x

5 Hasil Pertandingan Pembuka Sejak era Liga 1, Tuan Rumah Lebih Sering Menang

Jumat, 22 Juli 2022 17:02 WIB
Editor: Juni Adi
Logo Liga 1 BRI 2021

INDOSPORT.COM - Tim tuan rumah lebih sering meraih kemenangan saat laga pembuka Liga 1 sejak tahun 2017 lalu. Akankah terulang di tahun ini?

Kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Indonesia, Liga 1 2022/23 akan segera dimulai pada pekan ini.

Baca Juga

PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) sudah memastikan kapan akan dimulainya Liga 1 yakni 23 Juli 2022 mendatang, sesuai hasil dari manajer meeting para kontestan.

Selain menentukan tanggal kick-off, PT LIB juga sudah menyebarkan ke seluruh klub terkait jadwal pertandingan.

Dari jadwal yang sudah diedarkan, tak banyak perubahan dibandingkan draft sebelumnya. Hanya, kini setiap pertandingan sudah dilengkapi dengan waktu sepak mula.

Baca Juga

Dalam draft sebelumnya, cuma tercantum jadwal pertandingan beserta klub yang bertanding. Tapi tidak dilengkapi dengan keterangan waktu kick-off pertandingannya.

Pertandingan pembukan akan mempertemukan PSIS Semarang vs RANS Nusantara, pada Sabtu (23/07/22) di Stadion Jati Diri, Semarang, pukul 15:00 WIB.

Para klub-klub peserta sendiri saat ini terus mematangkan persiapan, demi meraih hasil maksimal di setiap pertandingan yang dilakoninya.

Sebelumnya PSSI melalui Ketua Umumnya, Mochamad Iriawan, sudah mengonfirmasi tanggal mulai bergulirnya kompetisi kasta tertinggi tersebut yakni pada 27 Juli 2022 mendatang.

Baca Juga

"Insyallah akan digelar mulai tanggal 27 (Juli)," kata Iriawan di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (02/07/22) kemarin.

Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu mengatakan bahwa federasi yaitu PSSI dan operator kompetisi, PT Liga Indonesia Baru (PT LIB), tengah mempersiapkan segala sesuataunya yang dibutuhkan untuk kelancaran kompetisi.

Akan tetapi tidak lama setelah itu, Iwan Bule mengatakan ada perubahan terkait jadwal kick-off Liga 1 setelah banyak pertimbangan, ditentukan akan dimulai pada 23 Juli 2022 alias maju empat hari lebih cepat.

“Kami harus mempertimbangan banyak agenda timnas Indonesia dan lainnya selama kompetisi musim 2022-2023 bergulir. Hasilnya, kick-off pada 23 Juli nanti merupakan waktu paling ideal untuk semua tim Liga 1," kata Mochamad Iriawan.

"Kami juga sudah melakukan koordinasi langsung dengan pemerintah. Baik itu Kemenpora, Kemenkes, Satgas Covid, dan juga Mabes Polri," imbuhnya.  

Liga 1 sendiri telah memasuki edisi kelima sejak format digunakan pada tahun 2017 lalu. Dari lima musim terakhir, tim yang bertindak sebagai tuan rumah selalu meraih kemenangan. Berikut rangkumannya:


1. Barito Putera vs Mitra Kukar (2017)

Duel pemain Barito Putera dengan pemain RANS Nusantara FC di Piala Presiden 2022. Foto: ligaindonesiabaru

Tahun 2017 jadi tahun perdana kompetisi Liga Indonesia era Liga 1 dimulai, setelah kongres PSSI melahirkan Edy Rahmayadi sebagai ketua umumnya.

Dua tim dari kawasan Timur Indonesia, yakni Barito Putera dan Mitra Kukar bertemu di laga pembuka di Stadion 17 Mei, Banjarmasin, Sabtu (15/04/17).

Baca Juga

Barito Putera yang bertindak sebagai tuan rumah berhasil meraih kemenangan tipis 2-1. 

