x

Piala AFF U-19: Sudah Lolos, Malaysia Tunggu Timnas Indonesia di Semifinal Andai Mampu

Minggu, 10 Juli 2022 19:35 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Indra Citra Sena
Malaysia sudah pastikan bakal melaju ke semifinal Piala AFF U-19 2022 dan Derby Nusantara bisa terwujud andai timnas Indonesia tiru torehan yang sama.

INDOSPORT.COM - Bermain di Grup B Piala AFF U-19 2022, Malaysia sukses memastikan kelolosan menuju babak knock-out bersama dengan Laos.

Di semifinal nanti Timnas Indonesia bisa jadi lawan yang akan dihadapi oleh mereka dan Harimau Malaya siap akan itu usai puas dengan performa para pemain sejauh ini.

Baca Juga

Malaysia meraih tiket mereka ke fase gugur dengan menggebuk Timor Leste lewat laga ketat berskor akhir 4-3 pada Sabtu (09/07/22) lalu.

Bertanding di Stadion Madya, Jakarta, Malaysia mampu 'menumpahkan darah' lebih dulu via aksi Najmudin Akmal Kamal Akmal saat laga baru berusia delapan menit saja.

Akan tetapi Timor Leste mampu menyamakan kedudukan tiga menit berselang dengan lesakan dari kapten mereka, Cristevao Moniz Fernandez, sebelum Malaysia mengembalikan keunggulan mereka hingga babak pertama usai berkat gol Adam farhan Mohd Faizal.

Baca Juga

Gol cepat kembali Malaysia dapatkan di paruh kedua kali ini lewat Muhammad Aliff Bin Yuslan di menit 53 namun lagi-lagi Timor Leste bisa meresmpon dengan cepat.

Top skor O Sol Nascente, Mario Donasio Requis Dias Quintao, mencatatkan namanya di papan skor dan mengubah kedudukan menjadi 3-2 masih untuk keunggulan lawan timnya.

Malaysia bisa kembali menjauh berkat gol kedua Adam di menit ke-63 namun setelah itu mereka mendapatkan petaka karena skipper Ahmad Aysar hadi Shapri diacungi kartu merah.

Baca Juga

Keunggulan jumlah pemain membuat Timor Leste kembali terlecut dan bisa menambah gol lagi lewat kaki Quintao namun tidak ada lagi lesakan tambahan yang mereka dapatkan sehingga laga resmi usai di kedudukan 4-3.

Dengan hasil ini Timor Leste dipastikan gagal lolos dari fase grup sedangkan Malaysia masih bisa menjadi juara grup andai mampu bekuk Laos di matchday pamungkas.


1. Timnas Indonesia Masih Nantikan Nasib Baik

Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2022.

Merespon tiga poin yang diraih oleh anak-anak asuhnya dari Timor Leste, Hassan Sazali selaku pelatih Malaysia di Piala AFF U-19 2022 merasa puas.

Target untuk melaju ke semifinal bisa diraih oleh Harimau Malaya dan meski diliputi ketegangan luar biasa, mereka masih mampu menang tipis atas lawan.

Baca Juga

"Timor Leste bertanding dengan harapan bisa menjaga peluang lolos ke semifinal jadi (pemain Malaysia) memang agak tegang," beber Hassan seperti yang dikutip dari Antara.

"Saya cukup khawatir dengan barisan pertahanan kami karena meski bisa bikin gol namun selalu kemasukan balik dengan cepat,"

"Kemenangan ini membawa kami ke target lolos ke semifinal. Memang masih ada partai sisa melawan Laos namun setidaknya kami sudah lolos," tambahnya lagi.

Baca Juga

Malaysia masih punya peluang untuk berjumpa dengan timnas Indonesia di empat besar dan mewarnai Piala AFF U-19 kali ini dengan Derby Nusantara yang selalu panas apapun levelnya.

Syaratnya adalah Malaysia memenangi partai pamungkas Grup B melawan Laos dan menjadi pemuncak kumpulan tersebut.

Sementara itu timnas Indonesia wajib menang melawan Myanmar di penutupan Grup A sembari berharapa duel Vietnam vs Thailand tidak berakhir dengan imbang agar mereka bisa menjadi runner-up di bawah salah satu dari keduanya.

Baca Juga

Partai timnas Indonesia vs Malaysia bisa jadi salah satu partai yang paling ditunggu di Piala AFF U-19 2022 untuk terjadi.

Meski baik Garuda Muda maupun Harimau Malaya bukan favorit utama untuk keluar jadi juara, namun rivalitas klasik akan menarik banyak minat para penggemar untuk menonton.


2. Bisa Loloskan Timnas Indonesia, Vietnam Janji Menang Atas Thailand di Piala AFF U-19 2022

Timnas Indonesia U-19 vs Vietnam U-19 di Piala AFF U-19 2022.

Timnas Indonesia mendapat angin segar jelang digelarnya partai penentuan juara Grup A Piala AFF U-19 2022 antara Vietnam vs Thailand yang digelar pada hari ini, Minggu (10/07/22).

Pasalnya The Golden Star Warriors berambisi untuk mengalahkan The War Elephants dan jika hal tersebut jadi kenyataan maka Garuda Muda bisa ikut lolos ke babak gugur.

Walau menjadi tuan rumah, belum pernah kalah, dan didapuk sebagai salah satu calon kuat juara, namun timnas Indonesia tidak punya kampanye yang mudah di Piala AFF U-19 2022.

Jelang dimainkannya matchday kelima Grup A, anak-anak asuh Shin Tae-yong masih berada di posisi ketiga dengan koleksi 8 poin.

Ada jarak dua angka dari Vietnam dan Thailand di dua slot teratas yang memberi tiket menuju babak semifinal dan timnas Indonesia berada dalam bahaya besar.

Baca selengkapnya: Ogah 'Main Mata' dengan Thailand, Vietnam Ingin Menang dan Bantu Timnas Indonesia

MalaysiaTimor LesteTimnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalTimnas MalaysiaTimor Leste U-19Malaysia U-19Timnas Indonesia U-19Berita Timnas IndonesiaPiala AFF U-19 2022

Berita Terkini