x

Piala AFF U-19: Jawab 'Keluhan' Shin Tae-yong dengan Hattrick, Rabbani Tasnim: Belajar dari Youtube!

Sabtu, 9 Juli 2022 09:59 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
Rabbani Tasnim mengungkapkan fakta mengejutkan soal penampilannya tajamnya untuk Timans Indonesia U-19 di Piala AFF di mana ia sukses mencatatkan hattrick.

INDOSPORT.COM - Rabbani Tasnim mengungkapkan fakta mengejutkan soal penampilannya tajamnya untuk Timans Indonesia U-19 di Piala AFF di mana ia sukses mencatatkan hattrick. 

Striker Timnas Indonesia U-19, Rabbani Tasnim, tampil apik saat jumpa Filipina di laga keempat Grup A Piala AFF U-19 2022, Jumat (08/07/22) di Stadion Patriot, Bekasi. Dia mampu cetak tiga gol dan bawa skuad Garuda Nusantara menang 5-1. 

Pada babak pertama, Rabbani telah cetak dua gol pada menit ke-14 dan 41 lewat titik penalti. Striker milik Borneo FC itu kemudian tambah satu gol pada babak kedua, memanfaatkan sepak pojok menit ke-50.

Baca Juga

Usai laga, Rabbani mengatakan terlecut dengan ucapan pelatih Timnas U-19, Shin Tae-yong soal minimnya striker berkualitas. Hal itu merujuk pada mandulnya lini depan ketika jumpa Vietnam dan Malaysia. 

"Saya lihat ketika coach Shin bilang kekurangan stiker dan ini menjadi motivasi bagi saya untuk ke depannya," ujar Rabbani.

Menariknya, gol pertama Rabbani lewat titik penalti mirip dengan yang biasa dilakukan dua pemain Liga Inggris, Bruno Fernandes (Manchester United) dan Jorginho (Chelsea). 

Baca Juga

Namun, striker 19 tahun itu mengaku hanya secara spontan melakukannya. Dia mempelajari gaya tersebut dari YouTube dan sangat percaya diri mengambil tugas tersebut. 

"Tidak ada trik penalti ya, cuma saya selalu siapkan opsi di lapangan dan saya belajar di YouTube mengenai tendangan penalti," tuturnya.

Baca Juga

Lebih lanjut, Rabbani menegaskan tidak punya target pribadi di Piala AFF U-19 2022. Misi utamanya adalah membantu tim meraih kemenangan dan semaksimal mungkin saat diturunkan pelatih. 

"Target pribadi ada, tapi saya tidak mau rusak tim. Saya mau bermain maksimal dan tim menang," tuntasnya.


1. Tak Sia-siakan Kesempatan

Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-19 usai mencetak ke gawang Filipina Piala AFF U-19 di Stadion Patriot, Jumat (08/07/22).

Pada tiga laga sebelumnya, Rabbani selalu bermain dari bangku cadangan. Baru saat lawan Filipina, ia dapat kepercayaan pelatih Shin Tae-yong tampil sejak menit awal hingga menit ke-56. 

Rabbani jadi pemain Timnas Indonesia U-19 kedua yang mampu cetak tiga gol atau lebih dalam satu laga di Piala AFF U-19 2022. Sebelumnya ada Hokky Caraka yang lesakan empat gol ke gawang Brunei Darussalam. 

Baca Juga

Kemenangan atas Filipina membuat Timnas U-19 naik ke peringkat tiga klasemen sementara Grup A Piala AFF U-19 2022. Skuad Garuda Nusantara menggeser Myanmar yang tadi sore kalah 1-3 dari Vietnam. 

Indonesia kini koleksi delapan poin dari empat laga atau tertinggal dua angka dari Vietnam dan Thailand yang tempati peringkat pertama dan kedua. 

Peluang Indonesia ke semifinal Piala AFF U-19 2022 masih terbuka lebar. Tapi, ada catatan yakni wajib menang pada partai terakhir lawan Myanmar pada 10 Juli nanti. 

Baca Juga

Pertandingan terakhir melawan Filipina di Piala AFF U-19 2022, kemarin. Timnas Indonesia U-19 berhasil mencetak lima gol dan kiper Cahya Supriyadi pun akhirnya pecah telur.

Berkat kemenangan besar itu, pemain muda timnas Rabbani Tasnim pun sukses menyematkan tiga gol. Dua gol lewat titik putih, sedangkan satu gol tambahannya lewat sundulan kepala.

Selain itu, gol tambahan dari Timnas Indonesia dilakukan oleh Alfriyanto Nico dan sebagai pengunci kemenangan Razzaa Fachrezi pun turun mencatatkan namanya sebagai pencetak gol lainnya.

Baca Juga

Sedangkan sewaktu membantai Brunei Darussalam, punggawa Timnas Indonesia U-19, Hokky Caraka berhasil melesatkan empat gol.

Selain itu, juga ada Ronaldo Kwateh, Arkhan Fikri dan Alfriyanto Nico yang masing-masing dari mereka mencetak satu gol.


2. Klasemen Sementara Piala AFF U-19 2022

Para pemain Timnas Indonesia U-19, Piala AFF U-19 di Stadion Patriot, Jumat (08/07/22).

Berikut ini klasemen sementara Piala AFF U-19 2022 hingga hari ini, Sabtu (09/07/22), di mana kans Timnas Indonesia U-19 ke semifinal semakin terbuka.

Seperti diketahui, duel seru tersaji di laga lanjutan babak penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022 antara Filipina vs Timnas Indonesia U-19 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (08/07/22).

Timnas Indonesia U-19 sukses meraih kemenangan telak atas Filipina. Rabbani Tasnim menjadi bintang lapangan dengan mencetak tiga gol atau hattrick.

Pada laga tersebut, Timnas Indonesia U-19 langsung menggebrak pada menit-menit awal babak pertama. Beberapa peluang emas mampu didapat tim Garuda namun gol belum tercipta hingga menit ke-10.

Kebuntuan akhirnya pecah dua menit berselang. Pada menit ke-14 Timnas Indonesia U-19 mendapat hadiah penalti, setelah Subhan Fajri diganjal di dalam kotak penalti lawan.

Baca selengkapnya: Klasemen Piala AFF U-19 2022: Timnas Indonesia U-19 Jaga Asa ke Semifinal

Piala AFFBola InternasionalShin Tae-yongPiala AFF U-19 2022Rabbani Tasnim

Berita Terkini