x

Eksklusif: Faisal Arshad, Bek Muda Indonesia di Amerika Serikat yang Berhasrat Gabung Timnas

Selasa, 19 Juli 2022 22:05 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Mengenal profil singkat serta perjalanan karier Faisal Arshad, salah satu pemain muda potensial Indonesia yang berkompetisi di Liga Amerika Serikat dan berhasrat tembus skuat timnas.

INDOSPORT.COM – Mengenal profil singkat serta perjalanan karier Faisal Arshad, salah satu pemain muda potensial Indonesia yang berkompetisi di Liga Amerika Serikat dan berhasrat tembus skuat timnas Indonesia.

Dalam beberapa bulan terakhir, tim pelatih Timnas Indonesia memang sedang mencari sejumlah pemain bertalenta baik keturunan maupun lokal yang berkarier di luar negeri.

Baca Juga

Hal tersebut dilakukan untuk membentuk skuat Timnas Indonesia yang tangguh dan diharapkan bisa bersaing di ajang Piala Asia U-19 ataupun Piala Dunia U-20 yang semuanya berlangsung di Indonesia.

Sebelumnya, ada tiga nama pemain keturunan di luar negeri yang sempat dipanggil pelatih Timnas Indonesia dalam uji coba skuat Garuda Nusantara.

Mereka adalah Kai Boham, Jim Croque, dan Max Christoffel. Ketiga pemain tersebut bahkan sempat memperkuat Timnas Indonesia dalam laga uji coba di Prancis beberapa waktu lalu.

Baca Juga

Namun sayang, usai tampil di laga persahabatan ketiganya dipulangkan dari pemusatan latihan Timnas Indonesia dan menurut Dirtek PSSI, Indra Sjafri, para pemain tersebut tak memenuhi ekspektasi Shin Tae-yong.

Selain pemain keturunan, sejatinya cukup banyak pesepak bola asli Indonesia yang saat ini sedang bersinar di kompetisi luar negeri dan bisa jadi opsi buat timnas.

Salah satunya adalah Faisal Arshad, bek berusia 19 tahun tersebut kini tengah berkompetisi di Amerika Serikat dan sempat catatkan prestasi mentereng musim lalu.

Baca Juga

Meski tampil gemilang, Faisal Arshad pun memendam hasrat tinggi untuk bisa memperkuat Timnas Indonesia suatu saat nanti.

Secara eksklusif kepada INDOSPORT, Faisal Arshad coba menceritakan perjalanan karier hingga pencapaiannya di kompetisi sepak bola Amerika Serikat. Lantas seperti apa kisahnya? Berikut ulasannya:


1. Profil Faisal Arshad

Faisal Arshad, Bek Muda Bandung di Amerika Serikat yang Berhasrat Gabung Timnas

Masih berusia 19 tahun, Faisal Arshad menyebut jika saat ini dirinya sedang bermain di untuk tim kampus JCCC di liga universitas (JUCO).

Dirinya menyebut, bahwa kompetisi JUCO adalah salah satu liga tersengit di kawasan Amerika Serikat dan biasanya jadi kesempatan para pemain amatir untuk bisa mendapat kontrak profesional.

Baca Juga

Bersama JCC, Faisal Arshad harus menghadapi sejumlah pemain yang usianya jauh lebih tua, namun hal tersebut tak membuatnya gentar bahkan ia merasa semakin tertantang untuk berikan yang terbaik.

“Sekarang saya bermain untuk perguruan tinggi di Kansas City. Saat ini saya bermain untuk JCCC (Johnson County Community College),”

“JCCC sekarang berada di salah satu konferensi tersulit untuk JUCO, di mana saya harus bermain melawan pemain yang berusia 22 hingga 23 tahun,” ucap Faisal Arshad.

Baca Juga

Sebagai informasi, JUCO adalah kompetisi bagi pemain yang ingin melanjutkan karier ke perguruan tinggi dan meraih tiket untuk tampil di divisi 1 Liga Amerika Serikat.

“Ini adalah tahun kedua saya bersama JCCC. Jadi setelah tahun ini, Insya Allah saya berencana kembali ke Indonesia,” tambahnya.

Sebelum tampil di kompetisi kampus, Faisal Arshad juga sempat mencuri perhatian di level junior hingga akhirnya mendapat kontrak dari klub lokal Kansas, Sporting Wichita.

Baca Juga

Alhamdulillah saya menandatangani kontrak dengan Sporting Wichita di usia 8 tahun dan tampil untuk tim U-14. Saya memiliki karier junior yang baik dengan menjuarai President Cup National dan mendapat gelar di ajang Futsal National bersama Sporting Wichita,” imbuhnya.

Gemilang di tim junior, Faisal Arshad pun sempat mendapat kesempatan untuk tampil bersama skuat utama.


2. Statistik Faisal Arshad

Faisal Arshad, pemain muda Indonesia di Amerika Serikat

Selama bermain untuk Sporting Wichita dan JCCC, Faisal Arshad dikenal sebagai bek serba bisa lantaran mampu ditempatkan di berbagai posisi.

Tak hanya bek sayap, Faisal Arshad juga bisa ditempatkan sebagai gelandang bertahan, gelandang tengah hingga pemain sayap bahkan striker.

Baca Juga

“Posisi utama saya sekarang adalah LB, LM dan CAM. Saat bermain bersama JCCC dan Sporting Wichita, saya kebanyakan bermain sebagai LB dan berhasil mencetak satu gol dan 3 assists,” jelas Faisal Arshad.

“Tapi saat bermain di tim junior Sporting Wichita, saya bermain sebagai striker dan LM. Kemudian pernah ditempatkan sebagai LM, RM dan CAM. Di JCCC saya bermain CDM, LB, dan RB,” tambahnya.

Meski tengah berkarier di Amerika Serikat, namun Faisal Arshad yang lahir di Bandung ini memiliki berhasrat besar untuk bisa memperkuat Timnas Indonesia suatu saat nanti.

“Kedua orang tua saya orang Indonesia dan saya lahir di Bandung. Saya merasa level kompetisi sepak bola disini hampir sama atau mendekati di Indonesia, jadi saya ingin mencobanya dan Insya Allah saya bisa masuk Timnas. Itu adalah target saya” tutup sang pemain.

Amerika SerikatTimnas IndonesiaBakat Muda IndonesiaPerjuangan Bakat Muda Indonesia di Luar Negeri

Berita Terkini