x

5 Pemain Termuda di Liga 1 2022-2023: Ada 'Monster' Timnas Indonesia U-19

Jumat, 22 Juli 2022 13:19 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Pertandingan antara Timnas Indonesia U-19 vs Thailand U-19 Piala AFF U-19 di Stadion Patriot, Rabu (06/07/22).

INDOSPORT.COM - Berikut lima pemain termuda di kompetisi kasta tertinggi Liga 1 2022-2023, termasuk ada sosok "monster" yang menjadi andalan Timnas Indonesia U-19.

Seperti diketahui, kompetisi bergengsi Liga 1 2022-2023 s sebentar lagi bakal dimulai. Ada 18 klub termasuk tiga tim promosi yang menjadi peserta.

Baca Juga

PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi telah merilis jadwal dan tempat digelarnya pertandingan. Laga pembuka mempertemukan dua klub raksasa yaitu Bali United vs Persija Jakarta.

Duel dua klub raksasa ini dijadwalkan bakal berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar pada Sabtu (23/07/22) malam WIB.

Baca Juga

Para penikmat sepak bola Indonesia tentu sudah tidak sabar untuk melihat tim kesayangannya bermain. Apalagi beberapa klub diperkuat oleh pemain asing yang baru merumput di Indonesia.

Kemudian sejumlah tim juga akan mengandalkan kekuatan pemain muda berbakat. Berikut INDOSPORT telah merangkum pemain termuda di Liga 1 2022-2023:

Hokky Caraka (PSS Sleman)

Striker andalan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-19 ini masuk jajaran pemain termuda di kompetisi Liga 1 2022-2023. Hokky Caraka kini tercatat sebagai pemain PSS Sleman asuhan Seto Nurdiyantoro.

Pemain kelahiran Gunung Kidul 21 Agustus 2004 silam ini merupakan striker binaan PSS Sleman. Ia sempat dipanggil mengikuti pelatihan Garuda Select jilid empat di Inggris tahun lalu.

Bersama Garuda Select, Hokky Caraka mendapat julukan sebagai penghancur klub-klub Inggris dengan sukses mencetak 14 gol. Kemudian ia juga menjadi monster di Timnas Indonesia U-19.

Baca Juga

Saat mengikuti ajang Piala AFF U-19 2022 beberapa waktu lalu, Hokky Caraka hampir saja menjadi top skor. Sayang, empat gol yang dikoleksi di Piala AFF U-19 2022 menjadi sia-sia karena dirinya gagal membawa skuat Garuda Nusantara lolos ke semifinal.

Top skor akhirnya diraih oleh penyerang Vietnam bernama Nguyen Quoc Viet. Ia mampu unggul satu gol dari Hokky Caraka setelah mencetak empat gol di penyisihan dan satu lagi di perebutan peringkat ketiga.


1. Marselino Ferdinan (Persebaya Surabaya)

Selebrasi gelandang Persebaya Surabaya, Marselino Ferdinan

Selain Hokky Caraka, ada pemain kesayangan Shin Tae-yong yakni Marselino Ferdinan. Ia menjadi pemain yang paling mentereng karena sudah ikut bermain di Timnas Indonesia senior.

Tidak hanya di tim nasional, Marselino Ferdinan juga mampu menembus skuat utama Persebaya Surabaya pada musim lalu. Di usia yang masih 17 tahun, dirinya diprediksi bakal kembali menjadi andalan Aji Santoso.

Baca Juga

Hal ini setelah penampilan hebatnya di Timnas Indonesia dan sempat menyumbang empat gol dalam 23 laga bersama Bajul Ijo di Liga 1 2021-2022.

Ronaldo Kwateh (Madura United)

Nama Ronaldo Kwateh juga tidak kalah mentereng seperti Marselino Ferdinan. Striker yang masih berusia 17 tahun ini menjadi pusat perhatian banyak media olahraga Vietnam saat mengikuti ajang SEA Games 2021 lalu.

Baca Juga

Kemudian di ajang Toulon Tournament 2022, Ronaldo Kwateh kembali mencuri perhatian media Prancis. Ia disebut oleh salah satu wartawan sebagai salah satu bintang besar Timnas Indonesia.

Baca Juga

Hanya saja penampilannya saat membela Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2022 kurang meyakinkan. Ia mendapatkan beberapa kritikan dari para penggemar.

Meski begitu, pemain keturunan Indonesia-Nigeria ini diprediksi bakal tetap menjadi andalan Madura United di Liga 1 2022-2023. Musim lalu, ia tercatat bermain sebanyak 11 kali karena lebih sering mendapat panggilan ke tim nasional.


2. Arkhan Fikri (Arema FC)

Arkhan Fikri pemain Arema FC.

Arkhan Fikri menjadi andalan Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2022 belum lama ini. Gelandang muda Arema FC tersebut memiliki skill yang membuat Shin Tae-yong kepincut.

Dilaman resmi PSSI, Shin Tae-yong memberikan pujian dengan kehebatan Arkhan Fikri di lapangan. Hanya saja postur yang kurang tinggi membuatnya kerap kalah dalam duel bola atas.

"Skill Arkhan Fikri bagus, tetapi tingginya kurang," kata Shin Tae-yong.

Arkhan Fikri baru saja mendapatkan kontrak baru dari Arema FC. Gelandang kelahiran 28 Desember 2004 silam itu dikontrak dengan durasi lima tahun.

Dony Tri Pamungkas (Persija Jakarta)

Dony Tri Pamungkas bakal kembali menjadi pemain paling muda yang tampil di Liga 1. Musim lalu, ia sukes mencetak sejarah dengan menjadi pemain paling muda yang menjalani debut.

Pemain yang berposisi sebagai gelandang ini mencatatkan debut di Liga 1 2021-2022 ketika usianya baru menginjak 16 tahun delapan bulan 17 hari.

Kala itu, Dony masuk enggantikan Osvaldo Haay pada menit ke-77 dalam laga kontra Persita di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Selasa (28/9/2021).

Persebaya SurabayaPersija JakartaPSS SlemanLiga 1PT Liga Indonesia Baru (PT LIB)Timnas Indonesia U-19Marselino FerdinanRonaldo KwatehArkhan FikriHokky Caraka

Berita Terkini