x

Hitung-hitungan Timnas Indonesia ke Semifinal Piala AFF U-19 Usai Hajar Filipina

Sabtu, 9 Juli 2022 10:37 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Timnas Indonesia masih punya peluang meraih tiket semifinal Piala AFF U-19 2022 setelah menekuk Filipina, Jumat (8/7/22). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia masih punya peluang meraih tiket semifinal Piala AFF U-19 2022 setelah menekuk Filipina, Jumat (8/7/22).

Sebelumnya, skuat Garuda Nusantara mencatatkan hasil yang tidak terlalu buruk di tiga pertandingan pertama Grup A.

Baca Juga

Sempat bermain sama kuat dengan Vietnam, Indonesia membantai habis Brunei 7-0, namun bermain imbang lagi melawan Thailand.

Meski begitu, dewi fortuna masih berpihak kepada Indonesia saat pertandingan melawan Filipina saat matchday keempat semalam.

Bahkan, Timnas Indonesia U-19 langsung menggebrak sejak menit-menit awal babak pertama hingga menciptakan peluang emas pada menit ke-8 dan 12.

Baca Juga

Namun kebuntuan baru bisa teratasi pada menit ke-14 setelah Indonesia mendapat hadiah penalti yang dieksekusi dengan baik oleh Rabbani Tasnim.

Setelah berhasil membuka keunggulan, Indonesia pun langsung tancap gas memberondong gawang Filipina tanpa ampun.

Hingga akhirnya, pertandingan berakhir dengan kemenangan Indonesia dengan skor 5-1 setelah kubu Christopher Pedimonte sempat mengejar ketertinggalan di babak pertama.

Baca Juga

Hasil ini pun membuat Timnas Indonesia U-19 menjaga asa ke semifinal lantaran menghuni peringkat tiga di klasemen sementara Grup A.

Sementara itu, Vietnam dan Thailand berhasil memuncaki dua posisi teratas dengan raihan poin sama (10).


1. Masih Ada Harapan

Timnas Indonesia masih punya peluang meraih tiket semifinal Piala AFF U-19 2022 setelah menekuk Filipina, Jumat (8/7/22). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT.

Meski berada di peringkat ketiga, Timnas Indonesia U-19 masih berpeluang meraih tiket semifinal. Syarat utamanya, mereka harus menang melawan Myanmar di matchday kelima, Migggu (10/07/22).

Di sisi lain, Vietnam dan Thailand yang saat ini menguasai klasemen Grup A terpaksa saling sikut, lantaran keduanya akan berjumpa di matchday kelima.

Baca Juga

Hitung-hitungan Poin Sama

Salah satu skenario Indonesia bisa lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022 adalah mengantongi poin sama dengan Vietnam dan Thailand.

Vietnam dan Thailand saat ini mengantongi 10 poin, sedangkan Indonesia 8. Hasil imbang dua negara tersebut ditambah kemenangan Garuda Nusantara akan membuat ketiganya mengantongi 11 poin.

Kedudukan ini pun bakal menjadi keunggulan besar Timnas Indonesia U-19 karena produktivitas gol mereka yang jauh lebih masif.

Baca Juga

Selisih gol menjadi penentu utama ketika ada dua kontestan atau lebih yang memiliki poin sama di klasemen.

Timnas Indonesia U-19 memang menyandang predikat tim tersubur di Grup A lewat lesatan 12 gol dari 4 pertandingan.

Ronaldo Kwateh dkk sejauh ini juga sudah mengoleksi 12 gol dan hanya kebobolan 1. Yang artinya, selisih gol Indonesia +11, terbaik di antara kontestan-kontestan lainnya di Grup A.

Baca Juga

Apabila skenario ini terjadi, selain Indonesia, untuk saat ini Vietnam diprediksi jadi tim yang bakal lolos karena punya selisih gol yang lebih bagus ketimbang Thailand.

Jika Indonesia memiliki selisih gol +11, Vietnam sampai detik ini mencatatkan +9 sedangkan Thailand +6.


2. Tidak Boleh Imbang Maupun Kalah

Timnas Indonesia masih punya peluang meraih tiket semifinal Piala AFF U-19 2022 setelah menekuk Filipina, Jumat (8/7/22). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT.

Kemenangan memang misi wajib Timnas Indonesia U-19 untuk melangkah ke semifinal. Hasil imbang atau kalah akan mengubur dalam-dalam mimpi tersebut.

Bermain sama kuat hanya akan membawa mereka ke posisi tiga klasemen dengan 9 poin dan gagal melaju ke fase selanjutnya.

Baca Juga

Lalu apabila kalah, Timnas Indonesia U-19 bakal melorot ke posisi empat dan tergusur oleh Myanmar yang meraup poin penuh karena menang di pertandingan.

Kuasai Daftar Calon Top Skor

Terlepas seberapa besar peluang Timnas Indonesia melangkah ke semifinal, suburnya penampilan anak-anak asuh Shin Tae-yong di gelaran Piala AFF U-19 2022 layak mendapat apresiasi.

Produktivitas tim ini tentunya buah keberhasilan para pemain Indonesia dalam membukukan gol atas nama mereka sendiri.

Baca Juga

Namun ternyata Hokky Caraka bukan satu-satunya pemain yang menjadi pusat perhatian sepanjang kompetisi bergulir.

Di pertandingan melawan Filipina kemarin, Indonesia berhasil mencetak lima gol. Rabbani Tasnim pun tampil sebagai bintang lapangan dengan tiga golnya.

Hattrick tersebut otomatis melejitkan namanya di daftar top skor sementara Piala AFF U-19 2022, membuntuti Hokky Caraka yang mencetak quattricik di laga melawan Brunei beberapa waktu lalu.

Baca Juga

Indonesia saat ini memiliki dua wakil di dua peringkat teratas top skor sementara Piala AFF U-19 2022, bersaing ketat dengan dua pemain rival mereka.

Selain Hokky Caraka (4 gol) dan Rabbani Tasnim (3 gol), ada Nguyen Quoc Viet dari Vietnam (4 gol) dan Peter Phanthavong dari Laos (3 gol).

Timnas IndonesiaPiala AFFTimnas Indonesia U-19Berita Timnas IndonesiaPiala AFF U-19 2022

Berita Terkini