x

Sandro Reyes, Jebolan Barcelona yang Bisa Repotkan Timnas Indonesia di Piala AFF U-19

Jumat, 8 Juli 2022 08:49 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Pemain Timnas Filipina di Piala AFF U-19 2022, Sandro Reyes (kanan). Foto: instagram/_sandroreyes.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia bakal menghadapi Filipina yang diperkuat jebolan Barcelona, Sandro Reyes, di Piala AFF U-19 2022.

Berdasarkan jadwal matchday 4 yang bakal dilakoni anak-anak asuh Shin Tae-yong, laga melawan Filipina U-19 rencananya diselenggarakan hari ini, Jumat (8/7/22).

Baca Juga

Masih bertanding di Stadion Patriot Candrabhaga, skuat Garuda Nusantara dipastikan tampil dengan dukungan penuh dari suporter tuan rumah.

Sampai tulisan ini dibuat, Timnas Indonesia U-19 telah melakoni tiga pertandingan di Grup A Piala AFF U-19 2022.

Langkah pertama mereka di kompetisi ini sempat berjalan kurang mulus lantaran bermain imbang tanpa gol melawan Vietnam U-19.

Baca Juga

Akan tetapi, skor kacamata tersebut berhasil ditebus dengan kemenangan telak melawan Brunei U-19 dengan skor telak 7-0.

Ya, tidak tanggung-tanggung memang, cara Timnas Indonesia U-19 mengamuk di matchday kedua mereka tempo hari.

Hasil melawan Brunei U-19 itu pula yang membawa Hokky Caraka melejit bak roket sebagai top skor sementara Piala AFF U-19 2022 dengan raihan 4 golnya.

Baca Juga

Meledaknya permainan Indonesia saat menghadapi Brunei, ternyata gagal berlanjut saat berjumpa lawan tangguh, Thailand.

Sama seperti Vietnam, pertandingan sengit yang digelar pada hari Rabu tanggal 6 Juli lalu berakhir antiklimaks tanpa satu gol pun tercipta.


1. Tentang Sandro Reyes

Pemain Timnas Filipina di Piala AFF U-19 2022, Sandro Reyes (kanan). Foto: instagram/_sandroreyes.

Kini, Indonesia melanjutkan perjuangan mereka di Piala AFF U-19 2022 dengan menghadapi Filipina, tim apes lainnya yang sengsara di Grup A.

Bagaimana tidak? Dari tiga pertandingan yang telah dimainkan, mereka sama sekali belum meraih poin.

Baca Juga

Kekalahan beruntun di tiga matchday seperti Brunei juga membuat Filipina menyandang status juru kunci Grup A dengan poin nol.

Sekilas, hal ini nampak menguntungkan Indonesia yang berada sedikit di atas angin dari Filipina jelang bentrokan mereka nanti.

Poin penuh pun harus diraih demi perburuan tiket ke semifinal yang sangat ketat, terutama dengan adanya Vietnam dan Thailand yang saat ini menguasai puncak klasemen sementara.

Baca Juga

Filipina mungkin bukan lawan yang sulit untuk ditaklukkan, namun mereka juga punya senjata ampuh untuk menghadapi Indonesia.

Adalah Sandro Reyes, pemain yang pernah menimba ilmu di akademi Barcelona. Gelandang kelahiran 29 Maret 2003 ini pun memiliki pengalaman yang cukup mengenyangkan sebelum tampil di Piala AFF U-19 2022.

Di usianya yang masih 19 tahun, ia bak murid akselerasi di sekolah yang lompat kelas karena dianggap pintar dan berbakat.

Baca Juga

Sandro Reyes tercatat sebagai pemain yang telah membela Timnas Filipina di berbagai kelompok usia, dan bahkan sudah menginjakkan kaki di tim senior.

Ia dipanggil untuk memperkuat skuat berjuluk Azkals tersebut dan melakoni debut di perhelatan Piala AFF 2020.


2. Memang Kenyang Pengalaman

Pemain Timnas Filipina di Piala AFF U-19 2022, Sandro Reyes (kanan). Foto: instagram/_sandroreyes.

Selain itu, jika harus membedah CV-nya, Sandro Reyes juga tercatat pernah berpartisipasi di kualifikasi Piala Asia U-23.

Ia mendapat panggilan dari Timnas Filipina U-23 untuk memperkuat tim di pertandingan melawan Korea Selatan, Timor-Leste, dan Singapura.

Baca Juga

Kemudian, catatan menarik lainnya yang bisa dikulik dari Sandro Reyes adalah pemanggilannya ke skuat Norman Fegidero untuk gelaran SEA Games 2021 di Vietnam belum lama ini.

Dengan seabrek pengalaman tersebut, Sandro Reyes tentu sudah familier dengan persaingan ketat di kompetisi-kompetisi bergengsi sepak bola.

Jebolan Barcelona

Terlepas dari sepak terjangnya sebagai veteran muda di Timnas Filipina, Sandro Reyes juga sosok yang mencolok berkat historinya di Barcelona.

Baca Juga

Ia termasuk pemain beruntung lantaran bisa mencicipi ilmu di FCB Escola, yang sekarang dikenal dan disebut sebagai akademi Barcelona.

Berdasarkan informasi di laman resmi klub, FCB Escola merupakan sekolah flagship Barcelona yang menerima murid binaan baik laki-laki maupun perempuan di rentang usia 6 sampai 18 tahun.

Setelah menimba ilmu berharga selama dua tahun di sana, Sandro Reyes bergabung dengan akademi Santboia, sebuah klub yang berkompetisi di divisi bawah Liga Spanyol.

Baca Juga

Setelah cukup kenyang menimba ilmu di Negeri Matador, yang terakhir bersama UE Sants, Sandro Reyes kembali ke Filipina untuk memulai karier sepak bola profesionalnya.

Ia pun bergabung dengan Azkal Development Team (ADT) pada tahun 2021 sebelum merapat ke klub papan atas Filipina, Kaya–Iloilo, pada 2022. 

BarcelonaTimnas u-19FilipinaTimnas IndonesiaBola InternasionalTimnas Indonesia U-19Berita Timnas IndonesiaPiala AFF U-19 2022

Berita Terkini