x

Juara di Eropa! 3 Prestasi Gemilang Abdulla Yusuf Helal Sang Striker Baru Persija di Liga 1

Kamis, 21 Juli 2022 08:50 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Tiga catatan dan prestasi gemilang yang pernah diraih Abdulla Yusuf Helal, sang striker baru Persija Jakarta untuk mengarungi kompetisi Liga 1 Indonesia.

INDOSPORT.COM – Melihat tiga catatan dan prestasi gemilang yang pernah diraih Abdulla Yusuf Helal, sang striker baru Persija Jakarta untuk mengarungi kompetisi Liga 1 Indonesia musim 2022/23.

Jelang beberapa hari sebelum kick off Liga 1 musim 22/23 bergulir, tim Ibukota Persija Jakarta resmi mengumumkan striker asing baru mereka yang berasal dari Bahrain, Abdulla Yusuf Helal.

Baca Juga

"Dengan bangga mempersembahkan, pemain baru kami nomor 9, selamat datang, Abdulla Yusuf Helal," tertulis di situs resmi Persija Jakarta pada Rabu (20/07/22) pagi.

Kedatangan sang pemain, diprediksi bakal menjadi pengganti Marko Simic yang merupakan mesin gol utama Macan Kemayoran dalam beberapa musim terakhir.

Selama masa jeda kompetisi, Persija Jakarta memang melakukan perombakan besar-besaran termasuk mencoret sang top skorer, Marko Simic.

Baca Juga

Walau melepas salah satu pemain pentingnya, namun Persija sukses memboyong sejumlah bintang kelas Eropa pada bursa transfer kali ini.

Sebelum Abdulla Yusuf Helal, sudah ada tiga pemain asing berkualitas yang didatangkan Persija yakni Hanno Behrens (Jerman), dan duo bintang Republik Ceko, Ondrej Kudela serta Michael Krmencik.

Selain itu, Persija Jakarta juga mendatangkan pelatih kelas dunia, Thomas Doll untuk menukangi tim agar bisa kembali ke jalur juara di Liga Indonesia.

Baca Juga

Kini dengan ketambahan Abdulla Yusuf Helal, lini depan Persija dipastikan bakal semakin tajam lantaran sebelumnya sudah ada Michael Krmencik yang punya rekam jejak mentereng di Eropa.

Meski belum pernah berkarier di Indonesia, namun Abdulla Yusuf Helal punya sederet prestasi bersama klubnya terdahulu maupun di level timnas yang bakal membuat Persija kian tangguh.

Lantas apa sajakah prestasi tersebut? Berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas:


1. Gelar Juara di Asia

Striker asing anyar Persija Jakarta, Michael Krmencik.

Lahir di Riffa, Bahrain, karier sepak bola Abdulla Yusuf Helal dimulai dengan memperkuat sejumlah tim lokal negaranya seperti East Riffa dan Al-Muharraq.

Bersama dua klub tersebut, Abdulla Yusuf Helal berhasil meraih beberapa gelar juara bergengsi di level domestik.

Baca Juga

Saat memperkuat East Riffa misalnya, pemain berusia 29 tahun ini berhasil menjuarai Bahraini Second Division League, Bahraini King's Cup dan Bahraini Super Cup di tahun 2014 silam.

Sementara saat memperkuat Al-Muharraq, Abdulla Yusuf Helal sukses membantu timnya meraih gelar Bahraini Premier League atau kasta teratas Liga Bahrain pada musim 2017/18.

Penampilan gemilangnya di Bahrain, membuat bakat Abdulla Yusuf Helal dilirik klub Eropa dan berhasil tembus kompetisi Czech First League atau kasta teratas Liga Ceko musim 2018/19.

Baca Juga

Juara di Eropa
Berbekal gelar juara di Bahrain saat memperkuat East Riffa dan Al-Muharraq, Abdulla Yusuf Helal mencoba peruntungan di Eropa dengan bergabung bersama Bohemians.

Pada musim debutnya di Eropa, penampilan Abdulla Yusuf Helal terbilang lumayan dengan catatkan 5 gol serta 6 assists dalam 29 pertandingan semua ajang.

Abdulla Yusuf Helal juga berhasil membawa Bohemians lolos dari jurang degradasi, setelah finish di peringkat tiga babak Fortuna Liga Relegation Play-offs.

Baca Juga

Setelah memperkuat Bohemians, secara mengejutkan Abdulla Yusuf Helal dikontrak klub kuat Liga Ceko sekaligus peraih 7 gelar Czech First League, Slavia Prague.

Bersama Slavia Prague, Abdulla Yusuf Helal berhasil catatkan 23 penampilan dengan torehan dua gol di semua kompetisi, serta membantu klub menjuarai Czech First League 2019/20.

Di musim 2020/21, Abdulla Yusuf Helal sempat dipinjamkan ke sesama klub Czech First League, Slovan Liberec, dan berhasil tampil 17 laga dan mencetak 4 gol.

Namun di pertengahan musim, Abdulla Yusuf Helal ditarik kembali ke Slavia Prague dan turut membantu klub menjuarai Czech First League dan Czech Cup.


2. Prestasi di Timnas Bahrain

Acara launching tim Persija Jakarta untuk Liga 1 2022/2023 sekaligus pertandingan uji coba melawan RANS Nusantara di Stadion Wibawa Mukti, Sabtu (16/07/22).

Tak hanya di level klub, catatan gemilang Abdulla Yusuf Helal juga terjadi di level timnas tepatnya saat memperkuat Bahrain di sejumlah ajang internasional

Tercatat sejak menjalani debut di skuat senior pada 15 Agustus 2012 silam, Abdulla Yusuf Helal mampu tampil sebanyak 59 pertandingan dan mencetak 5 gol buat Bahrain.

Baca Juga

Bahkan di skuat Bahrain saat ini, Abdulla Yusuf Helal merupakan salah satu pemain dengan jumlah caps terbanyak dan bisa dibilang sebagai bintang senior Timnas Bahrain.

Untuk soal prestasi, Abdulla Yusuf Helal sempat membawa Bahrain U23 menjuarai Huawei GCC National Teams Under-23 Championship tahun 2013 usai mengalahkan Arab Saudi di partai final.

Persija JakartaLiga 1

Berita Terkini