Tim tamu Mitra Kukar sempat unggul lebih dahulu melalui gol Septian David Maulana pada menit ke-12. 

Keunggulan 0-1 Mitra Kukar itu bertahan hingga babak pertama usai. Namun di babak kedua, Laskar Antasari langsung ngamuk.

Baca Juga

Mereka mampu membalikkan keadaan setelah mampu menggelontorkan dua gol pada menit ke-58 melalui Thiago Cunha menit ke-58 dan Dedi Hartono menit ke-77.

Bhayangkara FC vs Persija Jakarta (2018)

Selanjutnya untuk Liga 1 musim 2018. Jawara musim sebelumnya, Bhayangkara FC, bertemu tim ibu kota, Persija Jakarta, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), pada Jumat (23/07/22) lalu.

Namun sayang pertandingan ini harus berakhir tanpa pemenang alias imbang 0-0. Padahal kedua tim bermain sengit saling jual beli serangan sejak menit awal.

Namun beberapa peluang berbahaya justru sering didapat oleh Persija. Sayangnya penyelesaian akhir yang buruk membuat Macan Kemayoran gagal mencetak gol.

Di akhir musim, Persija Jakarta mampu memenangkan gela juara Liga 1 tahun 2018 lalu.


2. PSS Sleman vs Arema FC (2019)

Babak 8 besar Piala Presiden 2022 Persib menghadapi PSS Sleman di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jumat (01/07/22).

PSS Sleman sebagai tim promosi, langsung tampil lebih awal untuk bermain di Liga 1 melawan Arema FC di Stadion Maguwoharjo, Rabu (15/05/19). 

Bermain di depan pendukungnya sendiri, PSS Sleman menghentak dengan membuat kejutan meraih kemenangan melawan salah satu tim kuat di Liga 1, Arema FC.

Super Elang Jawa menang dengan skor meyakinkan 3-1. Tuan rumah unggul lebih dahulu melalui gol cepat Brian Fereira menit ke-2.

Tapi Arema FC membalas melalui gol Sylvano Comvalius menit ke-29. Skor imbang 1-1 bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, PSS Sleman kembali tampil trengginas. Mereka menambah dua gol lagi lewat kaki Yevhen Bokhashvili menit ke-57 dan Rangga Muslim menit ke-82.

Persebaya Surabaya vs Persik Kediri (2020)

Dua klub asal Jawa Timur, Persebaya Surabaya dan Persik Kediri, bertanding pada pertandingan pembuka Liga 1 musim 2020.

Pertempuran antara dua tim asal Jawa Timur ini saat itu digelar di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Sabtu (29/02/20).

Hasilnya, skuad Bajul Ijo yang berstatus sebagai tim tuan rumah gagal meraih tiga poin perdana ketika menjamu Persik yang berstatus tim promosi.

Sebab, duel antara kedua tim legendaris ini berakhir sama kuat dengan skor 1-1. Keduanya pun harus puas berbagi poin. Akan tetapi kompetisi di musim 2020 ini harus dihentikan karena pandemi Covid-19 melanda.

Bali United vs Persija (2021)

Setelah sempat tertunda satu tahun, sepak bola Indonesia kembali bangkit, setelah pemerintah kembali membolehkan kompetisi Liga 1 tahun 2021.

Duel Bali United vs Persik Kedirai di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada 27 Agustus 2021.

Menurunkan kekuatan terbaiknya, Bali United harus mendapat perlawanan sengit dari Persik Kediri yang pada saat itu berstatus tim promosi.

Pada akhirnya Bali United mampu memenangkan pertandingan dengan skor 1-0. GOl tunggal dicetak oleh Muhammad Rahmat menit ke-83. 

Di akhir kompetisi, Bali United menjadi juara sekaligus mencatat sejarah tim pertama yang merebut gelar Liga 1 secara back to back atau dua musim beruntun (2019, 2021). 

Persija JakartaRans Nusantara FCPSIS SemarangBali UnitedLiga 1PT Liga Indonesia Baru (PT LIB)TRIVIALiga 1 2022-2023

Berita Terkini