performa Timnas Indonesia U-19 sendiri masih banyak kekurangan tapi tidak juga begitu mengecewakan sehingga menang melawan Filipina bisa saja terwujud.

Apalagi Timnas Indonesia U-19 mempunya sejumlah pemain yang saat ini sedang on fire. Bukan tidak mungkin performa apiknya akan kembali berlanjut saat berhadapan dengan Filipina nanti. Siapa saja mereka?


1. Hokky Caraka

Hokky Caraka, kapten Garuda Select 4. Foto: Instagram@hokkycaraka_

Nama Hokky Caraka sempat menjadi trending topic beberapa waktu lalu, saat membawa Timnas Indonesia U-19 meraih kemenangan telak melawan Brunei Darussalam dengan skor 7-0.

Empat gol diantaranya disumbang oleh Hokky Caraka, yang membuat namanya langsung melejit jadi buah bibir.

Baca Juga

Penampilan gemilang Hokky Caraka bersama Timnas Indonesia di Piala AFF U-19 khususnya melawan Brunei Darussalam, tidak lepas dari pengalamannya yang sudah teruji di level internasional.

Hal itu karena Hokky Caraka sudah menimba ilmu di Eropa bersama Garuda Select jilid 3 dan 4, dan juga merasakan atmosfer bertarung di turnamen Toulon 2022, Prancis.

Selama berada di skuat Garuda Select, pencapaian terbaik pemain 17 tahun ini adalah menjadi top skor Garuda Select jilid empat dengan mencetak total 14 gol.

Baca Juga

Statistik tersebut sudah cukup untuk membuat Hokky Caraka jadi andalan di lini depan Timnas Indonesia di Toulon Tournament dan Piala AFF U-19.

Meski di turnamen Toulon dirinya tidak mencetak gol, tapi pelatih mempercayakan Hokky Caraka untuk selalu tampil sebagai starter.

Potensi yang dimiliki Hokky Caraka seagai penyerang tajam juga sempat diakui oleh pelatih Garuda Select, sekaligus mantan pemain Chelsea, Dennis Wise.

Baca Juga

"Saya waktu mendapatkan pertanyaan dari tim pelatih, ‘Selain posisi stopper kamu bisanya apa, saya jawab jadi striker," katanya kepada awak media.

"Kemudian saat sesi game, babak pertama jadi stopper kemudian babak kedua di tes jadi striker, alhamdulillah cetak tiga gol."

"Dari situ Dennis Wise makin yakin saya aslinya bukan stopper jadinya dipasang jadi striker," tandas pemain yang saat ini memiliki kontrak bersama klub Liga 1, PSS Sleman. 
 
Sayang, dirinya gagal melanjutkan ketajamannya saat Timnas Indonesia U-19 berhadapan dengan Thailand. Kedua tim bermain imbang 0-0.

Meski begitu kehadiran Hokky Caraka tetap menjadi andalan Timnas Indonesia U-19 di lini depan, untuk meraih hasil maksimal di dua laga krusial selanjutnya melawan Filipina dan Myanmar.


2. Cahya Supriadi

Kiper muda Persija Jakarta U-18, Cahya Supriadi.

Cahya Supriadi saat ini menjadi bintang andalan Timnas Indonesia U-19 di ajang Piala AFF U-19 2022, karena penampilan memukaunya di bawah mistar gawang.

Posisinya kian tak tergantikan, usai melakukan sejumlah penyelamatan krusial dalam tiga pertandingan terakhir di Grup A Piala AFF U-19 2022, melawan Vietnam, Brunei Darussalam dan Thailand.

Baca Juga

Sejauh ini bahkan gawangnya belum tersentuh kebobolan. Ia melakukan clean sheet di tiga laga terbebut, 0-0, 7-0, dan 0-0.

Penjaga gawang asal Persija Jakarta itu mendapatkan pujian dari pelatih Thailand, Salvador Valero Garcia berkat penampilan heroiknya untuk Timnas Indonesia U-19.

Baca Juga

Sebelumnya Cahya Supriadi sempat membela Timnas Indonesia U-23, namun diturunkan oleh pelatih Shin Tae-yong karena usianya masih cukup 19 tahun.

Cahya Supriadi bermain beberapa kali dalam rangkaian uji coba Timnas Indonesia U-19 di Korea Selatan pada Maret-April 2022, dan juga turnamen Toulon 2022 di Prancis.

Baca Juga

Dia bergantian menjadi penanggung jawab di bawah mistar gawang Timnas Indonesia U-19 bersama kiper Persis Solo, Erlangga Setyo.


3. Marselino Ferdinan

Gelandang Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan di laga ujicoba melawan Timor Leste dalam pertandingan di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Kamis (27/01/22). Foto : Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

Marselino Ferdinan jadi satu-satunya pemain yang sangat menonjol di Timnas Indonesia U-19 2022 ini. Bagaimana tidak, performanya mengundang banyak pujian, karena bermain dengan visi yang jelas.

Hal itu sudah ia perlihatkan saat laga perdana melawan Vietnam di Grup A Piala AFF U-19 2022.

Baca Juga

Beberapa peluang berbahaya ia ciptakan, sayang tak ada yang berbuah gol. Seperti di babak kedua salah satu peluangnya ketika ia melepaskan tembakan ke arah gawang tapi hanya menyentuh mistar.

Di dua laga selanjutnya pun ia kembali melanjutkan performa apiknya saat melawan Brunei Darussalam dan Thailand.

Sayang, para publik Tanah Air harus rela tak lagi melihat aksi Marselino Ferdinan di Piala AFF U-19 2022 ini, karena sang pemain harus menepi hingga dua bulan akibat cedera.

Baca Juga

Marselino Ferdinan mengalami cedera pada menit ke-41, saat Indonesia berhadapan dengan Thailand,  setelah mencoba mengirim umpan ke sisi pertahanan timnas U-19 Indonesia dengan backheel.

Namun setelah itu, Marselino justru langsung terkapar di atas lapangan dan membuat tim medis bergegas masuk guna memberi pertolongan.

Sempat melanjutkan pertandingan, meski pada akhirnya rasa sakit membuatnya tak bisa bertahan lebih lama dan ditarik keluar digantikan Muhammad Ferrari.

Baca Juga

Arkhan Fikri

Arkhan Fikri ada di posisi keempat dalam daftar ini. Dia tampil gemilang saat Timnas Indonesia U-19 membantai Brunei Darussalam, 7-0.

Arkhan menorehkan satu gol dan dua assist dalam pertandingan tersebut. Dia diharapkan tampil gemilang lagi saat Timnas Indonesia U-19 melawan Thaialnd.

Piala AFF 1998Timnas Indonesia U-19TRIVIAHokky CarakaPiala AFF U-19 2022

Berita Terkini