x

Dari Kaka hingga Figo, Deretan Nama Bintang Eropa yang Hiasi Skuat Timnas U-16

Jumat, 15 Juli 2022 13:34 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Deretan nama unik khas bintang sepak bola Eropa di skuat Timnas Indonesia U-16 pada Piala AFF U-16 2022 nanti, mulai dari legenda AC Milan Kaka sampai Figo!

INDOSPORT.COM – Deretan nama unik berciri khas bintang sepak bola Eropa di skuat Timnas Indonesia U-16 pada gelaran Piala AFF U-16 2022 nanti, mulai dari legenda AC Milan Kaka hingga mantan penggawa Barcelona, Luis Figo!

Timnas Indonesia khususnya kelompok umur U-16, memang sedang mempersiapkan diri untuk tampil di gelaran Piala AFF U-16 2022 yang mulai berlangsung akhir Juli nanti.

Baca Juga

Usai gagal raih hasil maksimal di Piala AFF U-19 2022, skuat Timnas Indonesia U-16 diharapkan bisa dapatkan prestasi lebih baik termasuk jadi juara pada turnamen ini.

Ajang Piala AFF U-16 2022 sendiri nantinya akan digelar di Yogyakarta, yakni di Stadion Maguwoharjo (Sleman) dan Stadion Sultan Agung (Bantul).

Jika tidak ada perubahan dari Panitia Pelaksana (Panpel), ajang tahunan tersebut dilaksanakan pada akhir Juli nanti, tepatnya dimulai dari tanggal 31 Juli hingga 13 Agustus.

Baca Juga

Di sisi lain, Grup B Piala AFF U-16 2022 diisi oleh Thailand, Timor Leste, dan Brunei Darussalam. Sedangkan Malaysia, Austria, Myanmar, dan Kamboja termasuk di dalam Grup C.

Mengingat dugaan sepak bola gajah yang dimainkan oleh Vietnam dan Thailand dalam ajang Piala AFF U-19 2022, timnas Indonesia memperoleh kesempatan emas untuk balas dendam.

Demi misi tersebut, kabarnya pelatih timnas Indonesia U-16, Bima Sakti, sudah menyiapkan setidaknya 30 pemain dan telah mengikuti pemusatan latihan (TC) beberapa waktu lalu.

Baca Juga

Menariknya dari daftar pemain yang dipanggil tersebut, terdapat beberapa pemain yang memiliki nama mirip dengan sejumlah legenda sepak bola dunia.

Lantas siapa sajakah pemain Timnas Indonesia U-16 dengan nama bercita rasakan pesepakbola top Eropa tersebut? Berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas:


1. Figo Dennis Saputrananto

Internal game Timnas U-16. Foto: PSSI

Nama pertama adalah Figo Dennis Saputrananto. Pemain yang berposisi sebagai gelandang serang ini diprediksi bakal jadi pengatur serangan utama di skuat Timnas Indonesia U-16.

Melihat dari namanya, gelandang berusia 15 tahun tersebut sangat identik dengan dua legenda sepak bola dunia yakni Luis Figo serta Dennis Bergkamp.

Baca Juga

Sebagai informasi, Luis Figo merupakan pemain tengah yang jadi tumpuan Timnas Portugal era 90 hingga 2000-an, serta pahlawan di tiga tim top dunia mulai dari Barcelona, Real Madrid hingga Inter Milan.

Sementara Dennis Bergkamp adalah penyerang top milik Timnas Belanda dan sempat mencuri perhatian saat memperkuat Arsenal di musim 1995 hingga 2006.

Berbekal gabungan dua pemain top tersebut, diharapkan Figo Dennis Saputrananto bisa menjelma sebagai gelandang elegan sekelas Luis Figo serta memiliki insting gol tajam layaknya Dennis Bergkamp untuk membantu Timnas Indonesia U-16 juara Piala AFF U-16.

Baca Juga

Femas Aprian Crespo
Berikutnya ada Femas Crespo, pemain bernama asli Femas Aprian Crespo tersebut juga merupakan seorang gelandang dan sama-sama jebolan Persija seperti Figo Dennis.

Salah satu kelebihan yang dimiliki Femas Aprian Crespo adalah kemampuannya bermain di berbagai posisi. Selain gelandang bertahan, pemain 16 tahun ini juga bisa ditempatkan sebagai center back.

Jika dilihat dari nama sang pemain, Femas Aprian Crespo punya kemiripan dengan salah satu legenda Inter Milan, Hernan Crespo.

Baca Juga

Berbeda dengan Femas Aprian Crespo yang merupakan seorang bek, sosok Hernan Crespo yang lebih tenar di Eropa berposisi sebagai pemain depan dan cukup subur di Liga Italia.

Bahkan saking tajamnya penampilan Hernan Crespo, dirinya berhasil menyabet gelar top skor Coppa Italia pada musim 1998/99 dan 2006/07 serta top skor Serie A musim 2000/01.


2. Arkhan Kaka

Seleksi tahap kedua Timnas Indonesia U-16 di Lapangan D Senayan, Jakarta, Senin (07/06/21).

Terakhir adalah Arkhan Kaka. Penyerang bertinggi 186 cm ini diprediksi bisa menjadi jawaban atas buruknya kualitas lini serang Timnas Indonesia seperti yang pernah dikeluhkan pelatih Shin Tae-yong.

Masih berusia 16 tahun, namun Arkhan Kaka punya insting gol cukup tajam dan terbukti dirinya mampu menyabet gelar top skor di ajang EPA dengan torehan sembilan gol.

Baca Juga

Bakat sepak bola tampaknya sudah mengalir di darah Arkhan Kaka, lantaran sang ayah yakni Purwanto Suwondo merupakan mantan bintang Liga Indonesia dan sempat menjadi striker Persija.

Walau menjadi striker, namun nama Arkhan Kaka sangat mirip dengan salah satu gelandang legendaris Timnas Brasil dan AC Milan, Ricardo Kaka.

Saat masih aktif bermain, Ricardo Kaka berhasil membantu AC Milan menjuarai Serie A, Supercoppa Italiana, UEFA Champions League, UEFA Super Cup serta FIFA Club World Cup.

Sementara saat memperkuat Timnas Brasil, eks penggawa Sao Paulo tersebut mampu membawa tim Samba juara FIFA World Cup 2002 serta FIFA Confederations Cup tahun 2005 dan 2009.

Berbekal prestasi gemilang dari Ricardo Kaka tersebut, sosok Arkhan Kaka diharapkan bisa membawa Timnas Indonesia U-16 berjaya pada gelaran Piala AFF U-16 nanti.

Timnas Indonesia U-16Timnas IndonesiaPiala AFFTRIVIAPiala AFF U-16 2022

Berita Terkini