x

Menpora Dukung PSSI Protes ke AFF, Tapi Beri Peringatan Keras

Rabu, 13 Juli 2022 16:31 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
Menpora Zainudin Amali memberikan lampu hijau kepada PSSI untuk ikut biding tuan rumah Piala Asia. Foto: Zainal Hasan/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali mendukung langkah PSSI yang ingin melayangkan surat protes kepada AFF terkait pertandingan Vietnam vs Thailand di Piala AFF U-19 2022.

Laga tersebut dinilai tidak cerminkan sikap fair play. Seperti diketahui, Vietnam dan Thailand bermain imbang 1-1 dilaga terakhir Grup A Piala AFF U-19 2022.

Baca Juga

Tapi, kedua  tim dinilai tidak fair play bahkan dituding main karena bermain santai atau enggan menyerang di 15 menit terakhir.

Pasalnya, skor 1-1 itu mengantarkan Thailand dan Vietnam ke semifinal atau menyingkirkan Timnas Indonesia U-19  karena unggul head to head

Baca Juga

Menyikapi protes PSSI  Menpora mrenilai apa yang yang dilakukan federasi sepak bola Indonesia tentu sudah melalui pertimbangan yang matang. Jadi, dia mendukungnya. 

"Ya, terserah federasi aja. Federasi yang bisa mempertimbangkan itu semua. PSSI itu ada target-target yang harus dicapai sehingga target itu dapat tercapai apabila mereka mengikuti kompetisi yang mana," kata Menpora, Zainudin Amali. 

Baca Juga

"Jadi, terserah apa yang menjadi keputusan PSSI, berarti itu sudah dihitung secara matang. Apapun keputusan PSSI, kita dukung," imbuhnya. 


1. Dirugikan Regulasi Piala AFF U-19 2022

Para pemain Timnas Indonesia U-19 usai pertandingan melawan Myanmar U-19 di Stadion Patriot, Minggu (10/07/22).

Menpora memaklumi kekecewaan yang dirasakan suporter dan masyarakat Indonesia dengan aturan head to head yang diterapkan dalam kompetisi Piala AFF U-19 2022.

Tapi, sebagai tuan rumah, Indonesia harus menunjukan sikap yang baik dan berbesar hati. 

Baca Juga

"Saya kira kita harus tunjukkan bahwa kita boleh kecewa dengan hasil. Tetapi sebagai tuan rumah ya sudah nonton saja," ujarnya. 

"Kita tunjukkan bahwa kita sebagai tuan rumah yang baik. Harus terima. Karena regulasi yang sudah disepakati kan memang seperti itu, soal head to head kalau itu yang mau dikoreksi ya koreksi setelah selesai," sambung politisi asal Gorontalo itu.

Baca Juga

Sementara itu, ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan menyampaikan pihaknya memahami regulasi Piala AFF U-19 2022 yang membuat Timnas Indonesia U-19 gagal melaju ke semifinal.

Baca Juga

Tapi, PSSI kecewa dengan sikap yang ditunjukan Timnas Vietnam dan Thailand. 


2. Layangkan Protes ke AFF

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. Foto: Nofik Lukman Hakim/Indosport.com

Hal itu yang mendasari protes ke pihak AFF. PSSI berharap AFF melakukan penyelidikan terhadap pertandingan Vietnam vs Thailand. 

"PSSI juga melihat saat laga antara Thailand dan Vietnam ada sesuatu yang tidak berjalan sebagaimana mestinya (fairplay). Apakah pantas sebuah negara besar seperti itu melakukan hal itu. PSSI tidak menuduh, tetapi kita hanya mempertanyakan,” kata Ketum PSSI.

Di sisi lain, Ketum PSSI mengucapkan terima kasih kepada semua pemain dan ofisial yang telah berjuang maksimal. Iwan Bule, sapaan akrabnya juga mengapresiasi suporter yang tidak kenal lelah mendukung Timnas U-19. 
 

PSSIMenporaBola InternasionalASEAN Football Federation (AFF)Zainudin AmaliPiala AFF U-19 2022

Berita Terkini